Smartphone Tips dan Trik

Cara Melacak Handphone Melalui Google Maps dan Find My Device

Cara Melacak Handphone Melalui Google Maps dan Find My Device

Gadgetren – Handphone berbasis Android telah digunakan oleh banyak orang di berbagai negara karena dukungan fitur, aplikasi, dan ekosistemnya yang kuat.

Bahkan terdapat juga fitur yang memungkinkan kamu untuk melacak handphone Android menggunakan Google Maps dan Google Find My Device.

Biasanya pelacakan handphone menggunakan Google Maps dilakukan apabila kamu sedang janjian dengan orang lain, namun ingin mengetahui lokasi keberadaannya saat itu juga. Sementara Google Find My Device dapat digunakan untuk melacak handphone yang hilang atau lupa menyimpannya.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara penggunaannya, maka kamu dapat melihat panduannya sebagai berikut.

Cara Melacak Lokasi Handphone dengan Google Maps

  1. Kamu dapat meminta teman untuk membuka aplikasi Google Maps di handphone miliknya
  2. Pada aplikasi, pilih Foto Profil yang berada di bagian kanan kotak Search
  3. Pilih menu Location Sharing dan tekan tombol Share location
  4. Pada menu pop-up Share your-time location yang muncul, pilih batas waktu titik lokasi keberadaan handphone dari 1 jam hingga 1 hari atau bisa memilih Until Your turn this off apabila ingin dimatikan sendiri
  5. Selanjutnya, bagikan link Google Maps tersebut ke kontak yang diinginkan
    Google Maps Lacak
  6. Bagi penerima, tekan tautan untuk langsung diarahkan ke aplikasi Google Maps sehingga langsung mengetahui keberadaannya

Nantinya titik lokasi handphone akan berpindah-pindah sesuai dengan tempat yang sedang dilalui. Sebagai catatan apabila kamu memilih Until Your turn this off, maka titik lokasinya akan bertahan maksimal hingga 3 hari.

Sementara untuk melacak keberadaan handphone yang hilang atau lupa disimpan, kamu dapat memanfaatkan fitur Find My Device yang sudah tertanam secara bawaan di handphone Android. Selain itu, fitur ini juga akan menampilkan Google Maps yang nantinya dapat menunjukkan lokasi handphone berada.

Cara Melacak Handphone Hilang dengan Google Find My Device

  1. Unduh dan Install aplikasi Google Find My Device dari Google Play Store di handphone lain
  2. Selain itu, Google Find My Device juga dapat diakses melalui situs resminya
  3. Login di Google Find My Device dengan akun Google yang terhubung di handphone hilang
  4. Nantinya kamu akan diperlihatkan pada Google Maps yang memberitahukan mengenai lokasi handphone berada
  5. Selanjutnya, tuju lokasi untuk mencarinya atau pakai salah satu fitur yang ada|
    Find My Device Web

Dalam Google Find My Device, kamu akan melihat fitur Play Sound yang dapat memaksa handphone yang hilang untuk terus berbunyi dengan lantang meskipun sistem suara sudah disunyikan (silent). Tentunya hal ini bisa memandu kamu untuk mencari sumber suara keras dari perangkat tersebut.

Namun jika handphone tidak terlihat, maka kemungkinan besar layanan internet atau handphone sudah dimatikan. Untuk itu kamu bisa mencoba fitur lain dari Google Find My Device, seperti Secure Device dan Erase Device.

Secure Device mengizinkan kamu untuk membuat akun Google keluar dari handphone. Selain itu, kamu dapat menulis pesan penting pada kunci layar seperti nomor kontak untuk dihubungi atau lainnya agar orang yang menemukan bisa menghubungi kamu.

Sementara itu, Erase Device memungkinkan kamu untuk menghapus semua data di dalam handphone tersebut. Hal ini bisa kamu lakukan apabila perangkat sama sekali tidak dapat ditemukan. Satu hal yang perlu diketahui, fitur Find My Device harus diaktifkan lebih dulu di handphone sebelum bisa digunakan jadi pastikan selalu aktif.

Mengaktifkan Find My Device

  1. Buka aplikasi Settings dan pilih menu Security
  2. Pilih menu Find My Device
  3. Tekan tombol ke posisi On
  4. Fitur Find My Device pun sudah aktif
    Find My Device Android

Perlu dicatat bahwa jika Find My Device masih di posisi Off, maka fitur ini tidak bisa diaktifkan dari jarak jauh. Untuk itulah, kamu wajib selalu mengaktifkannya agar dapat melacak handphone Android melalui layanan Google Find Device dengan syarat perangkat tersebut masih terhubung dengan internet.

Tinggalkan Komentar