Aplikasi Berita

Instagram Hentikan IGTV dan Hadirkan Fitur Caption Otomatis Untuk Video

Instagram

Gadgetren – Jejaring sosial Instagram baru-baru ini kembali menghadirkan pembaruan berupa fitur Caption otomatis berupa subtitle atau teks dalam video di IG Feed.

Informasi ini disampaikan oleh Adam Mosseri selaku Head of Instagram melalui cuitan akun Twitter milik pribadinya. Lebih jauh, Mosseri menjelaskan bahwa Caption otomatis bisa diatur oleh pengguna bila ingin menghilangkan subtitle atau teks maupun memunculkan dalam video di IG Feed.

Mosseri menambahkan bahwa alasan pihaknya memberikan fitur baru ini sudah direncanakan sejak lama dan baru sekarang bisa digulirkan. Fitur ini merupakan alat baru yang sebenarnya untuk mendukung teman disabilitas dalam hal ini tunarungu agar dapat dengan mudah bermain IG.

Menurut cuitan Twitter  milik Instagram soal pemberitahuan fitur ini menyebutkan bahwa saat ini fitur Caption otomatis menyediakan 17 bahasa termasuk Indonesia di dalamnya dan ke depannya akan bertambah lagi bahasa yang didukung.

“Dengan fitur ini akan mempermudah pengguna yang berada di komunitas tunarungu mengakses Instagram. Kamu tinggal pilih untuk mengaktifkannya atau menonaktifkan teks,” tulis admin Instagram.

Fitur ini baru tersedia di wilayah Amerika Serikat dan sekitarnya dan akan hadir di negara lainnya secara bertahap termasuk Indonesia yang saat ini belum kebagian. Sementara untuk mengaktifkan fitur Caption otomatis ini, pengguna hanya perlu memilih menu Advanced Settings ketika sedang ingin mengunggah video dan mengaktifkan fitur Show Captions.

Setelah itu, subtitle atau teks akan ditampilkan ke dalam video secara otomatis dengan catatan dukungan bahasanya sudah tersedia. Fitur ini juga bisa digunakan pada saat pengguna sedang melihat-lihat video di IG dengan memilih menu ikon tiga titik yang ada di tiap postingan video IG.

Fitur-Caption-Instagram

Kemudian bisa memilih Manage Options dan mengaktifkan fitur Caption untuk menampilkan subtitle atau teks di video di IG Feed yang sedang ditonton. Selain fitur Caption otomatis, pembaruan lainnya ialah datang pada aplikasi IGTV yang sebelumnya tersedia secara mandiri.

Instagram secara resmi akan mulai menghapus aplikasi IGTV dari toko aplikasi pada pertengahan Maret 2022. Aplikasi yang digarap perusahaan induk bernama Meta ini dihentikan dengan alasan untuk mengoptimalkan Reels dan IG Stories. 

Penghapusan aplikasi IGTV juga bagian dari upaya Meta untuk membuat video sesederhana mungkin yang bisa ditemukan dan dibuat oleh pengguna. Setelah IGTV dihapus, Meta kabarnya akan fokus pada semua video di aplikasi utama Instagram.

IGTV-Dimatikan

“Kami yakin ini akan mempermudah orang-orang untuk memiliki semua fitur dan kemampuan ini di aplikasi utama dan bersemangat untuk terus menyederhanakan dan meningkatkan video di aplikasi utama Instagram selama beberapa bulan mendatang,” tulis Meta dalam blog Instagram.

Tak lupa secara otomatis, iklan yang hadir di IGTV pun akan terhapus. Meta akan mulai menguji pengalaman iklan baru di Instagram yang memungkinkan pengguna memperoleh pendapatan dari iklan yang ditampilkan halaman mereka.

Pengguna yang secara aktif mulai memonetisasi dengan iklan video In-Stream maka akan menerima pembayaran bulanan sementara berdasarkan penghasilan yang baru.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar