Aplikasi Berita

Transaksi di Tokopedia Diklaim Meningkat 1,5 Kali di Akhir Tahun 2021

Tren-Belanja-Online-Akhir-Tahun.

Gadgetren – Semasa pandemi, tampaknya makin banyak yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan belanja secara daring di e-commerce. Salah satu e-commerce yakni Tokopedia dikabarkan telah mencatat temuan internal menarik terbarunya terkait tren transaksi penjualan.

Disampaikan oleh Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia, pihaknya menemukan adanya peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat khususnya di wilayah Indonesia bagian barat menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Di sisi lain, jumlah penjual di Tokopedia juga kabarnya mengalami peningkatan hampir 1,5x lipat di wilayah Indonesia bagian barat juga menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Khusus di wilayah Indonesia bagian barat, kategori yang paling banyak diminati oleh pembeli menjelang akhir tahun 2021 ialah produk-produk Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, serta Elektronik.

Salah satu UMKM lokal dari Surabaya adalah Verne Indonesia yang menjual beragam produk kerajinan dari kulit sapi. Verne Indonesia sendiri telah menggunakan Tokopedia sebagai jalur utama penjualannya.

“Setiap bulan kami bisa melayani 50 sampai 60 pesanan, dan kami mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat dibandingkan tahun lalu,” ujar Marsetio Hariadi selaku Manager Verne Indonesia.

Tokopedia

Menurut Ekhel peningkatan transaksi dan jumlah penjual yang ada di Tokopedia dikarenakan pihaknya telah melangsungkan beberapa kampanye atau inisiatif sejak tahun 2020. Sebagai contoh ialah semangat Hyperlocal yang mana Tokopedia telah berhasil mencoba mendigitalisasikan pasar tradisional agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat yang lebih luas lagi.

Selain pasar tradisional, Hyperlocal juga mengajak pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk menjadi bagian dari Tokopedia agar dapat memiliki kesempatan produk-produknya diketahui oleh banyak orang.

Adanya Hyperlocal ini bagi Tokopedia bertujuan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual agar masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien. “Tokopedia ke depannya akan terus #SelaluAdaSelaluBIsa dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi. Kami akan terus berusaha untuk berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik,” tutup Ekhel.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar