ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop Supaya Terhubung Kapan Saja

Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop - Header

Gadgetren – Kita bisa secara langsung menggunakan layanan pesan singkat milik WhatsApp di perangkat PC (Personal Computer) dan laptop tanpa perlu memasang aplikasi tambahan apapun.

Layanan pesan singkat milik Meta Inc tersebut soalnya mempunyai dukungan berbasis web yang bisa diakses lewat aplikasi peramban andalan kita untuk perangkat komputer seperti Google Chrome, Microsoft Edge, hingga Safari.

Sejak diperkenalkan pada awal tahun 2015 silam, dukungan yang biasa disebut dengan istilah WhatsApp Web tersebut menariknya terus-menerus dikembangkan oleh Meta untuk meningkatkan berbagai macam segi.

Bahkan, layanan yang dulunya hanya bertindak sebagai screen mirroring tersebut kini sudah bisa diakses secara standalone. Jadi kita tidak perlu lagi menghubungkan WhatsApp di handphone dengan koneksi internet untuk menggunakannya hingga 14 hari.

Supaya bisa menggunakan layanan WhatsApp Web, pastikan terlebih dulu memperbarui aplikasi yang terpasang di handphone. Baru setelah itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengikutinya.

Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop

Log In

  1. Kunjungi halaman https://web.whatsapp.com/ dengan peramban komputer
  2. Buka aplikasi WhatsApp di handphone
  3. Ketuk Menu (ikon titik tiga) jika memakai Android
    Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop - 1
  4. Ketuk Settings (ikon roda gigi) jika memakai iOS
  5. Pilih opsi Linked devices
    Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop - 2
  6. Ketuk tombol Link a Device
    Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop - 3
  7. Lakukan otentikasi sesuai petunjuk yang muncul
  8. Arahkan kamera ke QR Code WhatsApp di komputer
  9. Tunggu sampai proses log in berhasil

Pada pembaruan terakhirnya, sebuah akun WhatsApp kini bisa ditautkan sampai dengan empat buah perangkat dan satu handphone utama secara bersamaan. Kita tentu perlu melakukan logout jika sudah melebihinya.

Log Out

  1. Buka WhatsApp Web di peramban
  2. Ketuk Menu (ikon titik tiga) di sebelah kanan foto profil
    Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop - 4
  3. Pilih Log Out
    Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop - 5
  4. Konfirmasi dengan menekan tombol Log Out sekali lagi
    Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop - 6

Selain menggunakan langkah-langkah di atas, keluar WhatsApp Web juga bisa dilakukan secara langsung di aplikasi handphone. Kita hanya perlu masuk ke halaman Linked Devices lalu mengetuk perangkat terkait dan memilih opsi Log Out.

Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop - 7

Jika mau menggunakan secara lebih praktis, kita pun bisa mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop di PC atau laptop. Cara mengoperasikannya kurang lebih sama dengan versi Web tetapi nanti bakal langsung aktif secara otomatis ketika perangkat dinyalakan tanpa perlu membukanya lebih dulu.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar