Tips dan Trik

Wajib Dilakukan! Cara Konfirmasi Apa Benar Menang Giveaway Atau Tidak

 Cara Konfirmasi Apa Benar Menang Giveaway Atau Tidak[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Giveaway merupakan salah satu strategi promosi yang biasanya dilakukan untuk menarik minat banyak orang dalam melakukan sesuatu dengan imbalan hadiah.

Tentunya terkadang kamu bisa melihat banyak individu maupun brand melakukan giveaway di media sosial dengan menghadirkan mekanismenya masing-masing di mana kamu harus melakukan semua persyaratan yang diminta dalam giveaway tersebut.

Biasanya giveaway sendiri dilakukan untuk sarana promosi bagi penyelenggara, mulai dari meningkatkan follower media sosial miliknya, penjualan produk, pengunduh aplikasi, hingga menyebarkan sesuatu. Pada saat mengikuti giveaway, kamu perlu mengetahui mekanisme yang harus dilakukan saat giveaway.

Meskipun hadiahnya menggiurkan, namun kamu harus mencari tahu terlebih dulu mengenai riwayat penyelenggara dari giveaway agar tidak tertipu. Apalagi jika kamu mendapatkan SMS atau pesan yang berisikan menang giveaway padahal tidak merasa pernah ikut apapun.

Cara Konfirmasi Pemenang Giveaway

Teliti Pesan Giveaway

Semakin canggihnya akses internet membuat giveaway pun dilakukan dengan berbagai cara termasuk mengirimkan pesan melalui SMS atau WhatsApp. Apalagi pada saat pesannya berisikan bahwa kamu telah menang giveaway dan harus menghubungi nomor yang tertera.

Jika kamu tidak merasa mengikuti giveaway apapun, maka perlu berhati-hati karena bisa jadi pesan tersebut penipuan. Bahkan kamu juga perlu melihat nomor yang mengirim pesan dan nomor yang harus dihubungi.

Apabila nomor seperti milik pribadi, maka kemungkinan besar ini merupakan penipuan giveaway melalui SMS atau WhatsApp. Untuk memastikannya, kamu dapat menghubungi call center resmi dari perusahaan, brand, atau penyelenggara yang bersangkutan untuk mengetahui apakah kamu benar-benar mendapatkan giveaway.

Perhatikan Link yang Diberikan

Pada saat kamu mengikuti giveaway tertentu dan tiba-tiba mendapatkan pesan kemenangan giveaway, kamu harus hati-hati terlebih dulu karena bisa saja penipu telah mendapatkan data akun media sosial maupun nomor handphone kamu dari tempat lain.

Untuk itulah, kamu harus melihat dengan jelas pesan yang disampaikan, terutama link situs yang diberikan. Bisa jadi link situs tersebut merupakan modus phishing untuk membuat kamu menuju alamat situs palsu dari penyelenggara giveaway.

Biasanya setelah kamu mengakses phishing link ini, maka data-data penting kamu akan dicuri. Selalu cek link tersebut mengarah ke mana terlebih dulu menggunakan situs WhereGoes atau URL Scan. Nantinya kamu dapat mengetahui apakah link yang diberikan pada pesan giveaway tersebut apakah penipuan atau tidak.

Biasanya link yang benar akan diarahkan ke situs penyelenggara yang asli. Kamu juga bisa membuka link tersebut menggunakan Private Mode di browser sebagai salah satu cara mitigasinya.

Pastikan Akun Pengirim Pesan

Biasanya giveaway yang diselenggarakan di media sosial akan memberikan pengumuman lewat akun resmi penyelenggara dan Direct Message kepada pemenangnya.

Jika kamu diberikan pesan kemenangan giveaway melalui Direct Message di media sosial, pastikan akunnya merupakan resmi milik penyelenggara atau akun official. Selain itu, pastikan juga nama kamu muncul di pengumuman resmi yang biasanya diunggah pada halaman media sosialnya.

Cermati Permintaan Informasi Pribadi dan Biaya

Jika kamu berhasil menang giveaway, biasanya pihak penyelenggara akan menghubungi kamu dengan meminta beberapa data pribadi seperti nama lengkap, email, nomor telepon, nomor KTP atau SIM, alamat sesuai kartu identitas, dan akun yang kamu gunakan.

Namun jika kamu sampai diminta nomor kartu ATM, PIN, nama Ibu kandung, dan pungutan biaya, maka dapat dipastikan bahwa itu merupakan modus penipuan sehingga kamu dapat langsung memblokir pesan tersebut.

Hubungi Penyelenggara

Setelah kamu merasa bahwa mendapatkan pesan penipuan bermodus kemenangan giveaway, maka kamu dapat langsung menghubungi pihak penyelenggara resmi giveaway tersebut agar lebih waspada dan melacak penipu yang mengirim pesan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar