Tips dan Trik

Adakah Cara Menghilangkan Saran Postingan di Instagram Biar Tidak Mengganggu?

Cara Menghilangkan Saran Postingan di Instagram - Header

Gadgetren – Tampilan beranda Instagram sudah banyak berubah. Setelah iklan, algoritma di dalam layanannya kini juga akan menayangkan saran postingan berdasarkan apa yang kita minati.

Saran postingan sendiri merupakan unggahan dari orang-orang yang tidak diikuti tetapi biasanya berkaitan dengan ketertarikan kita. Umumnya saran ditayangkan berdasarkan like, komentar, pencarian, hingga akun yang diikuti.

Tujuan sebenarnya tentu untuk mempermudah kita dalam menemukan konten-konten yang sesuai. Jadi kita nanti tidak perlu menyelam lebih dalam lewat penelusuran atau halaman explore untuk mencari-cari unggahan yang menarik.

Hanya saja fitur ini sayangnya bukan untuk semua orang. Tidak bisa dipungkiri bahwa penambahan saran postingan di beranda Instagram bisa terasa mengganggu karena justru menutup konten-konten dari orang yang diikuti.

Cara menghilangkan saran postingan di beranda Instagram bahkan menjadi salah satu topik yang banyak dicari akhir-akhir ini. Namun apakah hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan?

Apakah Ada Cara Menghilangkan Saran Postingan di Beranda Instagram?

Sama seperti berbagai macam iklan, fitur saran postingan yang ditayangkan di beranda Instagram sayangnya tidak bisa dihilangkan atau dinonaktifkan secara permanen. Jadi kita hanya bisa berharap bakal ada pembaruan untuk itu.

Untungnya meskipun belum ada pengaturan khusus untuk saran postingan, kita masih bisa mengelola penayangannya dengan menggunakan fitur menyembunyikan konten yang tidak ingin ditampilkan di beranda.

Fitur menyembunyikan konten ini bahkan secara khusus bisa memfilter saran postingan yang mempunyai korelasi atau tema serupa. Kita pun bisa memakainya sesuai kebutuhan dengan memilih opsi yang tersedia.

Menyembunyikan Saran Postingan yang Tidak Diinginkan

  1. Login ke aplikasi Instagram
  2. Klik tombol silang (ikon X) di atas saran postingan
    Cara Menghilangkan Saran Postingan di Instagram - 1
  3. Gunakan menu Post Hidden sesuai kebutuhan
    Cara Menghilangkan Saran Postingan di Instagram - 2
  4. Pilih Don’t suggest post related to untuk menyembunyikan semua saran postingan berhubungan
  5. Pilih Don’t suggest post from untuk membatasi saran postingan dari akun terkait saja
  6. Pilih This post made me uncomfortable lalu Report untuk melaporkan saran postingan

Pada beberapa wilayah, kita menariknya juga diizinkan untuk menyembunyikan seluruh saran postingan selama 30 hari. Opsi Snooze all suggested posts in your feed for 30 days yang bisa dipilih pun akan muncul pada menu Post hidden.

Selain menggunakan fitur post hidden seperti beberapa langkah di atas, kita pun dapat memanfaatkan fitur khusus menyaring saran postingan yang tidak diinginkan menggunakan opsi Not Interested di bagian More Options.

 Menyaring Saran Postingan yang Tidak Diinginkan

  1. Buka Instagram
  2. Login jika diperlukan
  3. Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas postingan yang tidak diinginkan
    Cara Menghilangkan Saran Postingan di Instagram - 3
  4. Pilih opsi Not Interested
    Cara Menghilangkan Saran Postingan di Instagram - 4

Dengan memilih opsi Not Interested, unggahan dari akun terkait tidak akan muncul kembali di beranda Instagram. Seluruh tanggapan pun akan diaplikasikan untuk konten-konten dari saran postingan di masa mendatang.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar