Berita Tekno

IDC: Apple Masih Merajai Pasar Tablet Dunia di Tahun 2021

Apple-New-iPad-dan-New-iPad-Mini-Feature

Gadgetren – Pandemi COVID-19 membuat banyak orang untuk bekerja dari rumah menggunakan perangkat seperti handphone, laptop maupun tablet. Di tahun 2020 sendiri permintaan tiga jenis gadget tersebut cenderung meningkat meskipun lama kelamaan pasar diuji oleh kelangkaan komponen seperti chipset.

Kini tren tablet diketahui mengalami fenomena penurunan, baik itu dari permintaan maupun dari produksi langsung oleh produsen gadget. Informasi menarik ini disampaikan oleh lembaga riset International Data Corporation (IDC) dalam sebuah analisis yang mengungkap bahwa pengiriman tablet melambat pada kuartal empat tahun 2021.

Lebih jauh, pengiriman tablet disebutkan oleh IDC menurun 11,9 persen dari tahun ke tahun pada kuartal ke empat tahun 2021 karena permintaan melambat. IDC pun juga mencatat penurunan untuk kedua kalinya sejak pandemi dimulai pada tahun 2020.

“Meskipun 2021 adalah tahun yang hebat untuk pasar tablet, pengiriman mulai melambat karena pasar telah melewati permintaan puncak di banyak wilayah,” ujar Anuroopa Nataraj selaku analis riset senior di Mobility and Consumer Device Trackers IDC.

Anuroopa menambahkan bahwa pengiriman dalam waktu dekat akan tetap di atas tingkat pra pandemi karena pembelajaran virtual, kerja jarak jauh, dan konsumsi media tetap menjadi prioritas bagi pengguna.

IDC Tablet Market Share 2021

Menariknya Apple mengalami peningkatan pengiriman tablet dari tahun 2020 ke tahun 2021. Apple juga terlihat menduduki posisi teratas secara konsisten di tahun 2020 dan 2021. IDC melaporkan total pengiriman tablet yang dilakukan oleh Apple di tahun 2021 mencapai 57,8 juta unit dengan total pangsa pasar 34,2 persen.

Bila dibandingkan dengan tahun 2020 yang mana total pengiriman tablet Apple sebanyak 53,3 juta unit dengan pangsa pasar 32,6 persen, pengiriman tablet Apple secara menyeluruh dari tahun 2020 ke tahun 2021 mengalami peningkatan begitu pula dari sisi pangsa pasar yang naik.

Di posisi kedua ada Samsung yang  telah berhasil mengirimkan tablet sebanyak 30,9 juta unit dengan pangsa pasar sebesar 18,3 persen pada tahun 2021. Meskipun pertumbuhan pengiriman tablet Samsung tidak sebombastis Apple, Samsung telah membuktikan performa yang baik untuk produk tabletnya dari tahun 2020 ke tahun 2021.

Di Indonesia sendiri baik Apple dan Samsung masih kerap merilis tablet dari beragam kelas di tahun 2021 untuk pemula, menengah, hingga premium dengan chipset paling bertenaga.

Apple seperti yang kita tahu di tahun 2021 telah memasarkan iPad generasi 9 dengan harga paling murah 5 jutaan rupiah, iPad Mini, dan iPad Pro yang dibekali chipset terkencang yang dimiliki Apple saat ini yakni M1 dengan neural engine terbaru.

Samsung agak berbeda dengan Apple yang di tahun 2021 lalu rajin mengeluarkan tablet murah seperti Galaxy Tab A7 dan A7 Lite dan juga tablet dengan harga mahal seperti seri Galaxy Tab S7. Rumornya di awal tahun 2022 ini Samsung juga akan menghadirkan Galaxy Tab S8.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar