Smartphone

Fitur Baru dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra yang Membuatnya Diperhitungkan

Fitur Baru dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra - Header

Gadgetren – Selain membawa Galaxy S22 dan Galaxy S22+, Samsung kembali memperkenalkan Galaxy S22 Ultra yang kali ini hadir sebagai wajah yang sangat jauh berbeda dari model-model sebelumnya.

Jika pada generasi sebelumnya lini Galaxy S Ultra masih mempunyai dukungan dan tampilan yang hampir mirip dengan versi reguler maupun plus, Galaxy S22 Ultra tidak terlihat seperti handphone buatan Samsung dari seri lain.

Galaxy S22 Ultra memang bukan hanya dirancang untuk menyegarkan seri Galaxy S yang identik dengan kinerja dan kamera mumpuni saja melainkan juga keluarga Galaxy Note yang menjadi lini tak terkalahkan Samsung selama bertahun-tahun.

Dengan menggabungkan kedua lini flagship tersebut, Galaxy S22 Ultra diharapkan dapat menetapkan standar baru untuk handphone premium Samsung yang ditunjukkan melalui dukungan S-Pen tertanam, kemampuan videografi dan fotografi malam canggih, hingga baterai tahan lama.

Supaya kamu tidak penasaran mengenai apa saja fitur baru dan kelebihan yang ditawarkan oleh handphone baru Samsung ini, berikut jabaran lebih jauh mengenai hal tersebut.

Fitur Baru dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra

S-Pen Tertanam

Untuk pertama kalinya keluarga Galaxy S mempunyai S-Pen tertanam selayaknya lini Galaxy Note melalui handphone baru ini. Bahkan menariknya dukungan tersebut merupakan yang paling responsif di antara produk-produk buatan Samsung.

Menurut klaim Samsung, S-Pen terbarunya bahkan hanya memiliki latensi sebesar 2,8ms sehingga memungkinkan kita dapat menggambar atau menulis secara lebih alami di atas layar Galaxy S22 Ultra.

Fitur Baru dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra - SPen

Pada tahun 2021 silam, Samsung sebenarnya sudah mulai memperkenalkan dukungan S-Pen untuk Galaxy S21 Ultra. Hanya saja kemampuannya memang masih sangat terbatas dan tidak seperti fitur tertanam Galaxy Note.

Yang paling kentara jika dibandingkan dengan dukungan sebelumnya, S-Pen pada Galaxy S22 Ultra bisa disimpan di dalam bodi perangkat serta mempunyai fitur Air Command untuk memberikan kontrol tambahan selayaknya Galaxy Note.

Kinerja Semakin Mumpuni

Hadir secara khusus dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 di Indonesia, kemampuan handphone ini pastinya tak boleh diragukan lagi. SoC tersebut soalnya secara umum termasuk salah satu di antara yang paling kuat dalam menangani proses komputasi.

Snapdragon 8 Gen 1 secara sekilas merupakan SoC berkecepatan hingga 3GHz dengan proses manufaktur 4nm. Di atas kertas, kita akan memperoleh kinerja mumpuni dengan konsumsi daya yang sangat efisien melalui kombinasi itu.

Ditambah lagi, SoC tersebut juga sudah membawa dukungan AI Engine generasi 7, modem Snapdragon X65 5G generasi 4, FastConnect 6900 dengan WiFi 6E, serta ISP Qualcomm Spectra teranyar yang akan memberikan pengalaman lebih baik pada gaming, fotografi, hingga komunikasi.

Fotografi dan Videografi yang Canggih

Sama seperti keluarga Galaxy S umumnya, Galaxy S22 Ultra juga dibekali dengan kemampuan fotografi dan videografi yang sangat baik. Samsung mengklaim bahwa siapapun yang menggunakannya dapat menghasilkan gambar terbaik bahkan dalam berbagai macam kondisi cahaya.

Galaxy S22 Ultra soalnya sudah dilengkapi dengan sensor kamera 2.4um piksel yang mana paling besar di antara buatan Samsung sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya dan data untuk mengoptimalkan pencahayaan maupun detail gambar.

Fitur Baru dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra - Kamera

Lensa kamera pada Galaxy S22 Ultra juga sudah menyematkan Super Clear Glass yang akan membantu kita saat perlu mengambil video atau gambar di malam hari dengan hasil lebih bersih dan jelas tanpa flare (pancaran cahaya yang mengganggu).

Teknologi-teknologi yang diusung oleh Galaxy S22 Ultra seperti Auto Framing dan Expert RAW juga akan sangat berguna ketika kita ingin menghasilkan gambar maupun video yang indah setiap saat sesuai dengan kebutuhan.

Dukungan fotografi Galaxy S22 Ultra sendiri secara khusus terdiri kamera utama dengan lensa Wide 108MP, Ultra-Wide 12MP, telephoto 3x Optical Zoom 10MP, dan telephoto 10x Optical Zoom 10MP serta kamera selfie Selfie 40MP.

Layar yang Mutakhir

Kita yang gemar menonton video atau bermain game juga akan sangat dimanjakan oleh dukungan layar Galaxy S22 Ultra. Kombinasi dari ukuran, tipe, hingga teknologi panel miliknya menjanjikan tampilan yang lebih hidup.

Layar Galaxy S22 Ultra menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan puncak kecerahan hingga 1.750nit dan kontras 1:3.000.000 yang dibalut dengan Corning Gorilla Glass Victus+.

Fitur Baru dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra - Layar

Disokong oleh teknologi Vision Booster, layar tersebut dapat mengakomodasi berbagai macam aktivitas pengguna karena mampu menyesuaikan kecerahan secara cerdas supaya kita bisa melihat konten dengan baik.

Selain itu, layar Galaxy S22 Ultra juga mendukung refresh rate adaptif 1-120Hz yang mampu menghadirkan animasi lebih mulus ketika dibutuhkan tetapi dapat menghemat lebih banyak daya saat tidak diperlukan.

Teknologi Pengisian Daya Lebih Cepat

Yang tak kalah menggoda, Samsung pun telah menyematkan teknologi pengisian lebih baik dalam Galaxy S22 Ultra untuk mengimbangi baterainya yang mempunyai kapasitas 5.000mAh yang mana diklaim mampu bertahan hingga seharian.

Adapun dalam hal ini, Galaxy S22 Ultra juga mengadopsi teknologi 45W super fast charging yang bisa mempersingkat waktu pengisian daya baterai sehingga kita bisa langsung memakainya kembali. Berdasarkan keterangan Samsung, teknologi 45W super fast charging tersebut bahkan hanya membutuhkan waktu 10 menit agar Galaxy S22 Ultra dapat dipakai untuk merekam video hingga 50 menit.

Melengkapi dukungan tersebut, Galaxy S22 Ultra juga sudah mengemas teknologi pengisian 15W secara nirkabel serta mendukung fitur Wireless PowerShare yang memungkinkannya untuk menggunakan sisa baterai mengisi perangkat lain.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar