ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Ganti Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Mac Sesuai dengan Keinginan

Cara Ganti Nama AirDrop - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meskipun secara mendasar bakalan senada dengan tipe perangkat Apple yang digunakan, kita tetap bisa mengganti nama fitur AirDrop di iPhone, iPad, maupun Mac sesuai keinginan.

AirDrop memang salah satu fitur eksklusif milik Apple yang cukup membantu untuk berbagai macam berkas data mulai dari foto, dokumen, hingga daftar putar lagu dari satu perangkat ke yang lain secara lebih praktis.

Asalkan perangkat saling berdekatan dengan setelan Bluetooth dan WiFi menyala, proses transfer berkas data menggunakan AirDrop pun dapat berjalan. Kita akan mendapatkan sambungan yang aman dan lebih cepat meskipun dilakukan secara nirkabel.

Hanya saja mirip seperti transfer data melalui Bluetooth, penamaan menjadi cukup penting apalagi saat kita sedang berada di antara banyak perangkat Apple. iPhone atau Mac milik kita tentu saja dapat lebih mudah ditemukan jika memakai nama yang unik.

Mengganti nama AirDrop untungnya cukup mudah untuk dilakukan. Walaupun dalam hal ini, kita memang harus mengubah nama perangkat itu sendiri di mana kurang lebih bisa dilakukan sebagaimana berikut.

Cara Mengganti Nama AirDrop

Di iOS atau iPadOS

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke menu General
  3. Klik setelan About
  4. Tekan opsi Name
  5. Ketuk tombol Clear (ikon silang)
  6. Ubah nama sesuai kebutuhan

Cara mengganti nama AirDrop di atas berlaku untuk beberapa perangkat seluler Apple mulai dari iPhone, iPad, atau iPod Touch. Sementara untuk komputer perlu cara lain yang untungnya sama mudah untuk dilakukan.

Di MacBook

  1. Klik Apple menu di halaman utama komputer
  2. Pilih menu System Preferences
  3. Ketuk Sharing
  4. Ketuk ikon gembok jika terkunci lalu buka kunci panel preferensi
  5. Ketuk kolom Computer Name
  6. Ubah sesuai keinginan

Sebagai tambahan informasi, ada tiga langkah yang bisa ditempuh jika panel preferensi terkunci. Kita di antaranya bisa memasukkan username dan password administrator, gunakan fitur Touch ID, atau ketuk dua kali Side Button Apple Watch sesuai setelan yang diterapkan.

Selain itu, pengaturan di atas berlaku untuk iOS, iPadOS, dan MacOS generasi anyar. Jadi kemungkinan kamu perlu menyesuaikan beberapa tahapannya jika menggunakan versi lebih lawas dengan tampilan antarmuka menu yang sedikit berbeda.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar