ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik

Apa Itu Peringatan TikTok Pada Akun? Ini Cara Menghilangkan Notifnya

Apa Itu Peringatan Akun TikTok - Header

Gadgetren – TikTok mempunyai panduan komunitas yang wajib dipatuhi oleh setiap pengguna. Apabila tidak, maka akun milik kita bisa saja akan ditangguhkan sementara waktu atau bahkan secara permanen.

Hal tersebut tentu saja dilakukan untuk menciptakan suasana yang terbuka, aman, dan menghibur di dalam layanan. Dengan begitu nantinya siapa saja dapat memakai TikTok tanpa perlu khawatir adanya konten-konten yang mengganggu seperti video tidak pantas, vulgar, hingga kekerasan.

TikTok sendiri mempunyai sistem khusus untuk melakukan hal tersebut. Mereka mengembangkan berbagai macam alat yang mampu mengidentifikasi dan menghapus konten maupun perilaku tak sesuai dari panduan komunitasnya.

Apabila mampu mendeteksi pelanggaran secara akurat, alat-alat tersebut akan mengambil tindakan yang sesuai. Termasuk menandainya untuk mendapatkan peninjau ulang dari tim Keamanan TikTok supaya lebih tepat.

Tindakan yang akan diambil ketika terjadi pelanggaran cukup beragam tergantung beratnya. Yang paling ringan, kita akan mendapatkan peringatan yang akan dikirim melalui bagian Pembaruan Akun di Kotak Masuk akun TikTok.

Apa Itu Peringatan Akun TikTok?

Dalam halaman bantuan miliknya, TikTok menjelaskan secara detail mengenai berbagai macam tindakan yang akan mereka berikan jika terjadi sebuah pelanggaran. Ini pun dibagi menjadi dua tahap dalam hal ini dan disesuaikan dengan beratnya kesalahan pengguna.

Mengirim peringatan pun menjadi tindakan yang akan dilakukan jika sebuah akun melanggar Panduan Komunitas TikTok untuk pertama kalinya. Hanya saja hal ini secara khusus berlaku jika kesalahan masih bisa ditoleransi.

Untuk pelanggaran berat yang tidak bisa ditoleransi, pemblokiran pun akan dilakukan secara otomatis. Perlu diingat bahwa TikTok tak hanya bisa memblokir akun saja melainkan juga perangkat yang digunakan sehingga kita nanti tidak bisa mendaftar kembali.

Baru untuk pelanggaran kedua hingga selanjutnya, TikTok akan mengambil satu atau dua tindakan. Adapun termasuk di antaranya meliputi pemblokiran sementara maupun permanen seusai tingkat kesalahan yang dilakukan.

Semakin seseorang melakukan pelanggaran, maka semakin besar hukuman yang diberikan. TikTok pun secara tegas akan mengirimkan peringatan keras yang akan ditampilkan di berbagai bagian dalam aplikasi miliknya.

Cara Menghilangkan Peringatan TikTok

Lakukan Banding

  • Buka notifikasi peringatan yang diterima.
  • Pilih opsi Permohonan Banding.
  • Ikuti petunjuk yang muncul.

Jika yakin bahwa kita tidak melakukan kesalahan apa pun atau melanggar ketentuan dalam Panduan Komunitas TikTok, mengajukan permohonan banding seperti langkah-langkah di atas pun dapat ditempuh.

Sistem TikTok nantinya akan melakukan peninjauan kembali. Apabila memang terjadi kekeliruan dalam memberikan hukuman, mereka pun akan memulihkan akun maupun konten terkait serta menghapus hukuman.

Biarkan Sampai Durasi Hukuman Habis

Jika terbukti melanggar, maka sebaiknya kita perlu menghapus berbagai macam aktivitas maupun konten yang tidak sesuai dengan Pedoman Komunitas TikTok sembari menunggu masa hukuman selesai di mana jangka waktunya kemungkinan berbeda-beda untuk setiap orang.

Perlu diingat bahwa TikTok biasanya hanya akan membatasi akun untuk mengunggah video, berkomentar, atau mengedit profil selama 24 atau 48 jam tergantung tingkat kesalahan. Mereka umumnya juga hanya akan mengubah ke pengalaman lihat-saja dari 72 jam atau hingga satu minggu saja.

Sementara jika pelanggaran yang dilakukan benar-benar berat dan dilakukan secara berulang, maka pemblokiran secara permanen tidak bisa dihindari. Kita pun tidak bisa berbuat apa-apa apabila hal ini yang diberikan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Saya mohon kepada pihak tiktok agar mengembalikan akun saya,, agar saya bisa menampilkan vidio saya?sungguh sangat menyesal atas perbuatan saya kemarin ??