Berita Game

Total Hadiah Ratusan Juta Rupiah, Turnamen Lokapala Jawara Nusantara Digelar

Turnamen-Esports-Lokapala-Jawara-Nusantara

Gadgetren – Telkomsel bersama INDICO dan Melon Indonesia dikabarkan tengah menyelenggarakan turnamen esports games lokal bertajuk Lokapala Jawara Nusantara yang berlangsung hingga 1 April 2022.

Adapun turnamen Lokapala Jawara Nusantara akan mempertandingkan antara tim pro players Lokapala dengan ribuan players lokal di 43 kota untuk memperebutkan total hadiah mencapai Rp 100 jutaan.

Lokapala merupakan game lokal yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan Melon Indonesia. Game ini bergenre MOBA atau Multiplayer online battle arena di mana menampilkan pertarungan antar pemain dalam satu arena secara daring.

Sebelumnya, Lokapala pernah dipertandingkan dalam ajang olahraga nasional PON XX Papua sebagai pertandingan persahabatan. Sementara Lokapala Jawara Nusantara turut didukung oleh Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Setelah melewati proses pendaftaran turnamen Lokapala Jawara Nusantara yang dibuka sejak tanggal 4-20 Maret 2022, kemudian para peserta akan mengikuti rangkaian babak kualifikasi yang berlangsung pada 23-24 Maret 2022.

Dalam babak kualifikasi, seluruh peserta akan dibagi menjadi delapan grup yang mana di setiap grupnya terdiri dari 28-30 tim untuk bersaing menjadi yang terbaik. Selanjutnya akan ada sebanyak 16 tim yang diambil dari peringkat dua teratas setiap grup yang berhak maju ke babak Golden Ticket untuk memperebutkan empat kursi di grand final.

Empat tim yang lolos akan bertanding bersama empat tim pro players Lokapala dengan sistem grup di partai final Jawara Nusantara pada 1 April 2022 mendatang untuk memperebutkan peringkat teratas. Seluruh rangkaian turnamen Lokapala Jawara Nusantara bisa disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Dunia Games.

Turnamen-Esports-Lokapala-Jawara-Nusantara-1.

Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel menyampaikan bahwa Telkomsel berharap turnamen ini dapat mengoptimalkan potensi Lokapala sebagai games lokal yang menyajikan keseruan mobile gaming serta mendukung penguatan literasi budaya bangsa karena menonjolkan beragam unsur sejarah dan kebudayaan asal Indonesia melalui penamaan hingga visualisasi.

Dalam kesempatan yang sama Andi Kristianto selaku CEO INDICO mengatakan bahwa pihaknya melihat adanya potensi untuk menjadikan kekuatan industri game lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

“Turnamen Lokapala Jawara Nusantara ini menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan mimpi itu. Kolaborasi seluruh pihak dalam turnamen ini akan semakin memperkuat misi bersama membuka peluang bagi kreator dan talenta lokal untuk berkontribusi dalam industri game nasional yang dalam skala makro akan memajukan ekonomi kreatif dan ekonomi digital Indonesia,” ujarnya.

Kemudian, Diana Paskarina selaku COO Anantarupa mengungkapkan saat ini Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mempunyai game esports sendiri, yaitu Lokapala. Baginya turnamen Lokapala Jawara Nusantara 2022 memberikan peran penting dalam pertumbuhan industri game nasional dan ekosistem esports di Indonesia.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar