Laptop / PC Review Laptop / PC

Review ASUS TUF Gaming VG259QR – Main Gaming Makin Mulus Berkat 165Hz dan G-Sync

Review ASUS TUF Gaming VG259QR

Gadgetren – ASUS lewat lini TUF Gaming telah menghadirkan ragam perangkat gaming menarik dengan harga terjangkau yang mana salah satunya merupakan TUF Gaming VG259QR.

Monitor berukuran 24,5 inci ini tentunya membawa fitur-fitur yang akan meningkatkan pengalaman bermain game dan memanjakan para gamer, khususnya bagi yang kerap bermain secara kompetitif.

Tim Gadgetren pun berkesempatan untuk menguji TUF Gaming VG259QR selama beberapa minggu dan berikut pengalaman saya selama menggunakannya.

Review ASUS TUF Gaming VG259QR
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Fitur - 10/10
    10/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9.3/10

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming VG259QR menawarkan kombinasi maut lewat kombinasi resolusi 1080p, refresh rate 165Hz, dan NVIDIA G-Sync untuk pengalaman visual mulus.

Pros

  • Warna gambar cerah dan tajam
  • Refresh rate 165Hz
  • Dukung G-Sync
  • Penopang dapat diatur leluasa
  • Dukung VESA Mount
  • Banyak fitur tambahan

Cons

  • Penopang sedikit kurang tinggi
  • Speaker seadanya

ASUS TUF Gaming VG259QR tampil dengan desain yang masih terbilang kalem, namun aksen gaming masih dapat ditemukan pada bagian penopang maupun belakangnya. Secara keseluruhan, monitor ini dibalut oleh warna hitam dengan sentuhan warna merah dan abu yang sudah menjadi ciri khas dari lini gaming ASUS.

Bahkan terdapat corak garis yang sering terlihat pada lini TUF Gaming lainnya pada bagian alas, penopang, hingga bagian belakang monitor ini. Pastinya kesan gaming bakal langsung terasa ketika melihat monitor ini pertama kali walaupun memang lebih kalem karena baru akan tampak ketika diteliti secara lebih seksama.

ASUS TUF Gaming VG259QR (9)

Layar berukuran 24,5 inci tersebut punya bobot yang terbilang cukup berat mencapai 5,1 Kg secara total bersama penopangnya. Sementara untuk dimensinya mencapai 56,3 x 35,6 – 48,7 x 21,1 cm sehingga akan cukup memakan tempat di meja, terutama akibat dasar penopang yang juga tidak kecil.

Melihat monitornya sendiri memang besar, maka tidak heran penopang yang dihadirkan juga harus kokoh. Untungnya lagi, monitor ini terbilang ergonomis karena dapat diputar, dimiringkan, dicondongkan, hingga ketinggiannya dapat diatur sesuai kebutuhan memberikan penggunaan yang fleksibel.

ASUS TUF Gaming VG259QR (7)

Hanya saja, tinggi tiang penopang lebih pendek dibandingkan panjang monitor sehingga perlu sedikit dicondongkan terlebih dahulu agar layar dapat diputar 90 derajat. Bukan isu besar, namun bisa jadi catatan bagi kamu yang sering mengubah orientasi layar. Monitor ini pun dibekali dukungan VESA mount jika tidak ingin menggunakan penopang bawaan.

Beralih ke bagian belakangnya terdapat dua buah port HDMI 1.4, sebuah port DisplayPort 1.2, dan 3,5mm audio jack. Sudah cukup untuk kebutuhan perangkat modern masa kini, bahkan bisa juga digunakan untuk console karena monitor ini selain punya port audio jack juga memiliki speaker bawaan dengan kualitas mencukupi, namun memang lebih baik menggunakan speaker eksternal.

ASUS TUF Gaming VG259QR (10)

Tak ketinggalan juga ada empat tombol dan analog untuk navigasi menu pengaturan. Secara keseluruhan monitor TUF Gaming VG259QR memang punya bodi yang besar, namun fungsional untuk digunakan pada era masa kini. Layarnya juga memadukan desain bingkai bezel yang masih relatif tipis dan modern.

Soal fiturnya, TUF Gaming VG259QR terbilang cukup lengkap untuk memberikan pengalaman bermain game lebih nyaman. Menemani bentang 24,5 inci terdapat panel IPS beresolusi 1920 x 1080 piksel yang dilapisi anti glare.

ASUS TUF Gaming VG259QR (3)

Panel IPS yang digunakan tentu akan menampilkan gambar dengan warna yang baik berkat dukungan rasio kontras 1000:1 serta tingkat kecerahan mencapai 300 nits. Apalagi gambar juga tetap dapat terlihat jelas dari berbagai sudut pandang hingga 178 derajat tanpa adanya distorsi warna.

Gambar yang dihasilkan memang terlihat cerah dan tajam yang pastinya sudah sangat mencukupi untuk digunakan bermain game jenis apapun. Bagi yang sudah menggunakan monitor berpanel IPS pastinya akan familiar dengan kualitas gambar yang dihadirkan oleh TUF Gaming VG259QR.

Hadirnya resolusi Full HD 1080p pun saya rasa masih sangat memadai untuk ukuran layarnya karena gambar yang ditampilkan masih cukup tajam dengan jarak duduk sekitar 50 cm. Sebagai gamer yang masih betah bermain di resolusi 1080p, ini tentunya menjadi hal yang optimal jika memang ingin mendongkrak refresh rate setinggi mungkin.

Berbicara soal refresh rate, dukungan yang satu ini menjadi salah satu fitur yang dijagokan oleh TUF Gaming VG259QR. Bagaimana tidak, monitor ini mampu mendukung refresh rate sampai 165Hz sehingga dapat menampilkan gerakan animasi secara lebih halus. Bahkan perbedaannya pun langsung terasa ketika menggerakkan kursor saat menavigasikan Windows.

ASUS TUF Gaming VG259QR (2)

Untuk menemani refresh rate yang tinggi, ASUS kemudian menyematkan teknologi Extreme Low Motion Blur (ELMB) untuk memberikan waktu response hanya 1ms saja. Alhasil gambar memang dapat tetap terlihat jelas saat bergerak cepat sekalipun.

Namun yang paling penting, TUF Gaming VG259QR juga sudah mendukung NVIDIA G-Sync dengan Variable Refresh Rate (VRR) untuk mengeliminasi screen tearing atau gambar terpotong mengganggu yang sering muncul ketika monitor dan GPU tidak saling sinkron. Pengalaman bermain yang didapat pun menjadi lebih mulus ketika menggunakan fitur ini.

Di samping itu semua, TUF Gaming VG259QR turut dibekali ragam fitur gaming lainnya seperti Shadow Boost yang dapat mencerahkan area gelap di dalam game agar lebih mudah dilihat serta sudah tersertifikasi dari TUV Rheinland untuk Flicker Free dan Low Blue Light sehingga dapat dilihat secara nyaman dalam waktu lama.

ASUS TUF Gaming VG259QR (11)

Ditambah lagi ada fitur unik bernama GameVisual dan GamePlus yang menarik untuk diulik. GamePlus merupakan fitur eksklusif dari ASUS yang dapat menampilkan penghitung FPS, bidikan, hingga penghitung mundur yang mungkin akan bermanfaat untuk digunakan oleh pengguna tertentu.

Sementara GameVisual memberikan beberapa preset yang bisa digunakan untuk genre game tertentu seperti FPS, racing, atau RPG. Selain itu juga terdapat fitur Shadow Boost yang akan meningkatkan kecerahan pada area gelap sehingga lebih mudah dilihat.

Secara keseluruhan TUF Gaming VG259QR menawarkan resolusi 1080p, refresh rate 165Hz, serta mendukung NVIDIA G-Sync yang saya rasa bakal menjadi kombinasi maut dalam memberikan pengalaman bermain game ke tingkat selanjutnya untuk segala jenis gamer saat ini, baik itu untuk bermain secara kompetitif atau tidak.

Kehalusan serta reponsivitas gambar menjadi nilai jual utama dari monitor gaming yang satu ini. Dan ASUS pun secara tepat berhasil memberikan keseimbangan yang harmonis pada TUF Gaming VG259QR lewat fitur-fitur yang dibawanya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar