Aplikasi Tips dan Trik

Singkat! Cara Mencari Postingan Lama di Twitter Tanpa Makan Waktu

Cara Mencari Postingan Lama di Twitter

Gadgetren – Sebagai jejaring sosial yang lahir sejak tahun 2006, Twitter hingga saat ini masih memiliki pengguna setia yang senang dengan sistem cuitan yang memiliki batas kata, hashtag, mention, dan lainnya.

Tak hanya itu saja, Twitter pun masih populer digunakan untuk mencari berita maupun mempromosikan sebuah produk. Bahkan untuk memanjakan penggunanya, Twitter telah menghadirkan Space yang merupakan fitur obrolan suara mirip Clubhouse.

Bagi kamu yang sudah lama menggunakan Twitter pastinya punya banyak cuitan lama baik untuk hiburan, serius, pengetahuan, dan lainnya. Mungkin kamu ingin melihat kembali salah satu cuitan yang pernah dibuat, namun merasa malas untuk mencarinya akibat saking banyaknya Tweet yang ada sehingga perlu menggulung terus menerus.

Sebenarnya Twitter sendiri sudah menghadirkan fitur untuk melihat Tweet atau postingan lama. Namun fitur ini jarang digunakan karena harus menggunakan keyword tertentu untuk bisa melihatnya.

Cara Melihat Postingan Lama di Twitter

Melalui Kode Pencarian

  1. Akses aplikasi atau situs Twitter
  2. Login ke akun kamu
  3. Pilih menu Search yang berlambang kaca pembesar di bagian bawah layar
  4. Ketik from:username kamu since:yyyy-mm-dd until:yyyy-mm-dd
  5. Contohnya from:gadgetren since:2019-07-08 until:2021-01-01 dan tekan Enter
  6. Nantinya kamu akan melihat cuitan Twitter lama kamu dari kisaran tanggal tersebut

Postingan Lama Twitter

Perlu dicatat bahwa kamu tidak boleh salah tanda dalam kode pencarian ini dan harus benar-benar mengikuti format yang sudah ada. Bisa dibilang jika formatnya tidak sama, maka Twitter tidak akan memunculkan postingan sama sekali.

Pengguna Kode Pencarian ini sangat praktis bagi kamu yang ingin mencari postingan lama Twitter secara spesifikasi pada tanggal yang telah ditentukan. Selain itu, kamu juga bisa mencarinya dengan menggunakan situs pihak ketiga.

Melalui Situs All My Tweets

  1. Buka browser di handphone atau laptop
  2. Kunjungi alamat https://www.allmytweets.net/ di browser
  3. Kamu akan diminta untuk masuk ke akun Twitter
  4. Setelah berhasil terhubung dengan Twitter, tekan tombol Tweets
  5. Situs akan melakukan loading pencarian semua Tweet sehingga bisa memakan waktu beberapa menit
  6. Setelah selesai dicari, maka semua postingan kamu akan ditampilkan pada situs All My Tweets
    All My Tweets

Menariknya, semua Tweet diperlihatkan dengan tulisan singkat dan kecil sehingga memudahkan kamu untuk mencari postingan lama dalam satu halaman saja. Selain itu, kamu juga bisa melihat postingan orang lain dengan menekan tombol Change User dan memasukkan nama akun pada situs All My Tweets.

Dibandingkan menggunakan situs pihak ketiga, saya sendiri merasa bahwa penggunaan Kode Pencarian lebih mudah karena postingan lama yang muncul dapat disesuaikan dengan tanggal yang diinginkan secara spesifik tanpa harus melihat Tweet lainnya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar