ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Pesanan Meningkat Pesat, Tokopedia Telah Digitalisasikan Dua Pasar Tradisional di Jawa Barat

Tokopedia-Pasar-Cikurubuk-Online

Gadgetren – Usaha Tokopedia untuk mengajak para pegiat usaha tradisional masuk ke dalam ekosistem platform-nya sebagai bagian dari digitalisasi pasar tradisional dikabarkan membuahkan hasil yang baik.

Melalui semangat hyperlocal, Tokopedia pun telah merangkul Koperasi Pemasaran Pedagang Pasar Cikurubuk (KP3C), Tasikmayalaya, Jawa Barat yang dilibatkan untuk memperkenalkan konsep baru ini kepada masyarakat setempat. Program ini sudah dilaksanakan sejak bulan April 2020 silam.

Trian Nugroho selaku Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia menjelaskan bahwa pasar Cikurubuk dan Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka adalah contoh pasar tradisional yang merasakan dampak positif dari digitalisasi pasar melalui Tokopedia di Jawa Barat.

“Kami akan terus berupaya mempercepat adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pasar tradisional demi membantu pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Berkat program hyperlocal ini, Pasar Cikurubuk kemudian dijadikan Tokopedia sebagai ikon pasar digital pertama di Kota Tasikmalaya. Tentunya pihak Tokopedia mengatakan bahwa berjalannya program ini juga didukung oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Berselang setahun setelah program ini digulirkan, H. Achmad Jahid, S.H., selaku Ketua Himpunan Pedagang Kota Tasikmalaya (HIPPATAS) mengungkapkan bahwa Pasar Cikurubuk Online telah mendapatkan jumlah pesanan hingga 4x lipat dibandingkan sebelum bergabung ke Tokopedia.

“Pasar Cikurubuk Online telah menyokong lebih dari 100 pedagang setempat yang terdampak pandemi. Sejak bergabung dengan Tokopedia, perlahan jumlah pesanan di Pasar Cikurubuk Online mulai naik,” ujar Achmad.

Tokopedia-Pasar-Sehat-Sabilulungan-Cicalengka-Online

Selain memastikan kualitas produk yang ditawarkan oleh seluruh penjual, menurut Tokopedia koperasi pasar juga aktif menggunakan beragam fitur di Tokopedia mulai dari TopAds dan Bebas Ongkir hingga turut serta dalam kampanye yang diadakan Tokopedia seperti Karnaval Pengguna Baru.

Selain Pasar Cikurubuk, Tokopedia juga menggandeng Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka untuk menjadi salah satu pasar tradisional yang terus menggerakkan perekonomian daerah di tengah pandemi melalui digitalisasi.

Ridzky Alfaridzi selaku Assistant Manager Koperasi Konsumen Pedagang Pasar Raja Cicalengka mengatakan bahwa kehadiran platform digital seperti Tokopedia menjadi solusi bagi para pedagang untuk kembali bangkit bersama melawan pandemi dengan memasarkan produk secara online.

Sama seperti Pasar Cikurubuk, di Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka Online terdapat lebih dari 100 pedagang yang sudah bergabung ke Tokopedia. “Selama kuartal 1 tahun 2021, Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka telah mencacatkan peningkatan jumlah pesanan hingga lebih dari 2x lipat,” terang Ridzky.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar