Tips dan Trik

Begini Lho Cara Beriklan di Instagram Agar Post Kamu Banyak Dikunjungi

Cara Beriklan di Instagram Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Instagram adalah salah satu platform yang tepat untuk beriklan. Pasalnya, platform yang telah “dibajak” oleh Facebook pada tahun 2012 ini memiliki banyak pengguna aktif di layanannya.

Dalam data internal Instagram, per September 2017 lalu saja, layanan media sosial berbasis gambar ini mampu menarik hingga 500 juta pengguna aktif setiap harinya. Data ini diperkuat dengan adanya fakta, bahwa 80 persen penggunanya mengikuti akun bisnis di layanan tersebut.

Data menarik lainnya, dari 500 Juta pengguna aktif harian, lebih dari 200 juta melihat akun bisnis setiap harinya, padahal dua pertiganya merupakan akun yang tidak mengikuti akun bisnis yang dilihat.

Dalam data lain yang diungkapkan oleh Yotpo, disebutkan juga bahwa setidaknya lebih dari 30 persen dari pengguna Instagram membeli produk yang berhasil ditemukannya dalam layanan media sosial ini.

Bagaimana Cara Beriklan di Instagram?

  1. Untuk dapat menggunakan fitur iklan di Instagram, akun yang dipakai harus akun bisnis
  2. Selanjutnya, masuk postingan yang akan diiklankan dan pilih tombol Promosikan di bagian kanan bawah gambar
  3. Jika muncul opsi mengakses akun Facebook, pilih Lanjutkan sebagai Username
  4. Pilih ke mana orang akan dibawa saat mengetuk tombol dalam iklan dan klik tanda panah di pojok kanan atas
  5. Atur target pengguna yang akan disasar, dalam hal ini kamu bisa membuat sendiri atau secara otomatis, dan klik tanda panah lagi
  6. Atur rencana pembiayaan dan lama langganan fitur iklan, serta konfirmasi dengan mengetuk tanda panah
  7. Lihat contoh iklan melalui opsi Tampilkan Contoh Promosi
  8. Klik tombol Tambahkan Uang untuk memilih opsi pembayaran lain, lalu pilih Kartu Kredit atau Debit Baru, dan isi formulir yang diminta
  9. Tekan tombol Simpan kartu saat sudah selesai
  10. Jika semua telah diatur, pilih Buat Promosi

Langkah Beriklan di Instagram

Setelah selesai membuat iklan, jangan lupa untuk mengecek capaian dan keberhasilan iklan dari tombol Insights yang terdapat pada unggahan yang dipromosikan. Hal ini berguna untuk melakukan evaluasi seperti untuk menentukan target pasar selanjutnya dan lain sebagainya.

Ada Cara Beriklan Gratis di Instagram?

Selain memanfaatkan fitur iklan di Instagram, kamu juga bisa memanfaatkan hastag yang gratis untuk digunakan dalam membuat iklan. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk membuat unggahan agar bisa dijangkau oleh lebih banyak pengguna dengan memanfaatkan topik yang sedang hangat.

Sebagai triknya, jika kamu tidak memiliki tools untuk melihat topik apa yang sedang hangat, kamu bisa memanfaatkan Twitter, karena di bagian pencariannya biasanya menampilkan topik atau hastag yang sedang banyak diperbincangkan oleh warganet.

Tidak hanya hastag yang sedang populer, untuk menjangkau lebih banyak pengguna, kamu bisa memasang hastag berupa merek, kontes, waktu, atau banyak hal lagi pada unggahan yang ingin kamu iklankan.

Dan secara khusus, kamu juga bisa memanfaatkan hastag pada halaman profile agar profile bisnismu juga dapat terjangkau ketika pengguna sedang mencari topik dengan hastag tertentu.

Tinggalkan Komentar