Aplikasi Sponsored Content

ColorOS 11 Punya Kid Space Untuk Cegah Anak Akses Konten yang Tidak Diinginkan

OPPO A74 Display

Sistem operasi ColorOS 11 di handphone OPPO memiliki fitur menarik yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mengawasi dan membatasi penggunaan handphone oleh anak.

Dinamakan Kids Space, fitur ini dapat mencegah anak-anak agar tidak mengakses konten dewasa atau berbahaya. Selain itu, anak-anak pun tidak dapat sembarangan untuk membeli item maupun diamond di game secara langsung.

Kita ketahui bersama bahwa akhir-akhir ini sudah banyak anak-anak yang membeli item atau diamond pada game di handphone tanpa seizin orang tua dengan nilai yang fantastis. Nah adanya Kid Space dapat membantu orang tua mencegah anak-anak melakukan hal tersebut karena harus meminta izin terlebih dahulu apabila ingin membeli sesuatu.

Selain dapat membatasi anak bermain game yang memakan banyak waktu, Kid Space juga dapat memungkinkan orang tua untuk memberikan akses ke aplikasi positif mulai dari game edukasi interaktif, aplikasi pendidikan, dan lainnya.

OPPO Reno5 5G Diagonal

Untuk bisa mengaktifkan fitur bermanfaat ini, kamu dapat membuka menu Privacy di halaman Settings lalu kemudian menjalankan aplikasi Kid Space yang ada di dalamnya.

Nantinya pada halaman Privacy, kamu akan dihadapkan pada beragam menu pengaturan mulai dari waktu durasi handphone aktif, aplikasi apa saja yang diizinkan, akses internet diaktifkan atau tidak, dan rincian mengenai keunggulan dari fitur Kid Space.

Pada menu Duration allowed each time, kamu dapat memilih batas waktu penggunaan handphone ketika fitur Kid Space aktif mulai dari 15 menit, 30 menit, 1 jam, 2 jam, 3 jam, hingga tidak dibatasi tergantung dari kebijakan masing-masing.

Sementara pada menu Apps allowed to be accessed, kamu bisa menentukan aplikasi saja yang dapat diakses oleh anak-anak. Selain aplikasi yang telah ditentukan, maka nantinya aplikasi lain tidak akan ditampilkan pada halaman Home Screen.

Kid Space ColorOS 11

Selanjutnya pada rincian mengenai keunggulan Kid Space dijelaskan bahwa fitur ini dapat mencegah pembelian item game yang tidak diinginkan, membatasi penggunaan akses internet yang berlebihan, mencegah penginstalan aplikasi yang tidak diizinkan, mencegah modifikasi sistem pada handphone, dan membuat waktu penggunaan handphone dapat dibatasi.

Apabila kamu telah menentukan durasi aktif handphone, memilih aplikasi yang dapat diakses, dan mengaktifkan atau mematikan akses internal, maka dapat langsung menekan tombol Enter Kid Space untuk langsung mengaktifkan fitur Kid Space.

Setelah Kid Space diaktifkan, maka tampilan halaman homescreen pada handphone OPPO hanya akan menampilkan aplikasi yang telah dipilih oleh kamu. Apabila durasi penggunaan hampir habis, maka akan muncul notifikasi bahwa handphone OPPO akan mati dalam waktu 10 detik.

OPPO A74 Half Bottom Display

Untuk bisa mengakses atau menjalankan handphone, pengguna diharapkan memasukkan password maupun sidik jari. Hal ini tentunya membuat anak-anak harus meminta izin terlebih dulu kepada orang tua ketika ingin menggunakan handphone.

Pada saat berada di dalam Kid Space, anak tidak akan bisa melakukan pembelian item pada game karena terdapat fitur anti penagihan secara otomatis sehingga tidak dapat membeli dan diberikan pembatasan akses internet.

Apabila ingin keluar dari Kids Space, maka anak membutuhkan otorisasi password atau sidik jari yang telah ditentukan. Dengan banyaknya pembatasan akses, fitur yang satu ini dapat mencegah anak-anak untuk melakukan pembelian item game tanpa seizin orang tua atau mengakses konten berbahaya.

Tinggalkan Komentar