Berita

Ini Dia Alasan Kenapa Xiaomi Tak Membuat Smartphone Tahan Air

Xiaomi Logo

Memiliki smartphone waterproof  menjadi daya tarik dan keuntungan tersendiri, terutama di musim hujan. Bukan hanya itu, fitur waterproof yang biasa digandeng dengan kemampuan daya tahan terhadap debu menjadi alasan ponsel tahan air menjadi pilihan bagi Gadgeter yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Berbagai merk ponsel yang ada saat ini pun telah dilengkapi fitur anti-air, misalnya lini Sony Xperia Z dan M, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, dan Motorola Moto G. Sayangnya, Xiaomi masih enggan memproduksi smartphone anti air, termasuk pada flagship  terbarunya Xiaomi Mi5.

Banyak pertanyaan yang muncul, mengapa Xiaomi tidak memproduksi ponsel anti-air? Beberapa waktu lalu, Lei Jun, salah satu pendiri Xiaomi memberikan jawabannya. Salah satu alasannya karena waterproof  dapat berkurang fungsinya atau bahkan tidak berfungsi sama sekali jika ponsel mengalami kerusakan, termasuk kerusakan sekecil apa pun.

Soal biaya juga menjadi alasan kuat mengapa vendor raksasa asal Tiongkok itu tak menyematkan fitur waterproof. Menurut Lei Jun, harga smartphone akan menjadi lebih mahal sekitar 20% hingga 30 % jika fitur tersebut ditambahkan. Xiaomi sendiri saat ini memang dikenal memproduksi smartphone berkemampuan mumpuni, tetapi dengan harga terjangkau di kelasnya.

Namun, bukan tak mungkin ke depannya Xiaomi akan membuat ponsel tahan air jika konsumennya meminta dan bersedia membayar lebih mahal. Bagaimana menurut Gadgeter? Lebih suka smartphone canggih dengan harga murah atau smartphone tahan air, namun harganya lebih mahal?

[Via phonearena]

About the author

Desy Yuliastuti

Pengguna Sony Xperia C4 dan penikmat Kopi. Sekarang jadi Penulis di Gadgetren.

Leave a Comment