ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Kirim Foto WhatsApp dengan Kualitas Bagus Agar Tetap Terlihat Jelas

Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Ada sebuah cara yang bisa dicoba jika kamu mau mengirim foto atau gambar melalui percakapan di aplikasi WhatsApp dengan kualitas yang tetap bagus tanpa mengalami banyak kompresi.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna, layanan WhatsApp memang menghadirkan berbagai macam fitur bertukar pesan yang mudah untuk digunakan. Termasuk di antaranya meliputi opsi yang bisa dipakai secara khusus untuk mengirim foto maupun gambar ke dalam percakapan.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa layanan yang kini beroperasi di bawah perusahaan Meta ini akan melakukan kompresi atau menurunkan kualitas gambar saat kita menggunakan fitur tersebut. Tujuannya untuk mempercepat proses pengiriman berkas.

Meskipun begitu, kita untungnya tidak perlu khawatir karena layanan media sosial berbasis pesan ini juga mempunyai opsi khusus yang bisa dipakai secara langsung untuk membuat kiriman foto maupun video tetap berkualitas bagus.

Layanan WhatsApp bahkan secara khusus menghadirkan opsi untuk menyetel kualitas kiriman foto di halaman pengaturan. Kita dalam hal ini dapat menggunakannya sebagaimana berikut.

Cara Kirim Foto WhatsApp dengan Kualitas Bagus

Lewat Setelan Kualitas Foto

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 1
  3. Pilih Settings
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 2
  4. Ketuk menu Storage and data
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 3
  5. Cari Media upload quality
  6. Klik Photo upload quality
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 4
  7. Ubah setelan ke Best quality
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 5
  8. Ketuk Ok

Dengan mengubah pengaturan kualitas kiriman foto seperti langkah-langkah di atas, ukuran berkas yang diunggah nantinya akan lebih besar. Jadi proses pengiriman akan berjalan dengan lebih lama apalagi jika koneksi internet memang kurang baik.

Apabila cara di atas masih dirasa kurang memuaskan, mengirim foto WhatsApp dengan kualitas bagus juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan opsi pengiriman dokumen. Kamu dapat menempuh langkah-langkah berikut untuk menggunakannya.

Menggunakan Opsi Pengiriman Dokumen

  1. Buka percakapan yang mau dikirimi foto
  2. Ketuk tombol Attach (ikon klip kertas)
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 6
  3. Pilih menu Document
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 7
  4. Ketuk Browse other docs
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 8
  5. Cari foto yang dimaksud
  6. Ketuk foto tersebut
  7. Klik tombol Send
    Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Bagus - 9

Pengiriman dokumen melalui aplikasi WhatsApp biasanya tidak akan mengalami kompresi. Hanya saja memang terbatas yang mana dulu maksimal berukuran 100MB namun kini bisa sampai 2GB setelah pembaruan terakhir yang diberikan oleh WhatsApp.

Selama masih berukuran kurang dari batasan tersebut, kita dapat mengirim foto dengan kualitas bagus tanpa mengalami banyak kompresi sehingga kita tetap bisa berkolaborasi maupun berkarya secara lebih baik.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar