Smartphone

Mengenal MIUI 12.5 Enhanced Edition, Versi Baru dengan Berbagai Peningkatan Cerdas

MIUI 12 5 Enhanced Feature

Gadgetren – Bagi kamu pengguna handphone Xiaomi, tentunya telah mengenal sistem operasi MIUI yang menawarkan perubahan tampilan dan fitur dibandingkan Android murni.

Xiaomi pun terus berusaha menampilkan tampilan antarmuka dan fitur menarik pada MIUI agar pengguna tidak cepat bosan saat melakukan berbagai aktivitas.

Beberapa waktu lalu, Xiaomi bahkan sudah meluncurkan MIUI 12.5 Enhanced Edition untuk beberapa handphone buatannya. Membawa kata Enhanced Edition di belakangnya tentu memiliki arti tersendiri.

Sistem operasi modifikasi ini merupakan peningkatan dari MIUI 12.5 Stable Edition yang sebelumnya sudah dirilis pada bulan Desember 2020 silam.

Mengenal MIUI 12.5 Enhanced Edition

Sebagai sistem operasi modifikasi Xiaomi terbaru, MIUI 12.5 Enhanced Edition tentunya mengalami beragam peningkatan dibandingkan versi standarnya. Namun kali ini Xiaomi fokus pada beberapa aspek meliputi konsumsi daya baterai, kinerja, hingga tambahan fitur lainnya.

Atomized Memory

Atomized Memory memungkinkan RAM digunakan secara lebih optimal dibandingkan dengan MIUI 12.5 versi standar. Berkat fitur ini, handphone Xiaomi dapat menyimpan lebih banyak aplikasi di latar belakang (background) yang nantinya membuat aplikasi dapat lebih cepat terbuka apabila diakses kembali.

Liquid Storage

Liquid Storage dihadirkan untuk mengoptimalkan penyimpanan pada handphone Xiaomi. Liquid Storage diklaim akan membuat penyimpanan mengalami penurunan performa dan kecepatan baca/tulis hanya sebesar 5% saja setelah digunakan selama 36 bulan.

MIUI 12 5 Enhanced Performance

Smart Balance

Xiaomi mengklaim bahwa Smart Balance dapat meningkatkan performa dari handphone sesuai dengan hardware yang diusungnya. Bahkan fitur ini mampu membuat perangkat Xiaomi mengonsumsi rata-rata daya 10% lebih rendah dibandingkan MIUI 12.5.

Focused Algorithms

Algoritma yang dikembangkan oleh Xiaomi ini mampu mempelajari dan mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan kebiasaan penggunaan sehingga dapat menunjang aktivitas secara lebih lancar.

Berkat algoritma ini, sistem akan memprioritaskan aplikasi maupun aktivitas yang sering dilakukan oleh pengguna. Nantinya penggunaan prosesor akan berkurang dan konsumsi energi akan dibuat lebih efisien secara otomatis oleh sistem.

Fitur Tambahan

Pengguna MIUI 12.5 Enhanced Edition pun dapat menghapus atau uninstall aplikasi bawaan seperti Mi Calculator, Weather, Downloads, Themes, dan Mi File Manager. Sementara itu, aplikasi bawaan lainnya yang meliputi Mi Music, Themes, Mi Video, Downloads, dan Mi File Manager juga dapat disembunyikan oleh pengguna jika diinginkan.

Daftar Handphone yang Dapat MIUI 12.5 Enhanced Edition

Berdasarkan informasi dari Xiaomi, update MIUI 12.5 Enhanced Edition versi global untuk tahap pertama akan diluncurkan di kuartal IV tahun 2021 antara bulan Oktober hingga Desember 2021 pada beberapa handphone.

Handphone yang termasuk pada tahap pertama meliputi Mi 10, Mi 10 Pro, Mi 10T, Mi 10T Pro, Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11i, Mi 11X Pro, dan Mi 11X.

Sementara berdasarkan bocoran lain yang beredar, Xiaomi pun akan menghadirkan update sistem operasi terbaru ini dalam beberapa bulan ke depan untuk perangkat lain, seperti Redmi Note 10, Redmi Note 10 Pro, Redmi Note 10 Pro Max, Redmi Note 10S, Redmi Note 10T, Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 8 Pro, POCO M3 Pro 5G, dan POCO M3.

Tinggalkan Komentar