Aplikasi Berita

Terus Berkembang, Mitra Tokopedia Ajak Lebih Banyak Warung Tradisional Go Digital

Mitra-Tokopedia-Feature

Gadgetren – Dalam rangka hari jadinya yang ketiga, aplikasi Mitra Tokopedia dikabarkan ingin menjangkau lebih banyak warung tradisional di daerah-daerah Indonesia agar bisa bertransformasi menjadi warung digital.

Sebelumnya jumlah jangkauan kota atau kabupaten Mitra Tokopedia sendiri diklaim telah meningkat lebih dari 2x lipat dibandingkan dua tahun lalu. Saat ini sudah ada jutaan penjual tergabung di dalam Mitra Tokopedia yang tersebar di 500 kota dan kabupaten di Indonesia.

Meskipun demikian, Mitra Tokopedia melalui John Hadiwidjaja selaku AVP of New Retail Tokopedia menuturkan bahwa ada beberapa tantangan yang masih perlu dihadapi. Salah satunya soal penetrasi teknologi dan edukasi secara terus menerus ke penjual kelontong di daerah-daerah, terutama yang belum terbiasa menggunakan handphone Android.

Untuk meningkatkan jangkauan ini, John percaya dengan strategi kolaborasi bersama mitra strategis dan Sobat Mitra dapat membantu warung tradisional di daerah dengan pendampingan pemanfaatan teknologi.

“Jadi bukan hanya menyediakan aplikasi saja tapi juga menghadirkan pembinaan, edukasi, dan solusi untuk mitra. Dari mitra kita yang sudah ada, sebanyak 97 persen merasa sangat terbantu sekali dengan adanya Sobat Mitra ini,” ujarnya.

Untuk menjangkau lebih banyak penjual toko kelontong di daerah, Mitra Tokopedia juga turut berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk memberikan pembinaan kepada para pegiat usaha tradisional seperti bagaimana cara membuka toko di Mitra Tokopedia, melakukan branding warung binaan di Mitra Tokopedia, dan melakukan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB).

Mitra-Tokopedia-Keuntungan

Lewat syukuran ulang tahun ketiganya ini, Mitra Tokopedia juga menghadirkan para pemilik usaha warung yang telah bergabung ke dalam Mitra Digital Tokopedia. Elisa yang berdomisili di Kota Medan menceritakan bahwa mulai bergabung di Mitra Tokopedia sejak tahun 2020 dan kini usahanya sudah menjadi sumber utama penghasilan keluarganya.

“Omset saya sekarang 25-30 juta per bulan. Jadi mereka awal bulan ke swalayan untuk kebutuhan dapur, sekarang mereka nggak ke sana lagi, setiap awal bulan untuk kebutuhan rumah tangga mereka beli di warung saya untuk nyetok,” terangnya.

Berbeda dengan Elisa, Ida seorang guru honorer merasa tak cukup memiliki gaji tak pasti yang kadang sebulan sekali bahkan tiga bulan sekali. Ida pun bergabung dalam Mitra Tokopedia untuk mencoba berjualan Pulsa, Token Listrik, hingga voucher game. Setelah bergabung, kini Ida mengaku mendapatkan penghasilan bersih setiap bulannya di kisaran Rp 2-4 juta.

Cara Mudah Daftar Jadi Mitra Tokopedia

Membuka usaha dari rumah bersama Mitra Tokopedia pun sangat mudah di mana kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Mitra Tokopedia di Google Play Store dan mendaftarkan diri dengan memasukkan nomor handphone yang aktif hingga data lainnya.

Kemudian kamu akan mendapatkan kode verifikasi untuk menjadi penjual di Mitra Tokopedia yang tidak boleh kamu sebarkan ke orang lain. Setelah itu kamu bisa mengisi Saldo Mitra agar bisa bertransaksi sebagai Mitra Tokopedia untuk membeli stok barang, pulsa, atau produk digital lainnya untuk kemudian kamu jual.

Adapun keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menjadi Mitra Tokopedia antara lain harga termurah untuk isi pulsa, listrik, dan produk digital lainnya serta belanja kebutuhan toko yang dijual kembali di e-commerce Tokopedia.

Selain itu, ada banyak promo berupa diskon langsung hingga Rp 15.000 untuk belanja kebutuhan apa saja, cashback 100% hingga Rp 10.000 untuk jualan pulsa pertama sebagai modal, hingga keuntungan promo cashback dari pembayaran berbagai tagihan seperti PLN, PDAM, Telkom, dan sebagainya.

Untuk membeli stok barang di Mitra Tokopedia, kamu pun tak perlu menunggu lama karena pengiriman menggunakan Same Day Delivery yang mana pesanan akan datang di hari yang sama saat pemesanan. Mitra Tokopedia juga menyediakan layanan bantuan Live Chat 24 jam.

Tinggalkan Komentar