Smartphone

Yuk Intip Hasil Foto Portrait Handphone OPPO Terbaru Bersensor Sony IMX 709

Handphone Reno Sony IMX 709 Feature

OPPO sedang bersiap untuk meluncurkan handphone terbaru di Indonesia yang memiliki kemampuan Portrait tingkat selanjutnya dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk menunjang fitur Portrait tersebut, handphone terbaru ini kabarnya akan dibekali dengan sensor Sony IMX 709 pada kamera depannya.

Adapun sensor tersebut merupakan hasil kerja sama antara OPPO dan Sony selama tiga tahun dengan nilai investasi lebih dari US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,5 miliar yang melibatkan 300 engineer dan menghasilkan 87 paten.

Bahkan OPPO mengungkapkan bahwa Sony IMX 709 memiliki keunggulan Portrait dibandingkan handphone Reno sebelumnya yang mana mengalami peningkatan sensitivitas cahaya senilai 60% dan pengurangan noise sebesar 35% dibandingkan kamera selfie OPPO Reno6.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, kamu dapat melihat perbandingan foto selfie yang telah diambil menggunakan kamera depan dari perangkat handphone baru OPPO bersensor Sony IMX 709 dengan OPPO Reno6 di tempat dan kondisi pencahayaan yang sama.

OPPO Reno Baru - Bokeh Flare Portrait

OPPO – Sony IMX 709

OPPO Reno6 - Bokeh Flare Portrait

OPPO Reno6

Pada perbandingan foto yang menggunakan fitur Bokeh Flare Portrait ini terlihat bahwa handphone OPPO dengan sensor Sony IMX 709 mampu menghasilkan foto selfie dengan warna kulit wajah dan helai rambut dari subyek lebih jernih serta bertekstur dibandingkan Reno6.

Hal ini memperlihatkan bahwa hasil foto kamera depan handphone OPPO baru ini mempunyai tingkat pencahayaan dan bayangan yang lebih detail. Selain itu, kamera depan dengan sensor Sony IMX 709 ini mampu memisahkan subyek dengan latar belakang, terutama bagian rambut, lebih rapi dibandingkan dengan OPPO Reno6.

Corak atau tone warna pada kulit pada subyek maupun latar belakang pun lebih alami dibandingkan OPPO Reno6. Tak hanya itu saja, pola bulat cahaya pada latar belakang terlihat lebih jelas serta tertangkap lebih banyak.

OPPO Reno Baru - Bokeh Flare Portrait2

OPPO – Sony IMX 709

OPPO Reno6 - Bokeh Flare Portrait2

OPPO Reno6

Dari perbandingan foto tersebut jelas terlihat bahwa OPPO telah bekerja keras melakukan peningkatan performa serta kemampuan Portrait selfie pada handphone OPPO barunya yang mengusung sensor Sony IMX 709 serta algoritma kecerdasan buatan yang ditingkatkan.

Sebagai tambahan, Sony IMX 709 membawa dukungan sensor RGBW (Red Green Blue White) dengan teknologi Quadra Binning Algorithm yang mampu menambahkan dua piksel putih di setiap empat piksel sehingga setiap piksel mampu mendeteksi serta mengenali sinyal merah, hijau, biru, dan putih.

Tak hanya itu saja, OPPO juga terus mengembangkan software dari waktu ke waktu untuk membuat hasil foto Portrait maupun fitur lainnya menjadi lebih baik, seperti yang terjadi pada peningkatan ColosOS 12 dibandingkan ColorOS 11.1.

Meskipun belum diketahui secara pasti jadwalnya, namun OPPO dikabarkan akan menghadirkan perangkat terbaru bersensor Sony IMX 709 sekitar kuartal pertama atau kedua tahun 2022 di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar