ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Canggih Bisa Dilipat! Laptop ASUS Zenbook 17 Fold OLED (UX9702) Dirilis

ASUS-Zenbook-17-Fold-OLED-Header.

Gadgetren – Setelah membawa tablet gaming ROG Flow Z13 pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, ASUS kembali memamerkan produk baru lainnya dengan teknologi canggih layar lipat yaitu laptop Zenbook 17 Fold OLED.

Laptop foldable dengan panel OLED ini diklaim pertama di dunia yang merupakan hasil kolaborasi antara ASUS dengan BOE Technology Group mengusung.

Pada sektor tampilan, layarnya ketika terbuka mengusung ukuran 17,3 inci yang memiliki resolusi 2,5K dengan aspek rasio 4:3 dan rasio layar-ke-bodi 87%. Sedangkan saat dilipat, Zenbook 17 Fold OLED akan terbagi menjadi dua layar masing-masing berukuran 12,5 inci beresolusi Full HD (1920 x 1280 piksel) dengan aspek rasio 3:2.

Ditambah lagi layarnya juga didukung oleh warna gamut 100% DCI-P3 dan teknologi Dolby Vision serta DisplayHDR True Black 500 untuk menampilkan pengalaman visual pada layar seperti melihat pemandangan asli dengan warna yang detail serta hitam yang pekat.

Layarnya pun telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated untuk akurasi warna. Sertifikasi perlindungan mata terhadap sinar biru berupa eye-care dari TÃœV Rheinland juga telah disematkan agar kita nyaman menatap layar dalam waktu yang lama.

Berkat teknologi OLED, laptop lipat ini mampu mereproduksi warna secara akurat yang dibutuhkan untuk profesi pembuat konten atau pekerja kreatif lainnya. Tingkat kecerahannya pun mencapai 500 nits dan dapat menampilkan 1,07 juta warna, rasio kontras 1.000.000:1, dan 0,2 ms waktu respon.

Di samping bisa dilipat dan memiliki keyboard bawaan yang muncul secara otomatis di dalam layar, laptop yang satu ini juga bisa dikombinasikan dengan keyboard dan touchpad nirkabel ASUS ErgoSense. Dengan begitu memungkinkan penggunaan laptop lewat banyak mode untuk memaksimalkan produktivitas pekerjaan.

ASUS-Zenbook-17-Fold-OLED

Laptop ini menggunakan sistem operasi Windows 11 dan ditenagai oleh chipset Intel Generasi ke-12 Core i7 U Series serta ditemani kartu grafis Intel Iris Xe. Baterainya berkapasitas 75Whr yang dengan konektor charger USB-C. Soal audionya dilengkapi oleh empat speaker yang tersertifikasi Harman Kardon serta teknologi Dolby Atmos.

Terdapat modul kamera IR 5 MP beresolusi HD di bagian atas layar laptop yang bisa digunakan untuk keperluan telekonferensi video maupun sebagai autentikasi keamanan yang terhubung dengan Windows Hello. Kamera laptop ini telah didukung oleh teknologi ASUS 3D Noise Cancelling yang memungkinkan hasil tangkapan lebih jernih bahkan saat kondisi kekurangan cahaya.

ASUS pun turut menyediakan sensor untuk membaca kondisi warna dan temperatur di sekitar pengguna. Data dari sensor tersebut digunakan untuk menyesuaikan hasil tangkapan kamera utama sehingga pengguna akan selalu mendapatkan hasil yang terbaik.

Fitur-fitur konektivitas seperti WiFi 6E, Bluetooth, dua port USB Type-C Thunderbolt 4 yang mendukung fitur USB power delivery hingga 75W telah diberikan ke perangkat lipat ini. Mengenai harga dan ketersediaannya, ASUS masih belum menjelaskan kapan laptop lipat ini akan diboyong ke Indonesia.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar