Berita

Samsung Umumkan Teknologi Penyimpanan Data Handphone UFS 4.0 yang Lebih Cepat

Samsung UFS 4 Feature

Samsung baru saja mengumumkan inovasi terbarunya dalam bidang storage atau penyimpanan data untuk perangkat mobile yakni Universal Flash Storage (UFS) 4.0.

Samsung mengklaim bahwa teknologi UFS 4.0 ini menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan UFS 3.1. Bahkan teknologi terbaru ini diklaim memiliki dua kali performa yang lebih tinggi dibandingkan UFS 3.1.

Sebelumnya UFS 3.1 ini masih menjadi salah satu teknologi memori untuk penyimpanan internal di handphone atau tablet yang populer digunakan saat ini karena memiliki kecepatan tinggi untuk transfer datanya.

UFS 4.0 memiliki kecepatan hingga 23,2 Gbps per jalur yang lebih besar dibandingkan dengan UFS 3.1. Hal inilah yang membuat Samsung mengklaim bahwa UFS 4.0 sangat ideal untuk digunakan handphone 5G mengingat banyaknya data yang dapat diunduh oleh perangkat tersebut.

Nantinya memori UFS 4.0 ini juga akan membantu memenuhi kebutuhan data aplikasi Augmented Reality dan Virtual Reality yang membutuhkan transfer data dengan kecepatan yang tinggi.

Arsitektur baru yang dihadirkan pada UFS 4.0 dapat menghasilkan efisiensi daya dengan kecepatan baca berurutan mencapai 6 MB/s per milliampere sehingga membuat teknologi memori ini 46% lebih efisian daripada UFS 3.1 yang berarti pengguna akan mendapatkan peningkatan daya tahan baterai pada handphone walaupun kinerjanya lebih cepat.

Dengan menggunakan teknologi Samsung Advanced 7th-generation V-NAND membuat UFS 4.0 dapat memberikan kecepatan baca sekuensial hingga 4,2 GB/s dan kecapatan tulis sekuensial hingga 2,8 GB/s.

Bandingkan dengan UFS 3.1 yang mempunyai kecepatan baca sekuensial maksimum 2,1 GB/s dan kecepatan tulis sekuensial maksimum 1,2 GB/s. Hal ini memperlihatkan bahwa kecepatan transfer data yang dimiliki UFS 4.0 lebih dari dua kali lipat dibandingkan UFS 3.1.

Bahkan Samsung pun telah mengemas modul UFS 4.0 dengan ukuran dimensi maksimum 11mm x 13mm x 1mm untuk penyimpanan 1 TB yang lebih kecil dibandingkan dengan modul UFS 3.1 dengan dimensi 11,5mm x 13mm x 1mm.

Samsung mengatakan bahwa produksi massal UFS 4.0 akan dimulai pada kuartal 3 tahun 2022. Dengan begitu teknologi memori penyimpanan terbaru ini akan muncul di hnadphone paling lambat pada akhir 2022 atau awal 2023 mendatang.

[Sumber: Android Authority, Twitter Samsung]


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar