Operator Seluler Smartphone

Ini Ternyata Alasan Kenapa Pulsa Berkurang Sendiri Setiap Hari

Alasan Kenapa Pulsa Berkurang Sendiri Header[Ilustrasi: Pixabay]

Dengan semakin berkembangnya handphone dan teknologi jaringan, kebutuhan penggunaan paket internet, SMS, maupun telepon pun semakin meningkat.

Hal ini tentunya membuat operator mendapatkan keuntungan dari layanan yang digunakan oleh banyak orang. Meskipun begitu, sayangnya sebagai pelanggan masih sering terkena masalah seperti pulsa berkurang sendiri.

Pulsa berkurang biasanya terjadi secara tiba-tiba misalnya kamu sedang memiliki pulsa Rp20.000, namun keesokan harinya tiba-tiba menjadi Rp5.000. Ini tentunya sangat menyebalkan.

Namun kenapai itu bisa terjadi? Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

Alasan Pulsa Berkurang Sendiri Setiap Hari

Berlangganan SMS Premium Tanpa Izin

Sayangnya beberapa operator di Indonesia masih saja ada yang memaksa kamu berlangganan SMS Premium secara otomatis. Padahal kamu sama sekali tidak mengetahui bahwa telah terjadi proses langganan.

Kita ketahui bersama bahwa SMS Premium biasanya akan menyedot pulsa cukup besar tergantung dari layanan yang digunakan. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan Unreg pada kartu operator yang digunakan.

Setelah melalukan Unreg, biasanya pulsa kamu tidak akan terkuras lagi karena sudah tidak berlangganan SMS Premium. Namun apabila masalah ini tetap terjadi dan tetap dipaksa registrasi lagi tanpa izin, maka sebaiknya langsung menghubungi Costumer Service atau Service Center dari kartu operator yang digunakan.

Registrasi NSP Qtau RBT

Nada Sambung Pribadi (NSP) atau Ring Back Tone (RBT) merupakan salah layanan yang menarik bagi sebagian orang karena dapat membuat penelepon mendengarkan potongan lagu ketika panggilan sedang dilakukan.

Operator sendiri bermaksud apabila kamu sebagai pembeli NSP atau RBT dapat menghibur penelepon ketika panggilan belum diangkat. Namun terkadang kamu juga bisa berlangganan secara tidak sengaja karena muncul tiba-tiba menu pop-up registrasi layanan tersebut di handphone.

Pada saat kamu tidak sengaja berlangganan, maka pulsa langsung berkurang sendiri. Apalagi biasanya langganan layanan tersebut akan secara otomatis dilakukan operator setiap bulannya tanpa kamu sadari.

Untuk itu kamu dapat memanfaatkan fitur untuk Unreg yang disediakan oleh semua operator melalui kode UMB yang bisa dilihat di situs resmi. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Service Center dari operator untuk menonaktifkan langganan NSP atau RBT.

Paket Internet Sudah Habis

Terkadang sebagian orang tidak menyadari bahwa kuota atau masa aktif dari paket internet yang digunakan sudah habis sehingga secara otomatis malah menyedot pulsa dari kartu operator yang digunakan.

Bisa dibilang pulsa akan cepat berkurang apabila data internet yang kamu gunakan besar. Untuk itulah, kamu sebaiknya selalu mengecek sisa kuota atau masa aktif dari paket internet agar bisa mengetahui apabila sudah habis dan mengisinya kembali.

Perubahan Koneksi Jaringan

Biasanya pada paket data internet tertentu dengan harga yang murah mempunyai informasi mengenai setiap kuota yang dimilikinya seperti kuota hanya bisa digunakan di jaringan 3G dan 4G, kuota malam hanya bisa berjalan di jaringan 4G, dan lainnya.

Nah hal ini bisa menjadi masalah ketika daerah yang kamu kunjungi tidak sesuai dengan kententuan paket. Tentunya pada saat koneksi internet diaktifkan, maka akan menggunakan pulsa untuk bisa terhubung dengan koneksi internet walau pada jaringan berbeda.

Untuk itulah, sebaiknya kamu membeli paket internet yang mendukung semua jaringan. Bisa juga mematikan koneksi internet untuk sementara hingga keluar dari daerah tersebut. Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa meminta WiFi dari teman atau warga sekitar yang memiliki jaringan internet bagus.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar