Smartphone

Ini Sejarah OPPO Reno dengan Dukungan 5G di Indonesia, Pertama Kali Muncul di 2019

OPPO Reno5 5G Diagonal

Sejak 27 Mei 2021 silam, Indonesia resmi didukung jaringan 5G dari Telkomsel di beberapa wilayah. Selanjutnya, Indosat Ooredoo dan XL Axiata pun turut mengikuti jejak operator plat merah tersebut.

Hal inilah yang membuat perusahaan teknologi seperti OPPO semakin gencar meluncurkan beragam perangkat 5G untuk menyasar berbagai segmen dari kelas bawah, menengah, hingga atas di Indonesia.

Jika ditelusuri ke belakang, seri OPPO Reno 5G generasi pertama dipercaya menjadi salah satu perangkat untuk uji coba jaringan 5G pada November 2019 silam di Tanah Air.

Meskipun tidak dijual resmi di Indonesia, namun OPPO Reno 5G menjadi saksi sejarah perkembangan jaringan 5G di Tanah Air. Bahkan pada saat tersebut, handphone tersebut digunakan untuk menguji kecepatan jaringan percobaan 5G Telkomsel di Batam.

Hasilnya, OPPO Reno 5G berhasil mendapatkan kecepatan download tinggi mencapai 1.276 Mbps. Namun kecepatan upload baru mencapai 87,1 Mbps saja. Hal ini wajar mengingat pada saat itu hanya untuk percobaan dan belum tersedia jaringan 5G resmi di Indonesia.

OPPO Reno 5G

OPPO 5G Speed

OPPO Reno 5G merupakan handphone yang mempunyai desain, spesifikasi hardware, dan fitur yang identik dengan Reno 10x Zoom.

Namun berkat hadirnya modem-RF System Qualcomm Snapdragon X50 5G membuat OPPO Reno 5G mampu mendukung konektivitas jaringan 5G dengan kecepatan download maksimal 2 Gbps dan upload hingga 316 Mbps.

Dengan hadirnya dukungan Reno 5G untuk percobaan di Batam tersebut menunjukkan bahwa OPPO menjadi salah satu perusahaan teknologi yang sudah siap mendukung jaringan 5G di Indonesia dari sejak dulu.

OPPO Reno5 5G

OPPO Reno5 5G Feature Vertical

Meskipun Reno3 5G dan Reno4 5G telah mendukung jaringan 5G, namun OPPO tidak membawa kedua perangkat tersebut ke Indonesia karena disadari bahwa jaringan 5G belum hadir pada tahun 2020 di Indonesia.

Barulah pada tahun 2021, OPPO meluncurkan Reno5 5G dengan chipset Qualcomm Snapdragon 765G Octa-Core di Indonesia. Chipset ini dibekali dengan modem-RF System Qualcomm Snapdragon X52 5G yang mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 3,7 Gbps dan upload hingga 1,6 Gbps.

Bahkan OPPO pun telah merancang handphone ini agar dapat mendukung band dari jaringan 5G yang disediakan oleh operator di Indonesia. Selain itu, Reno5 5G pun sudah didukung RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

OPPO Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G

OPPO Reno6 Pro 5G Ilustrasi Charging

Selanjutnya pada bulan Agustus 2021, OPPO menghadirkan Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G di Indonesia. Kedua handphone ini telah mendukung band jaringan 5G dari operator di Tanah Air seperti Telkomsel, XL-Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison.

OPPO Reno6 5G ini dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 900 Octa-Core yang telah mempunyai modem jaringan 5G dengan kecepatan download maksimal mencapai 2,77 Gbps.

Sedangkan untuk OPPO Reno6 Pro 5G diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 870 Octa-Core yang memiliki modem-RF System X55 5G dengan dukungan jaringan 5G berkecepatan download hingga 7,5 Gbps dan upload hingga 3 Gbps.

OPPO Reno6 5G Stellar Black

Apabila OPPO Reno6 5G mendukung RAM 8 GB dan ROM 128 GB, maka OPPO Reno6 Pro 5G pun mempunyai spesifikasi hardware yang lebih tinggi lagi dengan RAM 12 GB dan ROM 256 GB.

Hampir mirip dengan Reno5 5G, kedua perangkat tersebut telah dilengkapi dengan fitur Memory Expansion yang dapat meminjam kapasitas kosong penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 5GB.

Selain itu, Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G telah didukung dengan fitur 65W SuperVOOC 2.0 Flash Charging yang mampu mengisi daya baterai dengan sangat cepat.

OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7 5G LDI Back

Sebentar lagi, OPPO akan meluncurkan OPPO Reno7 5G di Indonesia walau belum diketahui spesifikasi hardware yang dibawanya. Namun jika dibandingkan handphone generasi sebelumnya, handphone ini tampaknya akan memiliki kecepatan download dan upload di jaringan 5G yang lebih tinggi.

Selain itu, OPPO juga sepertinya akan menghadirkan efisiensi terhadap penggunaan jaringan 5G di OPPO Reno7 5G agar mengonsumsi energi menjadi lebih hemat. Tentunya handphone ini akan mempunyai dukungan band pada jaringan 5G dari operator di Indonesia yang lebih baik dibandingkan dengan Reno6 5G.

Kemungkinan besar OPPO juga akan menyematkan beberapa fitur yang dapat membuat Reno7 5G dapat lebih optimal ketika menggunakan jaringan 5G baik untuk video streaming, game online, music streaming, dan lainnya.

Sementara itu jaringan 5G dapat memungkinkan konten online yang dinikmati pada Reno7 5G menjadi lebih stabil dan minim lag. Proses upload maupun download file pada jaringan ini juga akan lebih cepat beberapa kali dibandingkan jaringan 4G-LTE.

Sebagai tambahan, OPPO baru memperkenalkan desain dari Reno7 5G yang menggunakan kombinasi Laser Direct Image (LDI) dan OPPO Glow sehingga menghadirkan warna menawan Startrails Blue dan Starry Black.

Tinggalkan Komentar