ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Bersihkan File Sampah di HP vivo Jika Sudah Terlalu Banyak

Cara Bersihkan File Sampah di HP vivo Header

Gadgetren – File sampah menjadi salah satu penyebab kapasitas penyimpanan internal pada ponsel vivo menjadi cepat penuh.

Secara bawaan pada ponsel vivo terbaru maupun generasi lama sudah dihadirkan tools bernama iManager yang fungsinya dapat menghapus file sampah secara cepat dan mudah.

Nantinya pada saat menggunakan aplikasi iManager, kamu dapat menggunakan fitur bernama Space cleanup yang secara otomatis mendeteksi file mana saja yang dianggap sebagai sampah atau tidak dibutuhkan lagi.

Gunakan Aplikasi iManager

  1. Buka aplikasi iManager.
  2. Pada halaman utama, pilih Space cleanup.
  3. Tunggu proses pemindaian file sampah selesai.
  4. Tekan tombol Clean up all
  5. Muncul besaran data yang dibersihkan dengan tulisan Cleaned up [ukuran file sampah]. Misalnya Cleaned up 5.13 GB

Dengan aplikasi iManager, tentunya kamu dapat menghapus file sampah secara mudah tanpa perlu repot mencarinya terlebih dulu. Terdapat tiga jenis berkas sampah yang dihapus meliputi cache yang tidak terpakai, berkas sementara, maupun log file.

Kamu juga dapat menekan tombol View details di bagian atas tombol Clean up all untuk melihat lebih rinci file sampah atau apa saja yang sudah dipindai oleh sistem sehingga dapat dipilih terlebih dulu apabila nantinya menurut kamu masih diperlukan.

Menariknya lagi, ponsel vivo telah menjadikan aplikasi Files by Google menjadi aplikasi bawaan untuk mengelola beragam jenis berkas dengan mudah. Dengan begitu, kamu dapat secara langsung memanfaatkan fitur Clean untuk menghapus file sampah.

Hapus Dari Files by Google

  1. Buka aplikasi Files di ponsel vivo.
  2. Pada halaman utama, tekan tombol More berikon tiga garis di bagian kiri atas.
  3. Pilih opsi Clean.
  4. Pada bagian Junk files, tekan tombol Clean.
  5. Pada menu pop-up Clear temporary app files, tekan tombol Clear.
  6. Saat selesai akan muncul notifikasi Already Clean.

Bisa dibilang aplikasi iManager maupun Files by Google akan memindai file sampah secara otomatis dengan metodenya masing-masing. Dengan begitu, kamu dapat mengkombinasikan kedua aplikasi ini untuk menghapus file secara lebih mendalam.

Selain menggunakan kedua aplikasi di atas, kamu juga sebenarnya dapat menghapus cache dari aplikasi yang terpasang di ponsel vivo. Cache sendiri berfungsi untuk mempercepat pembukaan kembali aplikasi yang telah diakses.

Namun apabila file Cache semakin menumpuk, maka tidak masalah jika ingin dihapus agar tidak menghabiskan kapasitas penyimpanan internal dari ponsel vivo karena nantinya Cache akan dibuat kembali dari awal.

Bersihkan Cache Aplikasi

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih opsi Apps.
  3. Tekan tombol See all apps untuk melihat semua aplikasi.
  4. Cari dan pilih aplikasi yang diinginkan.
  5. Pada halaman App info, pilih menu Storage & cache.
  6. Tekan tombol clear cache.
  7. Besaran cache akan berubah menjadi 0 B

Cache memang memiliki kegunaan, namun masih aman untuk dihapus. Dengan begitu kamu bisa menghapus cache secara berkala karena biasanya akan muncul kembali dan terus menumpuk ketika kamu sering membuka aplikasi.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar