ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Semakin Ringkas dan Canggih, Sony Indonesia Hadirkan Lensa Zoom FE 24-70mm F2.8 GM II

Sony-FE-24-70-F2.8-GM-II-Header

Gadgetren – Melengkapi kebutuhan fotografer dan videografer, Sony Indonesia telah membawa lensa seri G Master terbaru yang bernama FE 24-70mm F2.8 GM II atau juga dikenal sebagai SEL2470GM2.

Lensa baru ini sudah bisa dipesan di Indonesia sampai dengan tanggal 19 Juni 2022 mendatang dengan harga Rp31.999.000 melalui Sony Authorized Dealer yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selama periode pre-order berlangsung, Sony memberikan hadiah gratis berupa Exclusive Sony Uniqlo Jacket. Lensa FE 24-70 GM II sendiri merupakan suksesor dari lensa FE 24-70 GM I yang telah diperkenalkan enam tahun lalu.

Lensa pembesaran ini dirancang untuk para fotografer maupun videografer di bidang wedding, bridal, dan masih banyak lagi serta bisa dipasangkan ke kamera Sony Full Frame dan APS-C. Secara garis besar, lensa baru ini memiliki pembaruan yang besar baik dari segi desain maupun peningkatan pada komponen lensanya sendiri yang didesain khusus oleh Sony.

Dari segi material, lensa FE 24-70 GM II memiliki peningkatan yang terbuat dari bahan plastik dan metal. Oleh karena itu bobotnya lebih ringan 20 persen dari generasi sebelumnya. Bila lensa sebelumnya memiliki bobot 886 gram, lensa FE 24-70 GM II mempunyai bobot 695 gram sehingga terdapat selisih sekitar 191 gram.

Sony-FE-24-70-F2.8-GM-II-Harga

Ukurannya juga berbeda dari sebelumnya di tingginya menurun dari 13,6 cm menjadi 11,9 cm. Bila dilihat secara kasat mata dari permukaan luarnya, lensa FE 24-70 GM II mempunyai kontrol yang lebih maju dari generasi sebelumnya.

Dalam acara peluncurannya, tim Gadgetren pun berkesempatan menggenggam dan menggunakan lensa tersebut dengan salah satu kamera full frame Sony Alpha 7 IV. Kini lensa FE 24-70 GM II menyediakan aperture ring atau IRIS Lock yang harus diputar tepat pada huruf A. Kontrol tersebut berfungsi mengunci aperture agar tidak berubah.

Selain IRIS Lock, fitur aperture juga memiliki tombol On/Off untuk mengaktifkan atau menonaktifkan dengan menggunakan pengaturan pada kamera. Khusus untuk mendukung perekaman video, menariknya lensa ini sudah didukung kontrol untuk pergerakan zoom.

Jika memiliki Tight, maka videografer bisa merekam gambar bergerak dengan lebih halus lagi karena pembesaran akan terasa semakin berat. Perekaman dengan memilih kontrol Tight memungkinkan hasil video semakin unik dan sinematik. Lalu untuk pergerakan zoom Smooth akan menghasilkan perekaman dengan hasil yang biasa saja.

Sony-FE-24-70-F2.8-GM-II-Model

Pembaruan lainnya yang tersedia pada lensa FE 24-70 terletak pada hadirnya tombol tahan fokus yang kini menjadi dua dari dulunya hanya satu. Setelah melihat tombol kontrol, lensa ini memiliki peningkatan kualitas gambar dengan pemberian dua elemen XA, dua elemen ED, dan super ED yang memungkinkan hasil foto dan video lebih tajam dan akurat dengan resolusi tinggi.

Pada pengambilan gambar berkelanjutan, lensa ini bisa mengambil foto hingga 30fps dan perekaman video dengan kualitas 4K 120p dengan autofokus. Pelacakan terus menerus juga telah diberikan pada lensa ini bahkan ketika foto pada aperture kecil dengan fokus yang tajam.

Pihak Sony juga memastikan bahwa lensa ini sudah bisa digunakan di lingkungan yang berdebu dan lembap serta tahan terhadap percikan air maupun hujan. Namun tetap tidak bisa bertahan di dalam air jika ditenggelamkan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar