ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di Handphone realme dengan Private Safe

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di Handphone realme Header

Gadgetren – Terkadang pada saat kamu berkumpul dengan keluarga atau teman mungkin sesekali meminjamkan handphone namun ternyata malah membuka foto maupun video tanpa izin.

Untuk itulah menghindari hal tersebut, realme berusaha memberikan privasi lebih jauh kepada pengguna handphone buatannya dengan menghadirkan fitur bernama Private Safe.

Private Safe dapat membantu dalam menyembunyikan foto atau video sehingga tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Selain itu fitur ini sudah bawaan dari handphone realme sehingga kamu tidak perlu lagi mengunduh dari Google Play Store.

Tidak perlu berlama-lama lagi, kamu dapat menyembunyikan foto dan video di handphone realme dengan menggunakan langkah berikut.

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di Handphone realme

Memindahkan Foto dan Video ke Private Safe

  1. Akses aplikasi Settings di handphone realme
  2. Pilih menu Privacy
  3. Klik menu Private Safe
    Private Safe handphone realme
  4. Apabila kamu baru pertama kali mengaktifkan fitur ini, maka sistem akan meminta pengaturan Password, PIN, Pattern, atau fingerprint sebagai kunci
  5. Selanjutnya, kamu dihadapkan pada halaman Private Safe yang berisikan kategori folder Images and videos, Audio, Documents, dan Other Files yang nantinya akan menjadi tempat file bersembunyi
  6. Pilih kategori Image and videos
    Private Safe handphone realme aktif fix
  7. Tekan tombol Add berikon + di dalam lingkaran yang berada di bagian kanan layar
  8. Pada halaman Select items, pilih foto maupun video yang akan disembunyikan
  9. Setelah foto atau video dipilih, tekan tombol Set as private
  10. Secara otomatis foto atau video yang dipilih akan masuk ke dalam folder Images and videos di Private Safe

Dengan masuknya ke dalam Private Safe, foto maupun video yang telah kamu sembunyikan tadi tidak akan ditampilkan di aplikasi Photos maupun File Manager bawaan handphone OPPO. Untuk bisa mengakses kembali foto atau video yang tersembunyi tadi, maka kamu dapat menuju halaman Private Safe.

Melihat Kembali Foto dan Video Tersembunyi

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Pilih menu Privacy dan masuk ke opsi Private Safe
  3. Masukkan Password, Pattern, atau PIN yang digunakan sebagai kunci
  4. Jika berhasil, maka kamu diarahkan ke halaman Private Safe
  5. Buka folder kategori Images and videos
    Private Safe handphone realme aktif fix

Perlu diketahui bahwa kamu dapat mengembalikan foto maupun video yang telah disembunyikan tadi dengan membuatnya menjadi Set as Public ketika berada di halaman Private Safe.

Setelah diatur menjadi publik, maka secara otomatis foto maupun video tersebut secara mudah dapat dilihat pada aplikasi Photos dan File Manager di handphone realme.

Menurut saya sendiri fitur Private Safe terasa efektif menjaga privasi di handphone realme agar data pribadi tidak dibuka oleh orang lain tanpa izin. Selain itu, perangkat buatan realme sendiri sudah banyak beredar secara resmi di Indonesia yang menyasar beragam segmen, mulai dari kelas bawah hingga atas.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar