Mading

Apa Itu Affiliate dan Affiliator yang Kini Bisa Jadi Sumber Penghasilan?

Apa Itu Affiliate dan Affiliator - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dengan berkembangnya industri internet, metode pemasaran produk pun semakin variatif karena muncul berbagai inovasi baru seperti program affiliate yang bisa menguntungkan para affiliator.

Perkembangan industri internet memang telah membuka banyak jalan. Salah satu di antaranya dapat memanfaatkan berbagai macam dukungan dari teknologi tersebut untuk memasarkan produk secara digital.

Kita selaku pengguna biasa pun bisa kecipratan hasilnya. Selain mudah mendapatkan produk yang diinginkan, kita juga bisa memperoleh pundi-pundi mata uang sebagai sumber pendapatan pasif karena hal itu.

Program affiliate menjadi salah satu buktinya. Bahkan hingga sekarang, sudah banyak affiliator yang mampu meraup keuntungan dari model kerja sama pemasaran produk seperti ini meskipun sebagian di antara kita masih belum mengenalnya.

Lalu apa itu affiliate dan affiliator? Bagi kamu yang mungkin baru mendengar dan belum mengetahui maksudnya, berikut penjelasan singkat mengenai salah satu model pemasaran produk ini.

Apa Itu Affiliate dan Affiliator?

Affiliate

Istilah affiliate sebenarnya dapat merujuk ke banyak arti. Namun di industri internet secara khusus biasanya mengacu pada affiliate marketing, yakni sebuah program kerja sama pemasaran produk berupa barang maupun jasa berbasis kinerja.

Kita yang bergabung dalam program affiliate seperti ini biasanya hanya perlu mempromosikan produk ke layanan digital. Adapun kita bisa melakukannya baik itu melalui situs web, blog, email, atau bahkan media sosial.

Dari setiap produk yang dipromosikan, kita nantinya berkesempatan untuk memperoleh komisi. Hanya saja jumlah maupun persyaratannya bakal berbeda-beda tergantung apa yang ditetapkan oleh perusahaan di dalam program terkait.

Secara umum, ada tiga model pemberian komisi dalam hal ini di mana biasanya didasarkan pada kunjungan ke halaman produk, transaksi pembelian, maupun jumlah orang yang mau bergabung (atau sekedar mengisi formulir) di dalam layanan.

Untuk mempromosikan produk, kita biasanya akan memperoleh tautan atau kode referral yang bisa dibagikan ke situs web, blog, email, maupun media sosial. Komisi pun hanya akan diberikan jika seseorang menggunakannya.

Affiliator

Affiliator adalah orang-orang yang bergabung dalam program affiliate. Secara sederhana, affiliator yang berusaha untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan berbagai produk dari perusahaan terkait.

Sekarang, siapa pun dapat menjadi affiliator selama mereka mempunyai media untuk mempromosikan produk. Kita hanya perlu mendaftarkan diri ke dalam program affiliate seperti TikTok Shop Affiliate atau Shopee Affiliate.

Namun perlu diingat bahwa orang-orang dengan jumlah pembaca situs web maupun interaksi media sosial lebih tinggi tentu akan memperoleh lebih banyak keuntungan. Jadi kita tetap perlu berusaha untuk memaksimalkan media promosi yang digunakan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar