Review Smartwatch

Review OPPO Watch Free – Tahan Lama dan Banyak Fitur

OPPO Watch Free Feature

OPPO Watch Free merupakan smartwatch baru dari OPPO yang hadir pada tahun 2022 di Indonesia. Produk ini membawa bentuk persegi panjang, bodi yang ramping, dan bobot yang ringan sehingga terasa nyaman ketika disematkan pada pergelangan tangan.

Dibanderol dengan harga Rp 1.399.000 di tanah air, OPPO Watch Free sudah didukung beragam fitur yang dapat digunakan untuk memantau aktivitas kesehatan dan kebugaran sehari-hari dari penggunanya.

Smartwatch ini pun sudah dilengkapi fitur yang cocok untuk masa pandemi COVID-19 yakni SpO2 yang memungkinkan pemantauan kadar oksigen dalam darah dari penggunanya. Selain itu, OPPO Watch Free juga dapat digunakan mengecek aktivitas tidur, mendeteksi detak jantung, dan masih banyak lagi.

OPPO Watch Free
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.2/10

Ringkasan

OPPO Watch Free merupakan smartwatch baru dari OPPO yang hadir dengan dukungan SpO2, pengukur kualitas tidur serta dengkuran, daya tahan baterai lama, dan layar AMOLED.

Pros

  • Layar AMOLED yang terang dan tajam
  • Daya tahan baterai lama
  • Pengisian daya cepat
  • Performa lancar
  • SpO2
  • Pengukuran aktivitas tidur dan dengkuran

Cons

  • Model tali jam tidak umum
  • Kabel charger khusus

OPPO Watch Free yang hadir di Indonesia memiliki dua varian yang terdiri dari Vanila dan Hitam. Saya sendiri berkesempatan untuk mencoba smartwatch ini yang berwarna Vanila dengan frame yang berwarna emas.

OPPO Watch Free X Wallpaper

Kombinasi warna yang dibawa oleh bodi OPPO Watch Free ini saya rasa menawan, apalagi strap atau tali yang ditawarkan berwarna Vanila. Meskipun desainnya lebih mengarah untuk wanita, namun saya merasa bahwa produk ini masih terlihat cocok ketika digunakan oleh pria.

Dengan bentuk persegi panjang, OPPO Watch Free memiliki dimensi 46 x 29,7 x 10,6 mm dan bobot 32,6 gram. Sementara strap dari produk ini menggunakan bahan silikon dengan panjang 130 – 205 mm.

Meskipun talinya mudah untuk digonta-ganti dengan memencet pada bagian ujung masing-masing tali, namun model tali dari OPPO Watch Free ini memiliki bentuk khusus untuk pengaitnya sehingga tidak dapat ditukar dengan tali jam lain pada umumnya.

Pada saat disematkan di pergelangan tangan, saya merasa bahwa OPPO Watch Free ini kokoh dan ringan sehingga terasa nyaman ketika digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

OPPO Watch Free menyajikan layar AMOLED 1,64 inci dengan resolusi 280 x 456 piksel dan 16,7 juta warna yang dapat menampilkan konten berwarna dengan tajam serta jernih. Bahkan saya pun masih dapat melihat berbagai informasi pada layar smartwatch ini walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

OPPO Watch Free Classic

Saya sendiri dapat langsung menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai kebutuhan langsung di smartwatch ini mulai dari rendah, menengah, tinggi, hingga otomatis. Apabila sedang berada di kondisi redup atau minim cahaya, saya langsung mengubahnya ke tingkat kecerahan rendah.

Namun jika sedang berada di bawah terik matahari atau tempat yang memiliki cahaya berlimpah, maka biasanya saya menggunakan tingkat kecerahan menengah atau tinggi. Meskipun tingkat kecerahannya dapat menyesuaikan sesuai kondisi sekitar, namun saya merasa bahwa mode otomatisnya terasa boros baterai.

Saya dapat melakukan navigasi perpindahan dan pemilihan antar menu langsung pada layar. Namun, saya perlu menyesuaikan diri terlebih dulu dalam beberapa hari untuk mengetahui cara kerja gesture di layar OPPO Watch Free karena tidak memiliki tombol fisik sama sekali.

Smartwatch ini dapat terhubung dengan handphone menggunakan koneksi Bluetooth hingga jarak 10 meter. Aplikasi HeyTap Health dapat diinstal di handphone berbasis Android atau iPhone untuk membantu konfigurasi pengaturan OPPO Watch Free dan juga pengambilan data aktivitas kesehatan maupun kebugaran.

OPPO Watch Free Watch Face

Secara bawaan, saya dapat memilih lebih dari 40 Watch Face untuk OPPO Watch Free yang telah disediakan OPPO di aplikasi HeyTap Health. Terdapat tiga fitur yang membuat saya dapat membuat Watch Face dengan dinamis seperti AI Outfit, Pattern, dan Photos.

AI Outfit ini memungkinkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) membuat Watch Face dengan latar belakang yang dibuat dari pola warna yang saya foto. Misalnya saya memotret baju dengan warna hijau, maka AI akan membuat dan memberikan sugesti beberapa Watch Face yang telah dibuat.

Selanjutnya, Pattern mengizinkan saya membuat Watch Face dengan pola garis atau ornamen bentuk yang telah dibuat. Bisa dibilang Pattern ini memiliki desain yang mirip dengan tampilan seperti mode Always on Display di handphone OPPO.

Selanjutnya, Photos membuat saya dapat memasukkan wallpaper pada Watch Face di OPPO Watch Free dengan menggunakan gambar maupun foto sendiri yang telah tersimpan di handphone.

OPPO Watch Free Watch Face AI

Dengan hadirnya tiga fitur dinamis ini membuat saya dapat membuat Watch Face dengan berbagai kombinasi unik. Perlu dicatat bahwa Watch Face ini bisa berisikan berbagai informasi yang terdiri dari jam, tanggal, hari, jumlah kalori terbakar, persentase baterai, jumlah langkah kaki, dan lainnya.

Saya dapat memutar pergelangan tangan agar layar OPPO Watch Free berpindah dari kondisi istirahat ke menyala. Saya juga dapat menggeser atau swipe layar dari kiri ke kanan layar agar halaman Watch Face berpindah halaman menu.

Pada halaman menu terdapat berbagai menu yang dapat saya pilih seperti pemantau aktivitas tidur, latihan olahraga, pengukur SpO2, detak jantung, cuaca, aktivitas harian, penanda waktu, alarm, stopwatch, waktu minum, pengendali musik di handphone, pengendali tombol shutter kamera di handphone, flashlight, pencari handphone, dan pengaturan.

Terdapat lebih dari 100 mode latihan olahraga yang dapat saya pilih dan aktifkan di OPPO Watch Free seperti berjalan, berlari, marathon, lompat tali, bersepeda, bulu tangkis, cricket, yoga, berenang, dan masih banyak lagi.

Sensor akselerasi enam sumbu dan sensor giroskop memungkinkan OPPO Watch Free dapat mendeteksi gerakan pergelangan tangan saya sehingga dapat memantau langkah kaki maupun gerakan ketika aktivitas olahraga dimulai.

OPPO Watch Free ini juga sudah dibekali dengan GPS sehingga aktivitas olahraga, seperti berjalan, berlari, bersepeda, dan lainnya dapat memunculkan garis lokasi tujuan hingga akhir pada peta.

Dengan hadirnya sensor oksigen darah optik pada bagian bawah bodi OPPO Watch Free memungkinkan saya bisa melakukan pengecekan kadar oksigen dalam darah. Sementara sensor detak jantung optik pun dapat digunakan untuk mendeteksi detak jantung maupun kualitas tidur.

OPPO Watch Free Activity

Tidak hanya dapat merekam aktivitas tidur, OPPO Watch Free ini pun dapat memonitor apakah saya melakukan dengkuran atau tidak. Nanti hasilnya akan ditampilkan beserta saran agar menjaga kualitas tidur dengan baik pada aplikasi HeyTap Health.

Hampir semua aktivitas kebugaran maupun kesehatan yang dilakukan pada OPPO Watch Free dapat dipantau secara lengkap di aplikasi HeyTap Health yang berada di handphone.

Dengan baterai 230mAh, OPPO mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan selama 14 hari dalam pemakaian normal. Namun pada saat saya menggunakannya, OPPO Watch Free mampu bertahan selama 8 hari 9 jam 30 menit dari kondisi 100% ke 2% dalam penggunaan untuk berbagai aktivitas termasuk aktifnya fitur pemantau kualitas tidur, pendeteksi detak jantung, SpO2, dan olahraga menggunakan GPS.

OPPO Watch Free Battery

Dalam boks OPPO Watch Free terdapat kabel khusus dengan dua pin magnetis untuk mengisi daya baterai OPPO Watch Face. Untuk adaptornya dapat menggunakan adaptor handphone. Dengan fitur VOOC Flash Charge, daya perangkat ini dapat terisi dari 2% ke 100% dalam waktu 1 jam 21 menit atau 81 menit.

Meskipun daya tahannya berada beberapa hari di bawah klaim OPPO, namun saya sendiri merasa bahwa OPPO Watch Free ini mampu bertahan lama. Sementara ketahanan baterai dari setiap pengguna akan berbeda-beda tergantung dari masing-masing kebiasaan penggunaan.

Smartwatch ini telah hadir dengan kemampuan bertahan terhadap air hingga kedalaman 5 ATM atau 50 meter. Pada saat saya menggunakannya dalam kondisi gerimis pun, OPPO Watch Free masih dapat digunakan secara normal.

OPPO Watch Free with Box

Sejauh pemakaian lebih dari seminggu, saya merasa nyaman OPPO Watch Free menjadi perangkat yang menunjang aktivitas kesehatan maupun kebugaran saya. Apalagi tampilan layar dari smartwatch ini terlihat jernih dan tajam sehingga membuat mata saya nyaman.

Daya tahan baterainya pun terasa lama sehingga saya tidak perlu sering melakukan pengecasan. Sementara saya dapat memilih atau mengatur Watch Face sesuai selera sehingga menjadi tidak bosan ketika menggunakan produk ini.

Meskipun menarik, namun OPPO Watch Free ini menggunakan strap atau tali dengan model khusus sehingga mempunyai ketersediaan yang terbatas oleh OPPO. Selain itu, kabel charger dari perangkat ini pun tidak universal sehingga kamu perlu membawanya apabila ingin melakukan pengecasan.

Harga dan Spesifikasi OPPO Watch Free

Dimensi & Berat46 x 29,7 x 10,6 mm, 32,6 gram
WarnaVanila, Hitam
LayarAMOLED 1,64″, 280 x 456 piksel, 16,7 juta warna
GPSGPS
Ketahanan Air5 ATM
SensorAkselerasi enam sumbu & giroskop, sensor detak jantung optik, sensor oksigen darah optik, sensor cahaya sekitar
HargaRp1.399.000

Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar