Fitur Kid Space Bikin OPPO A55 Jadi Lebih Ramah Anak

Kini pada saat akan membeli sebuah smartphone untuk anaknya, para orang tua akan memperhatikan beberapa hal penting agar anak bisa dipantau sehingga tidak membuka sembarang konten di internet.

Hal ini pun menjadi salah satu perhatian OPPO ketika membuat dan meluncurkan OPPO A55 di berbagai negara, termasuk Indonesia. Handphone ini sendiri sudah dibenamkan fitur Kid Space yang dapat membantu orang tua untuk menyaring aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak.

Sejatinya fitur Kid Space sudah menjadi fitur bawaan dari ColorOS 11.1 berbasis Android 11 sehingga para orang tua hanya perlu mengaktifkan dan melakukan pengaturan melalui menu Settings yang berada di handphone OPPO A55.

Untuk mengaktifkan fitur Kid Space di OPPO A55 bisa dibilang mudah, dimana orang tua hanya perlu melakukan langkah berikut.

Cara Mengaktifkan Kid Space di OPPO A55

  1. Akses aplikasi Settings
  2. Pilih menu Privacy dan pilih Kid Space
  3. Selanjutnya akan dihadapkan pada aplikasi yang diizinkan, durasi pemakaian, jaringan seluler diaktifkan atau tidak, dan penjelasan fitur
  4. Setelah semua diatur, tekan tombol Enter Kid Space

Kid Space OPPO A55

Pada saat mode Kid Space aktif, maka anak hanya bisa mengakses aplikasi yang sudah ditentukan saja. Secara otomatis, sistem akan menghilangkan akses ke menu Settings, Quick Settings, pembatasan situs, dan lainnya agar tidak diubah sembarangan oleh anak.

Meskipun terdapat menu Exit Kid Space di bagian bawah layar, namun anak harus menggunakan PIN, Pattern, Password, maupun sidik jari yang sudah ditentukan sehingga harus meminta izin orang tua apabila ingin keluar dari mode ini.

Sebagai tambahan, Duration allowed each time yang hadir pada halaman Kid Space merupakan menu yang mengizinkan orang tua untuk menentukan durasi pemakaian mode Kids Space yang dapat dipilih mulai dari 15 menit, 30 menit, 1 jam, 2 jam, 3 jam, hingga tidak dibatasi.

Sementara menu Allowed Apps berfungsi untuk mengizinkan aplikasi apa saja yang bisa diakses ketika mode Kid Space aktif. Orang tua dapat memilih aplikasi secara bebas dan sebaiknya aplikasi yang bermanfaat bagi anak, seperti permainan dan pembelajaran yang menarik.

Tanpa izin dari orang tua, anak tidak dapat memodifikasi sistem dan memasang atau menghapus aplikasi pada saat mode Kid Space aktif di OPPO A55. Bisa dibilang fitur-fitur yang dihadirkan pada Kid Space sudah dirancang untuk memudahkan orang tua dalam mengontrol dan membatasi akses handphone agar anak hanya membuka konten maupun aplikasi yang diizinkan saja.

Berkat Kid Space, OPPO A55 bisa diubah menjadi handphone yang berguna untuk belajar bagi anak. Untuk menghindari kebosanan bagi anak, sebaiknya orang tua menambahkan video hiburan dan game edukasi yang interaktif. Tentunya dengan berisikan konten yang baik.

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki OPPO A55, maka sudah dapat membelinya di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp2.699.000 dengan dukungan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar