ASUS TUF Gaming FX507
Operator Seluler Tips dan Trik

Jaringan 3G Bakal Dihapus, Ini Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G Secara Online dan Offline

Cara Ganti Kartu Telkomsel 3G ke 4G

Gadgetren – Telkomsel sebentar lagi akan menghapus jaringan 3G dan sudah cukup lama menyediakan jaringan 4G-LTE untuk memudahkan penggunanya mendapatkan koneksi internet yang cepat.

Bahkan Telkomsel pun sudah banyak memberikan promo dan harga paket data 4G-LTE yang lebih murah agar masyarakat lebih banyak menggunakan jaringan tersebut untuk aktivitas sehari-harinya.

Namun perlu dicatat bahwa untuk bisa menikmati jaringan 4G-LTE, kamu harus memiliki kartu SIM Telkomsel yang sudah mendukung jaringan tersebut. Sementara bagi kamu yang masih menggunakan kartu SIM lama yang hanya untuk jaringan 3G, maka dapat langsung menukarkannya dengan kartu 4G Telkomsel.

Sementara apabila nomor kamu terdaftar pada jasa perbankan, maka hanya bisa menukarkan melalui metode offline. Sebelum melakukan migrasi, ada baiknya kamu juga mengecek terlebih apakah kartu dan perangkat sudah mendukung jaringan 4G-LTE.

Cek Apakah Handphone Mendukung 4G

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon
  2. Masukkan kode *888*47# dan tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 yang berisikan kartu Telkomsel milikmu
  3. Pada menu pop-up yang muncul, ketik angka 1 apabila ingin memilih opsi 1.Cek Kartu atau ketik angka 2 jika ingin memilih opsi 2.Cek Ponsel
  4. Tekan tombol Send
  5. Menu pop-up akan memunculkan tulisan mengenai apakah kartu atau handphone kamu mendukung jaringan 4G

Jika Telkomsel menginformasikan bahwa kartu, maka dapat langsung menukarnya dengan kartu baru Telkomsel secara online maupun offline. Sementara jika handphone kamu tidak mendukung 4G, maka tidak ada jalan lain selain membeli handphone baru.

Cara Tukar Kartu Telkomsel 3G ke 4G

Secara Online

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon
  2. Ketik *888*46# dan tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 tergantung tempat kartu Telkomsel berada
  3. Pada menu pop-up yang muncul, ketik angka 1 untuk memilih 1.Ya dan tekan tombol Send untuk mendapatkan PIN 4G
  4. Setelah mendapatkan PIN 4G, mematikan handphone
  5. Keluarkan kartu SIM 3G dan masukkan kartu SIM upgrade 4G yang telah dibeli ke slot yang tersedia
  6. Aktifkan handphone dan buka kembali aplikasi Phone atau Telepon
  7. Ketik *888*46# dan tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 tergantung tempat kartu SIM Telkomsel berada
  8. Setelah menu pop-up muncul, ketik angka 2 untuk memilih 2. Langkah 2 [Kartu Upgrade 4G] dan tekan tombol Send
  9. Masukkan PIN 4G yang telah didapatkan dari SMS tadi dan tekan tombol Send
  10. Setelah SMS notifikasi upgrade muncul, maka secara otomatis kartu upgrade 4G kamu telah aktif dan siap digunakan

Untuk melakukan pergantian kartu secara online, kamu harus terlebih harus membeli kartu upgrade ke 4G Telkomsel yang telah tersedia di media sosial Telkomsel (Facebook atau Twitter) maupun Telkomsel Official Store di e-commerce Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan JD.ID.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kartu 4G di toko atau counter terdekat yang berpartisipasi dalam program Tukar Kartu ke 4G dari Telkomsel. Setelah kamu mempunyai kartu upgrade ke 4G, maka baru dapat coba melakukan migrasi sendiri secara online.

Secara Offline

Apabila kamu tidak mau repot untuk melakukan pergantian kartu Telkomsel sendiri, maka dapat mengunjungi langsung GraPARI atau MyGraPARI terdekat. Nantinya petugas akan membantu kamu untuk melakukan proses migrasi kartu Telkomsel. Sebaiknya kamu datang pagi agar tidak terlalu mengantre lama.

Kamu pun akan dikenakan biaya Rp 10 ketika proses migrasi kartu berhasil untuk mendapatkan kuota tambahan. Menurut Telkomsel, tambahan kuota 4G saat migrasi ditawarkan sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna yang telah melakukan penggantian kartu 3G ke 4G.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar