Smartphone

Menelusuri Perbedaan OPPO Reno Series dan A Series

OPPO-Reno6-BackAurora

Seri Reno dan A kini menjadi lini handphone OPPO yang populer di Indonesia. Apabila seri Reno fokus pada desain dan kemampuan fitur kamera yang inovatif, seri A berkutat pada keseimbangan performa dan desain stylish dengan harga yang terjangkau.

Sejak kelahirannya, Reno ditetapkan OPPO menjadi lini handphone premium yang menghadirkan beragam inovasi mulai dari desain, spesifikasi hardware, hingga fitur.

OPPO Reno, Reno 10x Zoom, Reno 5G, dan Reno2 mempunyai desain yang mirip dengan bodi belakang yang melengkung di bagian kiri maupun kanannya sehingga nyaman ketika digenggam dengan satu tangan.

OPPOReno2 Shark Fin

Hal paling mencolok dari keempat handphone tersebut, terdapat susunan kamera, O-Dot, logo OPPO, dan tulisan Designed by OPPO di dalam garis memanjang yang disusun secara vertikal pada bodi belakangnya.

Menariknya lagi, kamera depan dari semua handphone seri Reno di atas menggunakan kamera depan dengan sistem pop-up yang menghadirkan bentuk Shark Fin ketika penggunanya melakukan foto selfie, video call, vlog,dan lainnya.

Adapun Reno 10x Zoom memiliki inovasi pada kamera telephoto yang mampu membidik objek dari jarak jauh hingga 5x Optical Zoom. Bahkan mampu melakukan 10x Hybrid Zoom dengan hasil foto yang jelas. Sementara pada OPPO Reno2 hadir peningkatan dengan munculnya fitur Ultra Steady Video.

Perubahan desain seri Reno terjadi pada OPPO Reno3 yang sudah tidak menggunakan kamera depan dengan sistem pop-up Shark Fin, melainkan disematkan pada poni berbentuk waterdrop di bagian atas layar. Adapun posisi kamera belakangnya dipindah dari bagian tengah atas ke kiri atas.

OPPO Reno3 Unboxing Camera

OPPO memberikan sesuatu yang menarik pada Reno3 dengan mampu menghasilkan foto dengan resolusi 108 MP yang dapat dicetak pada media besar seperti billboard, spanduk, banner, atau lainnya.

Selanjutnya, OPPO Reno4 hadir dengan gebrakan desain bodi belakang yang menggunakan teknik Reno Glow pada varian warna Galactic Blue sehingga mampu menghasilkan warna gradasi biru yang akan terlihat berbeda-beda tergantung dari sudut pandang yang melihatnya.

Teknik Reno Glow ini memberikan sentuhan akhir dengan tekstur matte dan memiliki detail kilauan yang halus sehingga menyajikan nuansa lebih premium pada OPPO Reno4.

Warna ini juga menghadirkan penampang belakang dengan tekstur premium dari campuran bahan bertekstur matte dan gloss yang unik dikombinasikan dengan efek biasan cahaya yang menarik. Bodi belakang OPPO Reno4 terlihat lebih elegan berkat dilapisi Corning Gorilla Glass 3. OPPO pun turut menghadirkan AI Color Portrait dan Night Flare Portrait pada seri produk tersebut.

OPPO Reno6 Back Aurora

Kemudian, OPPO pun menghadirkan bodi belakang OPPO Reno5 Series dengan gabungan teknik Diamond Spectrum dan Reno Glow sehingga mampu menghasilkan warna gradasi yang berubah-ubah ketika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Lini handphone ini pun turut membawa penambahan fitur AI Highlight Video dan AI Mixed Portrait untuk sektor videografi.

Bodi belakang Reno6 dengan varian warna Aurora masih menggunakan Teknik Diamond Spectrum dan Reno Glow. Seri ini pun membawa fitur Bokeh Flare Portrait untuk hasil foto dan video dengan efek bokeh berpola bulat layaknya kamera profesional.

Apabila dilihat secara keseluruhan, OPPO fokus menghadirkan sesuatu yang baru pada desain, fitur, dan kemampuan kamera pada Reno Series dari waktu ke waktu. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik banyak orang dalam membeli handphone seri ini.

Bahkan OPPO pun menjanjikan kemampuan fitur Portrait di level selanjutnya untuk OPPO Reno7 yang segera diluncurkan di Indonesia dibandingkan generasi sebelumnya.

OPPO A16 IPX4

Sementara itu OPPO A Series ditujukan OPPO untuk menjangkau lebih banyak kalangan dengan kisaran harga mulai dari 1 jutaan hingga 4 jutaan rupiah. Meskipun harganya terjangkau, namun OPPO tetap menyajikan spesifikasi hardware yang menarik pada handphone lini tersebut.

Misalnya saja OPPO A16 hadir dengan harga murah yang memiliki varian warna Crystal Black dan Space Silver ditambah material AG Frost membuat tampilan bodi belakangnya terlihat stylish yang cocok untuk anak muda.

Mengikuti perkembangan teknologi, OPPO juga telah menghadirkan handphone 5G dengan harga terjangkau, yakni OPPO A74 5G, di Indonesia. Perangkat ini dibekali dengan  Qualcomm Snapdragon 480 (8nm) Octa-Core dan RAM 6 GB yang dapat menangani aktivitas multitasking dengan baik.

OPPO-A74-5G-Space-Silver

OPPO pun berusaha menghadirkan desain premium pada OPPO A74 5G dengan pilihan warna Fluid Black dan Space Silver yang mampu menghasilkan warna gradasi berpola lurus ketika terkena cahaya.

Bahkan OPPO mencoba mengadopsi konsep desain ke tingkat selanjutnya pada A Series dengan hadirnya OPPO A95. Perangkat ini menggunakan teknik OPPO Glow yang berbeda dengan Reno Glow milik OPPO Reno Series.

Pada OPPO Glow ini terdapat lapisan pelindung anti gores sehingga aman terhadap goresan benda tajam dan dapat membuat debu maupun noda sidik jari tidak mudah menempel pada bodi belakang OPPO A95.

OPPO A95 HandsOn Diagonal

OPPO A95 mempunyai dua varian warna yang terdiri dari Glowing Starry Black dan Glowing Rainbow Silver. Menariknya varian Rainbow Silver ini mempunyai kombinasi tujuh warna Pelangi yang akan terlihat berbeda-beda tergantung dari arah pantulan cahaya.

OPPO A95 ini menggunakan komposisi chipset Qualcomm Snapdragon 662, RAM 8 GB, dan ROM 128 GB. Bahkan ketiga handphone OPPO A Series ini dilengkapi dengan sertifikasi IPX4 yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap cipratan air.

Tinggalkan Komentar