Smartphone Tips dan Trik

Apa Maksud Carrier Settings Update di iPhone?

 Carrier Settings Update

Gadgetren – iPhone merupakan handphone buatan Apple yang memiliki banyak fitur untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Walau sangat populer, iPhone juga tidak lepas dari masalah yang mana salah satunya terkadang mendapatkan notifikasi pop-up bertuliskan Carrier Settings Update.

Bagi kamu yang pertama kali mendapatkan pesan ini tentunya akan bingung dan waspada untuk melanjutkan update atau tidak. Carrier Settings Update sendiri adalah sebuah pembaruan pengaturan operator mulai dari jaringan, data, pesan suara, dan masih banyak lagi.

Dengan hadirnya Carrier Settings Update, penyedia operator bisa mengirimkan pembaruan pengaturan jaringan dan lainnya untuk meningkatkan konektivitas seluler di iPhone. Untuk iPhone 12 Series atau iPhone 13 Series yang hadir di Indonesia, melakukan Carrier Settings Update memungkinkan kamu bisa menikmati fitur baru seperti jaringan 5G dan Wi-Fi Calling.

Kita ketahui bersama bahwa dukungan jaringan 5G belum dibuka ketika iPhone 12 Series diluncurkan di Indonesia pertama kali karena memang belum ada operator yang mendukungnya. Namun kini Telkomsel secara resmi membuka jaringan 5G untuk iPhone 12 seri terbaru walaupun cakupannya masih terbatas.

Carrier Settings Update iPhone

Dengan kata lain, kamu yang menggunakan perangkat Apple dengan kartu SIM Telkomsel akan mendapatkan notifikasi pop-up Carrier Settings Update. Nantinya kamu hanya perlu menekan tombol Update dan tunggu hingga proses update selesai. Apabila berhasil, maka kamu akan melihat bahwa menu jaringan 5G telah aktif di menu Voice & Data pada halaman Settings.

Sementara jika kamu telah melewatkan menu pop-up Carrier Settings Update yang muncul, maka dapat melakukan update secara manual.

Update Jaringan Operator di iPhone

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone
  2. Tekan menu General dan pilih About
  3. Selanjutnya, pilih menu Update Carrier Settings
  4. Klik tombol Update untuk mulai melakukan pembaruan jaringan

Jika update berhasil, maka kode Carrier akan berubah menjadi Telkomsel 49.1.0 yang berarti telah mendukung jaringan 5G. Untuk memastikannya, kamu dapat menuju aplikasi Settings > halaman General > halaman About. Selanjutnya, kamu dapat mengaktifkan jaringan 5G melalui menu pengaturan iPhone.

Setelah melalui semuanya, maka iPhone kamu telah diperbarui pengaturan jaringannya. Salah satunya untuk pengguna Telkomsel berarti kini bisa menikmati jaringan 5G. Namun perlu dicatat bahwa Telkomsel sendiri baru menyediakan jaringan 5G di wilayah tertentu saja sehingga belum merata di Indonesia.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar