Aplikasi Berita

Tokopedia dan GoPay Rilis Metode Pembayaran QRIS Untuk Mitra Tokopedia

Tokopedia-Bagikan-Tips-Berjualan-Online-Untuk-Pemula

Gadgetren – Tokopedia dan GoPay dikabarkan telah meluncurkan sistem pembayaran non-tunai bernama QRIS yang akan ditargetkan untuk puluhan ribu Mitra Tokopedia atau pelaku UMKM lokal di seluruh Indonesia.

Program ini dihadirkan untuk membantu warung-warung yang tergabung ke dalam Mitra Tokopedia serta para UMKM agar dapat bertransaksi secara digital. Selain itu, program ini sekaligus mendukung rencana pemerintah untuk mewujudkan inklusi ekonomi di Indonesia dan membiasakan masyarakat bertransaksi secara digital.

Setiap Mitra Tokopedia yang sudah tergabung bisa mendaftarkan warungnya dengan pembayaran QRIS ini. John Hadiwidjaja selaku AVP of New Retail Tokopedia menyampaikan bahwa pelaku UMKM atau pemiliki warung kelontong bisa langsung mengisi formulir untuk registrasi dengan menghubungi Sales Mitra Tokopedia atau Sobat Mitra untuk mendaftarkan pembayaran QRIS.

Nantinya akan ada informasi lebih lanjut dari Sobat Mitra yang akan menghubungi langsung para pelaku UMKM setelah pendaftaran berhasil dilakukan. Program ini bagi John untuk mendorong penetrasi transaksi digital selama pandemi dan Tokopedia pun tidak sendirian.

Berkolaborasi bersama Bank Indonesia dan juga dompet digital GoPay, penggunaan QRIS diharapkan akan semakin meluas di Indonesia. Ginanjar selaku Asisten Direktur Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia mengatakan bahwa dari data BI saat ini terdapat 43 Provinsi yang di dalamnya ada sebanyak 140 kota di mana telah menggunakan sistem pembayaran QRIS.

Manfaat-QRIS-

Dominasi QRIS ini, menurut Ginanjar hadir di Jakarta sebagai pusat pergerakan ekonomi di Pulau Jawa. Di samping itu, dari target 12 juta merchant, BI menemukan Provinsi Maluku Utara bisa mencapai 2 kali lipat penggunaan QRIS yang mana Provinsi ini merupakan target kecil.

Sampai tanggal 10 Desember 2021, sudah terdapat lebih dari 13,6 juta merchant di dalamnya 96 persen merupakan UMKM yang tergabung dalam ekosistem QRIS. Sementara itu, target dari program QRIS untuk Mitra Tokopedia kabarnya akan menyediakan beragam promo untuk mendorong penggunaan QRIS untuk pemilik warung Mitra Tokopedia.

Sebagai tambahan informasi, Mitra Tokopedia telah digunakan oleh jutaan pegiat usaha tradisional untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota atau kabupaten di Indonesia. Jumlah penambahan jangkauan kota dan kabupaten ini diklaim meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding dua tahun lalu.

Sementara untuk jangkauan wilayah Mitra Tokopedia hingga kini sudah mencakup Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado, dan Pontianak.

Tinggalkan Komentar