ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Dukung UMKM Lokal, Aplikasi YouTap POS Kini Bawa Fitur Baru

Youtap

Gadgetren – Guna mendukung pertumbuhan UMKM lokal, perusahaan penyedia platform digital bagi pelaku usaha yakni Youtap Indonesia menghadirkan pembaruan untuk aplikasi YouTap POS.

Aplikasi YouTap POS merupakan kasir digital buatan YouTap untuk membantu pelaku UMKM melakukan belanja stok dan setiap belanja stok melalui YouTap mendapatkan gratis biaya pengantaran. Adapun beberapa supplier yang telah bekerja sama dengan YouTap secara resmi adalah Sosro, Best Meat, Sayuran Siap Saji, Rifco, BreadLife, Beragam, dan masih banyak lagi.

Pada pembaruannya ini, aplikasi YouTap POS memperluas layanannya di mana sebelumnya bisa terhubung ke fitur kasir sampai supply chain melalui belanja stok tetapi juga terhubung ke pengaturan kurir Toko.

Dengan pembaruan ini, diharapkan YouTap bisa membantu pelaku usaha untuk mengatur pengiriman dari segi jangkauan area pengantaran dan harga, serta jam operasionalnya.

Sebelumnya YouTap POS menawarkan fitur-fitur untuk pelaku UMKM berjualan secara digital seperti katalog produk, e-menu, pembayaran tunai atau non tunai, laporan penjualan usaha, stok produk, penyesuaian harga dan pajak, hingga pesan dari hape.

YouTap POS bisa diunduh secara gratis pada Google Play Store untuk perangkat Android maupun Apple App Store untuk iOS secara gratis. Melalui pembaruannya ini, aplikasi YouTap POS juga bisa digunakan untuk semua jenis perangkat baik handphone maupun tablet.

Meskipun dari sisi ketertarikan pelaku usaha sudah banyak yang mengadopsi teknologi untuk pengelolaan usahanya, YouTap melihat masih ditemukan tantangan untuk mengajak lebih banyak pelaku usaha berjualan secara digital.

Hal ini disampaikan oleh Herman Suharto selaku CEO Youtap UMKM yang mengatakan UMKM kecil masih belum ikut digitalisasi. Oleh karena itu baginya berharap UMKM kecil agar ikutan beralih menjual produknya secara digital karena konsumen sudah banyak yang menggunakan sistem pembayaran non tunai.

“Merchant juga harus go digital agar tidak kehilangan pasar, kalau nggak pasar mereka bisa diambil alih. Tantangan yang mesti kita hadapi  bareng di sektor lainnya terkait stakeholder network dan paling penting dengan pemerintah,” ujarnnya.

Hingga kini menurut data internal YouTap, pertumbuhan merchant yang bergabung meningkat 16 persen dari Januari hingga Juni 2022. Selain itu ditambah nilai transaksi yang juga bertumbuh  mencapai 40 persen.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar