ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik

Kenapa Bisa Gagal Menggunakan Efek Instagram di Perangkat Anda?

Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - Header

Gadgetren – Sebagian dari kita beberapa waktu belakangan mungkin akan sedikit disibukkan untuk mencari tahu kenapa muncul pesan “Gagal menggunakan efek ini di perangkat Anda” saat memakai Instagram.

Pesan tersebut soalnya bisa muncul pada sebagian pengguna layanan media sosial tersebut, terutama ketika sedang memanfaatkan sebuah efek (atau biasa disebut juga dengan filter) untuk membuat konten Story, Reels, hingga Live.

Padahal tidak dapat dipungkiri bahwa memakai efek sudah menjadi salah satu kebiasaan di antara kita saat menggunakan Instagram. Dengan memanfaatkannya, konten-konten yang mau diunggah soalnya bisa terlihat semakin menarik.

Munculnya pesan peringatan gagal menggunakan efek sendiri biasanya karena perangkat memang tidak mendukung. Ini bisa terjadi karena aplikasi terpasang merupakan versi yang usang, dilakukan di luar wilayah penyebaran, atau bahkan memang peranti keras di dalamnya sudah ketinggalan.

Namun jika tiba-tiba menjumpai pesan tersebut padahal sebelumnya normal-normal saja, maka bisa jadi masalah diakibatkan oleh kesalahan data, koneksi buruk, maupun bug pengembangan yang bisa muncul di beberapa jenis perangkat.

Kenapa Muncul Gagal Menggunakan Efek Instagram di Perangkat Anda?

Koneksi Internet Buruk

Untuk memakai layanan Instagram, kita memang memerlukan internet yang cukup baik. Koneksi yang buruk dapat menyebabkan beberapa kesalahan terjadi termasuk di antaranya seperti efek-efek tertentu gagal untuk dijalankan.

Peringatan gagal menggunakan efek pun juga bisa terjadi karena hal ini. Makanya sebelum mencoba membuat konten Story, Reels, atau Live, kita sebaiknya mengecek koneksi internet yang digunakan terlebih dahulu.

Selain mencoba layanan penguji kecepatan, kita juga dapat memastikan koneksi internet yang digunakan dengan menjajal sambungan lain. Beberapa di antaranya bisa mengganti kartu seluler atau beralih ke jaringan WiFi.

Dipakai di Luar Wilayah Penyebaran

Buat kamu yang belum tahu, efek-efek Instagram sebenarnya tidak didistribusikan secara merata ke seluruh pengguna. Beberapa pengembangan soalnya berusaha membatasi penyebarannya supaya tidak melanggar aturan berlaku di wilayah tertentu.

Gagal menggunakan efek Instagram di perangkat yang kita gunakan bisa juga terjadi karena hal ini. Karena beberapa di antaranya memang tidak didistribusikan secara resmi di Indonesia atau bahkan hanya untuk negara-negara tertentu saja.

Memakai VPN (Virtual Private Network) tentu dapat menjadi alternatif yang bisa dicoba jika pembatasan wilayah menjadi penyebab kita gagal memakai efek Instagram. Hanya saja pastikan bahwa layanan yang dipakai benar-benar aman.

Aplikasi Sudah Usang

  1. Masuk ke halaman Play Store
  2. Cari halaman produk aplikasi Instagram
  3. Ketuk tombol Update jika tersedia
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 1
  4. Tunggu proses download selesai
  5. Coba pakai efek Instagram yang diinginkan

Pembaruan yang ditawarkan oleh Instagram biasanya tak hanya membawa peningkatan saja melainkan juga berbagai fitur baru. Termasuk di antaranya berkaitan dengan dukungan yang dibutuhkan oleh efek-efek tertentu supaya bisa bekerja.

Maka dari itu, efek-efek di Instagram pun kadang-kadang tak bisa dipakai karena kita masih memakai versi aplikasi yang sudah usang. Kita karena itu bisa mencoba untuk mengecek dan memperbaharuinya dulu melalui Google Play Store..

Sistem Operasi Tidak Didukung

  1. Buka halaman Settings
  2. Cari bagian Software update
  3. Ketuk Check for Updates
  4. Klik Install jika tersedia

Sistem operasi adalah jembatan penghubung antara peranti keras dan lunak. Jika sudah tidak kompatibel atau dukungannya ketinggalan, maka bisa dipastikan bahwa aplikasi yang berkaitan bakal mengalami permasalahan.

Kita pun bisa saja gagal menggunakan efek Instagram karena sistem operasi di perangkat sudah tidak kompatibel atau masih menggunakan versi lawas. Sebagian fitur milik layanan media sosial tersebut cukup bergantung pada dukungan dari peranti lunak ini.

Mencoba memperbarui sistem operasi tentunya dapat menjadi opsi yang bisa dipertimbangkan ketika perangkat tidak mendukung sebuah efek Instagram. Kita bisa masuk halaman Settings untuk melakukannya.

Terjadi Kesalahan Sistem pada Perangkat

Semakin lama digunakan, sebuah perangkat bisa mengalami kesalahan sistem. Biasanya dapat terjadi karena penumpukan tugas, ketimpangan data, hingga ketidakcocokan sebuah dukungan dengan proses yang berjalan.

Kesalahan sistem ini pun akhirnya dapat berimbas pada aplikasi. Termasuk di antaranya bisa mengakibatkan kegagalan perangkat dalam menjalankan efek tertentu saat kita menggunakan layanan Story, Reels, maupun Live di Instagram.

Memuat ulang perangkat karena itu dapat menjadi langkah yang dapat dilakukan ketika kita gagal menggunakan efek Instagram. Sedikit saran dari kami, jangan gunakan fitur Restart tetapi matikan dan nyalakan handphone secara manual.

Penumpukan Data

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Cari bagian Management App atau Apps
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 2
  3. Buka setelan untuk aplikasi Instagram
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 3
  4. Gunakan opsi Clear Data
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 4

Data sampah atau yang sudah usang juga bisa mengganggu proses berjalannya sebuah aplikasi dan layanan. Gagalnya sebuah perangkat dalam mengaktifkan suatu efek dari Instagram juga bisa terjadi karena penumpukan data yang sudah tidak digunakan tersebut.

Menghapus data tentu saja dapat dicoba ketika kita mengalami masalah ini. Jika masih kurang manjur, kita pun dapat mencopot instalasi aplikasi kemudian memasangnya lagi supaya benar-benar membuat data yang lebih baru.

Bug Pengembangan

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Masuk ke tab Profile (foto avatar kita)
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 5
  3. Ketuk Menu (Ikon humburger) di pojok kanan atas
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 6
  4. Pilih Settings
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 7
  5. Klik bagian Help
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 8
  6. Tekan opsi Report a problem
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 9
  7. Pilih Report a problem
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 10
  8. Tulis dan unggah bukti masalah
  9. Ketuk tombol Submit
    Kenapa Gagal Menggunakan Efek di Perangkat Anda - 11

Pengembangan aplikasi atau sistem apa pun tidak akan dapat dipisahkan dari kemunculan sebuah bug yang bisa mengganggu kita saat menggunakannya. Gagal memakai efek Instagram pun bisa saja terjadi karena masalah ini.

Memperbarui aplikasi atau sistem operasi tentu dapat menjadi solusi jika apa yang terjadi adalah seperti itu. Karena selain membawa fitur baru dan peningkatan, pembaruan biasanya mengusung perbaikan-perbaikan untuk bug yang ada sebelumnya.

Apabila telah menggunakan aplikasi yang terbaru tetapi masih mengalami hal ini, maka kita pun bisa melaporkannya dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Jangan lupa menyertakan bukti-bukti kuat seperti tangkapan layar.

Perangkat Tidak Kompatibel

Jika sudah mencoba berbagai macam cara tetapi masalah masih terjadi, maka kemungkinan besar perangkat memang sudah tidak kompatibel dengan dukungan yang dibutuhkan oleh efek-efek Instagram tersebut.

Kita karena itu bisa mencoba filter yang lain sebagai alternatifnya. Kita juga bisa meminjam perangkat yang masih mendukung Instagram sepenuhnya jika ternyata memang benar-benar ingin menggunakan efek tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar