ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Instagram Perluas Fitur Kontrol Orang Tua, Kini Bisa Atur Waktu Akses Aplikasi

Instagram

Gadgetren – Instagram kembali menghadirkan fitur keamanan pendukung untuk orang tua agar bisa memantau dari jauh dan menjaga anak-anak mereka bermain media sosial Instagram dengan aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal ini disampaikan oleh Adam Mosseri selaku Head of Instagram melalui cuitan akun Twitter personalnya. Adam mengatakan bahwa kali ini pihaknya menambah tiga fitur parental control baru untuk ditujukan untuk orang tua dan anak agar semakin mudah saling menjaga satu sama lain.

Semua fitur baru ini bisa diakses melalui Family Center yang sebelumnya bisa dibuka melalui undangan dari anak terlebih dahulu. Melalui pembaruan ini, kini tak hanya anak yang bisa mengundang tapi juga orang tua bisa mengundang anak untuk mendapatkan pengawasan langsung.

Fitur kedua ialah orang tua bisa mengatur waktu tertentu dalam satu hari atau minggu untuk membatasi penggunaan Instagram oleh anak-anak mereka. Cara ini bisa diterapkan kepada anak untuk mendisiplinkan waktu agar mereka mempunyai waktu mengerjakan tugas sekolah atau belajar di rumah.

Dengan fitur pengaturan waktu ini anak juga menjadi lebih fokus pada saat belajar dan tidak banyak menghabiskan waktu untuk bermain media sosial sepanjang hari. Dalam fitur pengaturan waktu ini, orang tua akan bisa memilih waktu dari pukul sekian sampai pukul sekian selama satu minggu di setiap harinya.

Fitur ketiga adalah orang tua akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan dari Instagram mengenai akun Instagram apa yang dilaporkan oleh anak-anak mereka. Selain akun, orang tua juga bisa mengetahui jenis laporannya. Misalnya karena penindasan, pelecehan seksual, hingga penyebaran nama tidak baik.

Fitur kontrol baru untuk orang tua dan anak ini sudah bisa digunakan di Amerika Serikat. Di akhir bulan ini, ketiga fitur ini akan mulai tersedia di tujuh Negara meliputi Inggris, Jepang, Australia, Irlandia, Kanada, Prancis, dan Jerman.

Family-Center-and-Parental-Supervision-Tools-Instagram

Indonesia sendiri akan mulai kebagian fitur ini diperkirakan akhir tahun 2022 karena pihak Instagram akan meluncurkannya secara global. Namun perlu diingat, biasanya pada peluncuran global akan digulirkan secara bertahap. Begitu pula dengan ketersediaannya di seluruh wilayah Indonesia.

Bersamaan dengan tiga fitur baru ini, Instagram juga turut menghadirkan fitur pendukung pengawasan untuk orang tua lainnya di mana mereka bisa mengawas penggunaan Instagram lainnya seperti perizinan pembelian aplikasi hingga pemblokiran aplikasi yang tidak pantas untuk anak.

Agar orang tua bisa memahami dengan baik, Instagram juga turut menyediakan situs khusus sebagai pusat edukasi bagi orang tua termasuk panduan untuk pengawasan orang tua pada alat Virtual Reality (VR) dari ConnectSafely.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar