ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

VIDA Gandeng DocuSign Perluas Pasar Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi di Indonesia

VIDA-x-DocuSign-Header

Gadgetren – VIDA yang mana adalah penyelenggara sertifikasi elektronik yang memiliki legalitas resmi di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika dikabarkan telah menjalin kerja sama dengan platform DocuSign di Indonesia.

Kerja sama ini sejalan dengan terus bertumbuhnya permintaan pasar terkait penggunaan tanda tangan elektronik tersertifikasi di Indonesia. Tanda tangan elektronik kini banyak dipilih oleh perusahaan untuk melengkapi dokumen mereka karena dianggap sederhana dan tidak membutuhkan proses manual seperti tanda tangan basah atau print.

DocuSign sendiri merupakan platform tanda tangan dokumen penting yang belum memiliki standar sertifikasi seperti VIDA sehingga dengan kolaborasi ini setiap dokumen yang diajukan oleh pengguna DocuSign mendapatkan jaminan legal berupa kepastian hukum.

Hal ini disampaikan oleh Ahmad Taufik selaku Head of Product VIDA kepada tim Gadgetren dalam acara peluncurannya. Lebih jauh, Ahmad mengungkapkan bahwa VIDA dan DocuSign dalam hal ini membangun produk dan layanan yang saling terhubung.

Melalui pemaparannya, pengguna DocuSign bisa langsung mendaftarkan dokumennya ke platform DocuSign dan secara otomatis dalam lembar pengisian akan menampilkan pilihan tanda tangan eletronik tersertifikasi di bawah VIDA agar dokumen perusahaan mendapatkan perlindungan baik dari sisi keaslian maupun data-data yang ada di dalamnya aman.

“VIDA dibangun secara cloud ready product sehingga bagi siapa pun yang menggunakan layanan ini tidak perlu menyediakan infrastruktur sendiri dan bekerja sama dengan pemain global DocuSign memastikan pengguna mereka di Indonesia bisa diterima secara legal,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Ahmad menjelaskan tanda tangan elektronik yang ada pada dokumen di mana dibuat di platform DocuSign kini bisa dipercaya legalitasnya di Indonesia. Legalitas tersebut bisa dibuktikan karena VIDA sudah terdaftar dalam regulasi pemerintah.

Untuk perusahaan yang ingin mendapatkan tanda tangan elektronik tersertifikasi dari VIDA di DocuSign, menurut Olivia Abdar selaku Head of Inside Sales VIDA mengatakan perusahaan atau pengguna bisa menghubungi pihaknya dan VIDA akan bertanya lebih lanjut berapa pengguna yang membutuhkan tanda tangan elektronik tersertifikasi dari VIDA.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar