Berita

Mulai Siapkan IPO Internasional, Saham GoTo Meningkat di Pencatatan Perdananya

GoTo-BEI-1

Gadgetren – Akhirnya saham perusahaan Gojek dan Tokopedia atau PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo) telah resmi diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) per tanggal 11 April ini.

Setelah resmi diperdagangkan di BEI, saham GoTo dari harga awalnya Rp338 per lembar naik dan sempat menyentuh 18 persen ke angka kisaran Rp380-400 per lembar saham. Harga saham GoTo juga sempat naik ke angka Rp 412 sekitar lima menit setelah diperdagangkan.

Menurut pantauan tim Gadgetren saham GoTo pada siang ini, saham GoTo naik menyentuh 14-15 persen ke angkat kisaran Rp388-390. Namun demikian, kenaikan harga ini tidak bisa dikatakan akan tetap stabil atau tidak ketika perdagangan ditutup hari ini sehingga bisa naik turun dengan seiring berjalannya waktu.

Mengacu pada dokumen BEI, GoTo akan melepas 40,61 miliar saham seri A dengan nominal 1 rupiah ke masyarakat. Adapun total dana segar yang akan diraih perusahaan diperkirakan mencapai 13,72 triliun rupiah. Merujuk pada total sahamnya, kapitalisasi pasar GoTo diprediksi akan mencapai Rp 400,31 triliun. Angka ini menjadikan GoTo sebagai perusahaan teknologi dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat di BEI.

Jumlah saham sebelumnya ketika pertama kali diumumkan oleh GoTo berbeda pada hari ini ketika diperdagangkan di BEI. Andre Sulistyo selaku CEO Grup GoTo mengatakan bahwa GoTo memiliki neraca yang kuat.

“Penentuan lembar saham ini tidak terlepas dari pertimbangan manajemen juga, harus mementingkan banyak stakeholder, karyawan, investor, dan lainnya,” ujarnya. Menariknya, berdasarkan jumlah dana yang dihimpun, IPO GoTo merupakan IPO terbesar ketiga di Asia dan kelima di dunia untuk tahun 2022.

IPO GoTo juga telah memiliki partisipasi sekitar 300.000 investor dalam proses penawaran umum saham. Angka tersebut menjadi rekor partisipasi tertinggi investor pada proses IPO dalam sejarah pasar modal Indonesia.

GoTo-BEI-3

Setelah di Indonesia, GoTo juga akan berencana memperdagangkan sahamnya ke internasional. Andre mengungkapkan bahwa keputusan IPO internasional belum final namun pihaknya telah melakukan beberapa persiapan.

“Waktunya kapan belum final, kami melihat pergerakan pasar di market tersebut, tapi persiapan dilakukan dan pada momentum yang tepat akan kami ambil dan eksekusikan,” terangnya. Untuk membeli saham GoTo, investor bisa melalui beberapa platform jual beli saham seperti pada halaman e-ipo.co.id, Stockbit, Ajaib, dan IPOT.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar