Tips dan Trik

Ini Fungsi Assistive Ball di OPPO A96 dan Cara Mengaktifkannya

Assistive Ball Feature

Untuk membuat penggunanya nyaman dalam mengakses menu dan fitur penting pada sistem, OPPO telah menghadirkan fitur bernama Assistive Ball di OPPO A96.

Assistive Ball merupakan bola virtual melayang di layar yang digunakan untuk shortcut atau pintasan pengguna dalam mengakses menu atau fungsi pada OPPO A96.

Assistive Ball hadir dengan dua pilihan mode operasi yang terdiri Gesture operations dan Tap Menu. Pada Gesture Operations, bola virtual yang melayar di layar akan berfungsi untuk mengakses beberapa fungsi tertentu dengan tiga gesture yang terdiri dari Tap atau sekali tekan, Double-Tap atau dua kali tekan secara cepat, serta Touch and Hold atau tekan dan tahan.

Secara bawaan Gesture Tap akan berfungsi untuk menjadi tombol Back, Double Tap dapat digunakan untuk tombol Recent Apps, dan Tocuh and Hold untuk tombol Home. Namun pengguna dapat mengubah gesture tersebut dengan fungsi yang berbeda seperti membuka menu notifikasi, mengunci layar, mode satu tangan, dan screenshot. Sementara opsi None akan mematikan fungsi gesture dari Assistive Ball tersebut.

Pengguna juga dapat memilih mode Tap Menu yang akan memperlihatkan lima menu melayang ketika Assistive Ball ditekan. Mode ini berisikan menu dengan fungsi tombol Home, mengunci layar, tombol Recent App, tombol Back, dan Screenshot.

Assistive Ball Activation

Lima menu tersebut masih bisa diganti lagi dengan fitur lainnya yang sudah disediakan oleh Assistive Ball, seperti membuka menu notifikasi dan mengaktifkan mode satu tangan. Tentunya pemilihan menu dan posisinya di Assistive Ball dapat diatur sesuai dengan selera pengguna.

Apabila mode Gesture operations, fungsi akan dibuat langsung aktif ketika ditekan sehingga berbeda dengan mode Tap Menu yang akan menampilkan lima bola menu terlebih dulu ketika Assistive Ball ditekan pada layar OPPO A96.

Cara Mengaktifkan Assistive Ball di OPPO A96

  1. Buka aplikasi Settings di OPPO A96
  2. Pilih menu Convenience tools dan pilih opsi Assistive Ball
  3. Tekan tombol toggle di sebelah Assistive Ball hingga ke posisi aktif atau menyala
  4. Selanjutnya, Assistive Ball akan langsung melayang di layar handphone
  5. Pada bagian Operation Mode, pengguna bisa memilih Gesture operations atau Tap menu
  6. Pengguna bisa langsung menikmati fitur Assistive Ball

Assistive Ball Menu

Sebagai catatan, kamu juga bisa menentukan tingkat transparansi menu Assistive Ball yang tampil di layar agar fitur ini tidak mengganggu ketika menggunakan OPPO A96 dalam aktivitas sehari-hari.

Bisa dibilang Assistive Ball merupakan salah satu fitur menarik yang memudahkan pengguna OPPO A96 untuk mengakses berbagai fungsi tertentu dengan cepat hanya dengan menekan sebuah tombol menu yang melayang di layar.

Bagi kamu yang tertarik dengan OPPO A96, maka sudah bisa mendapatkannya di Indonesia melalui channel offline dan online dengan harga yang mencapai Rp4.099.000.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

1 Komentar