ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Menghilangkan Logo Headset di OPPO Agar Bisa Gunakan Speaker Kembali

Cara Menghilangkan Logo Headset di OPPO

Gadgetren – Setelah melepas jack audio dari handphone OPPO, beberapa pengguna terkadang masih melihat logo headset pada status bar.

Hal ini biasanya akan membuat suara dari video, lagu, maupun sistem tidak bisa dikeluarkan oleh speaker bawaan sehingga pastinya akan sangat mengganggu.

Tentunya hal tersebut akan membuat kamu risih karena harus selalu menggunakan earphone atau headphone untuk mendengarkan suara. Munculnya logo headset sendiri biasanya disebabkan oleh bug yang hadir pada handphone.

Sebenarnya masalah bug tersebut masih dapat diatasi dengan beberapa cara agar logo headset menghilang dari Status Bar dan suara dapat terdengar kembali menggunakan speaker handphone.

Cara Menghilangkan Logo Headset di Handphone OPPO

Bersihkan Port Jack Audio

Terkadang debu atau kotoran menutupi port jack audio sehingga membuat earphone atau headphone seolah-olah masih tersambung di handphone.

Kamu dapat mematikan perangkat OPPO terlebih dulu lalu memasukkan cotton bud atau kain yang dipotong untuk membersihkan port jack audio agar lambang headphone menjadi hilang.

Hubungkan Kembali Headset

Kamu dapat coba untuk menyambungkan kembali earphone ke handphone beberapa saat agar sistem mendeteksi ulang lalu secara perlahan melepaskannya kembali. Kamu dapat mengulanginya beberapa kali hingga berhasil.

Restart Handphone

Kamu juga dapat melakukan restart terhadap handphone OPPO dengan menekan tombol Power beberapa detik hingga muncul tombol Restart. Biasanya bug akan menghilang setelah sistem kembali seperti semula dengan menjalankan layanan yang dibutuhkan.

Menggunakan Aplikasi Disable Headphone

Kamu dapat mengunduh aplikasi Disable Headphone dari Google Play Store. Setelah aplikasi terpasang, maka kamu dapat menekan tombol Speaker agar mode lambang headphone dihentikan dan beralih ke speaker handphone.

Disable Headphone

Kamu pun dapat menekan tombol Test Sound untuk memastikan apakah suara telah beralih ke speaker atau belum. Namun kekurangannya, tombol shortcut dari aplikasi ini muncul melayang di layar sehingga hapus saja aplikasi setelah selesai.

Factory Reset

Apabila semua cara di atas tidak dapat sama sekali berfungsi, maka kamu dapat melakukan Factory Reset pada handphone OPPO agar sistem operasi kembali seperti semula layaknya perangkat diaktifkan pertama kali.

Perlu dicatat, Factory Reset akan menghilangkan semua data yang ada di handphone sehingga pastikan untuk melakukan backup terlebih dulu data di penyimpanan eksternal atau cloud.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar