Tips dan Trik Aplikasi

Cara Scan QR Code Google Maps Supaya Langsung di Arahkan ke Tempat

Cara Scan QR Code Google Maps Header

Gadgetren – Google Maps menjadi salah satu aplikasi dan layanan peta yang banyak digunakan oleh pengguna untuk mencari sebuah lokasi tertentu.

Tak hanya sampai di situ saja, Google Maps pun dapat digunakan sebagai pemandu kamu ketika ingin berjalan atau berkendara dari lokasi saat ini hingga ke tujuan dengan beragam gambar panduan yang jelas dan rinci.

Bahkan pada saat mendapatkan undangan pernikahan, acara seminar, meeting, maupun lainnya biasanya kamu akan melihat link menuju lokasi di Google Maps dalam bentuk QR (Quick Response) Code.

QR Code sendiri merupakan sebuah kode matriks 2 dimensi yang mampu menampung banyak data alfanumerik, karakter, dan simbol sehingga sering berisikan link atau tautan maupun data penting.

Namun mungkin sebagian dari kamu akan bingung mengenai cara menggunakan QR Code berisikan link Google Maps yang terdapat pada sebuah undangan. Sebenarnya penggunaannya cukup mudah seperti yang dapat kamu ikut langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Scan QR Code Google Maps

  1. Unduh aplikasi Google Lens dari Google Play Store
  2. Setelah terpasang di handphone, buka aplikasi
  3. Pilih menu Search pada bagian bawah
  4. Arahkan kamera handphone ke QR Code yang akan dipindai
  5. Tekan tombol Search yang berikon kaca pembesar
  6. Selanjutnya tekan link yang muncul tepat di QR Code
  7. Kemudian, aplikasi Google Maps akan dibuka otomatis
  8. Kamu pun akan diperlihatkan lokasi yang dituju
    Google Maps - QR Code

Bisa dibilang Google Lens dapat dengan cepat dalam memindai beragam data yang hadir di dalam bentuk QR Code. Namun kamu juga harus memastikan bahwa lensa kamera dari handphone tidak kotor agar bisa memindai dengan baik.

Tidak hanya untuk memindai QR Code saja, bahkan Google Lens juga telah terintegrasi dengan Google Translate sehingga memudahkan kamu secara langsung melihat tulisan dari suatu bahasa diubah ke bahasa lain.

Kamu juga dapat memotret sebuah tulisan dengan Google Lens untuk nantinya diterjemahkan ke bahasa lain. Bahkan kamu juga dapat mengubah tulisan dalam bentuk gambar menjadi tulisan digital untuk aplikasi catatan, media sosial, hingga dokumen.

Tak hanya sampai di situ saja, Google Lens juga dapat mendeteksi sebuah benda dan menampilkan harga maupun tempat belanjanya di internet. Sementara kamu dapat memotret suatu tempat atau makanan untuk kemudian dicari oleh Google Lens menggunakan sistem dari Google Search.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar