Tips dan Trik

Cara Melihat WhatsApp Sedang Disadap Atau Tidak Serta Cara Mengatasinya

Cara Melihat WhatsApp Disadap Atau Tidak - Header

Gadgetren – Melihat apakah akun WhatsApp sedang disadap atau tidak kini menjadi salah satu hal yang cukup penting bagi sebagian dari kita untuk memastikan keamanan diri dan orang-orang terdekat.

WhatsApp memang senantiasa meningkatkan layanan termasuk pada sisi keamanannya. Meskipun begitu, masih ada berbagai macam celah yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk melancarkan serangkai aksi.

Tak hanya dari sisi layanan, banyak kasus juga terjadi akibat kesalahan pengguna sendiri. Kita dalam hal ini bisa saja tanpa sadar menyerahkan akun WhatsApp karena tertipu oleh phising, pretexting, hingga scamming.

Untuk memastikan setiap percakapan di dalam WhatsApp aman, kita perlu menempuh serangkai langkah antisipatif di mana termasuk salah satunya dengan melihat apakah akun sedang disadap atau tidak.

Terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk melihat apakah akun WhatsApp sedang disadap atau tidak. Adapun bagi kamu yang belum tahu, berikut sebagian metode untuk melakukan hal tersebut.

Cara Melihat Apakah WhatsApp Sedang Disadap Atau Tidak

Cek Aktivitas Percakapan

Mengecek aktivitas percakapan dapat menjadi langkah pertama yang bisa ditempuh untuk memastikan apakah WhatsApp sedang disadap atau tidak. Sebagian besar interaksi di dalam layanan soalnya bisa dilihat dari penanda tertentu.

Termasuk di antaranya kita dapat mengecek aktivitas dari pesan baru. Seperti apa yang kita tahu bersama, layanan WhatsApp akan memberikan penanda berupa angka dari jumlah kiriman yang belum dibaca pada sebuah percakapan.

Jadi, kita harus sedikit waspada jika ada pesan WhatsApp baru yang belum kita baca tetapi penanda angkanya sudah hilang. Ada kemungkinan seseorang telah membukanya untuk melihat teks secara lebih lengkap.

Selain itu, kita pun dapat mengecek berbagai macam kiriman yang kita buat untuk memastikan WhatsApp kita masih aman. Kita tentu perlu curiga jika ada pesan yang terkirim ke sejumlah percakapan atau grup tanpa sepengetahuan kita.

Meminjam handphone orang lain untuk mengecek status dari akun juga bisa dilakukan. Jika terlihat online padahal kita tidak sedang membuka layanan WhatsApp baik melalui aplikasi maupun web maka perlu sedikit curiga.

Lihat Perangkat yang Terhubung

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) untuk Android atau Settings untuk iOS
    Cara Melihat WhatsApp Disadap Atau Tidak - 1
  3. Pilih menu Linked devices
    Cara Melihat WhatsApp Disadap Atau Tidak - 2
  4. Cek bagian Device Status apakah ada perangkat yang mencurigakan atau tidak

Salah satu media yang sering dipakai untuk memata-matai percakapan di WhatsApp merupakan dukungan web dari layanan. Kita sekarang ini soalnya dapat menghubungkan hingga empat perangkat dengan fitur tersebut.

Terlebih lagi, setiap perangkat akan terhubung secara independen. Jadi seseorang tetap bisa mengakses akun WhatsApp meskipun handphone tidak aktif hingga selama 14 hari tanpa perlu takut akan ter-logout.

Melakukan pengecekan perangkat terhubung seperti cara di atas pun dapat menjadi salah satu langkah untuk memastikan WhatsApp tidak sedang disadap. Apalagi di masa sekarang, tidak ada notifikasi khusus ketika akun sedang dibuka dari web atau aplikasi komputer.

Tinjau Kembali Aplikasi yang Terpasang di Handphone

  1. Masuk ke safe mode sesuai perangkat yang digunakan
  2. Buka halaman Settings
  3. Pilih Apps atau App management
  4. Cari aplikasi yang mencurigakan

Pelaku penyadapan juga sering memanfaatkan aplikasi khusus untuk melancarkan aksinya. Biasanya pemasangan akan dilakukan secara diam-diam saat kita mengunduh berkas dari internet atau menginstal aplikasi-aplikasi dari sumber tak terpercaya.

Untuk mengecek aplikasi-aplikasi ini, kita pun bisa mengikuti cara di atas. Hanya saja perlu diingat bahwa setiap perangkat tentu punya langkah-langkah berbeda untuk mengaktifkan safe mode sehingga kita harus mencari sesuai tipe dan model handphone.

Gunakan Aplikasi Anti-Malware Terpercaya

  1. Pasang aplikasi anti-malware dari toko resmi
  2. Jalankan pemindaian
  3. Lihat hasil pemindaian

Pemindaian aplikasi-aplikasi berbahaya juga bisa dilakukan dengan memakai anti-malware seperti Norton maupun Kaspersky. Layanan tersebut apalagi umumnya akan memberikan perlindungan ekstra karena senantiasa meningkatkan teknologi keamanan serta memperbarui pustakanya.

Cara Mengatasi WhatsApp Disadap

Logout Perangkat Terhubung

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk More options di Android atau Settings di iOS
  3. Pilih menu Linked devices
  4. Cek bagian Device Status
  5. Ketuk pada perangkat yang mencurigakan
    Cara Melihat WhatsApp Disadap Atau Tidak - 3
  6. Klik opsi Log out
    Cara Melihat WhatsApp Disadap Atau Tidak - 4

Mengeluarkan akun dari perangkat yang terhubung tentu perlu dilakukan jika terdapat beberapa hal yang mencurigakan. Dengan begitu, akses ke akun WhatsApp nantinya hanya mungkin dikerjakan melalui handphone atau komputer yang dipercaya.

Hapus Aplikasi Mencurigakan

  1. Aktifkan safe mode sesuai perangkat
  2. Masuk ke halaman Settings
  3. Buka Apps atau Apps management
  4. Cari dan ketuk aplikasi mencurigakan
  5. Ketuk opsi Uninstall

Selain melakukannya melalui fitur safe mode di perangkat, kita juga bisa menemukan, menghapus, dan memblokir spyware (aplikasi mata-mata) dengan memakai aplikasi antivirus atau anti-malware yang terpercaya.

Login Ulang WhatsApp

  1. Backup WhatsApp jika diperlukan
  2. Uninstall aplikasi aplikasi WhatsApp
    Cara Melihat WhatsApp Disadap Atau Tidak - 5
  3. Pasang kembali setelah terhapus
  4. Buka aplikasi
  5. Login ke WhatsApp menggunakan nomor terkait seperti saat menggunakan aplikasi pertama kali
  6. Jangan lupa lakukan verifikasi sesuai petunjuk

Dengan melakukan login ulang, kita nanti dapat mengambil alih akun WhatsApp kembali. Semua perangkat yang tertambat akan ter-logout secara otomatis karena setiap nomor hanya bisa dipakai pada satu handphone.

Factory Reset Handphone

Mengatur ulang handphone ke kondisi awal atau factory reset juga dapat dilakukan untuk mengatasi akun WhatsApp yang disadap, terutama jika proses memata-matai dilakukan memakai aplikasi spyware yang sulit untuk dihapus.

Setiap model handphone sayangnya mempunyai cara berbeda untuk melakukannya. Kita harus memakai langkah-langkah yang tepat supaya berhasil dan perangkat tidak menjadi eror atau rusak.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar