Smartphone

Yuk Intip Beragam Fitur Menarik OPPO A95 Untuk Aktivitas Harian

OPPO A95 Diagonal

Sebagai salah satu handphone kelas menengah, OPPO A95 sudah dilengkapi dengan spesifikasi hardware, kamera, layar, dan fitur yang dapat menunjang rutinitas harian bagi penggunanya.

Tidak hanya fitur standar saja, bahkan OPPO A95 pun telah dibenamkan beragam fitur menarik yang mampu membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih lancar lagi, terutama ketika berhubungan dengan peningkatan kinerja sistem, privasi, hingga aktivitas multitasking.

Apabila ditelusuri lebih mendalam lagi, kamu pun bisa menemukan beragam fitur menarik tersebut secara mudah dengan mengaktifkannya melalui Quick Menu dan Settings. Selain itu, beberapa fitur pun ada yang sudah aktif secara otomatis pada OPPO A95.

Fitur – Fitur Menarik OPPO A95

RAM Expansion

OPPO A95 hadir dengan dukungan RAM Expansion yang memungkinkan peminjaman ruang kosong penyimpanan internal menjadi RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 3 GB, dan 5 GB.

Dengan kata lain, handphone ini memiliki kapasitas RAM maksimal hingga mencapai 13 GB dengan kombinasi RAM utama 8 GB dan RAM Virtual 3 GB. Namun perlu diketahui bahwa RAM Virtual baru akan terpakai apabila RAM utama benar-benar sudah kehabisan kapasitasnya.

Pada saat OPPO A95 pertama kali dinyalakan, RAM Expansion akan diatur ke kapasitas 3 GB. Namun kamu dapat meningkatkannya menjadi 5 GB dengan mengakses menu Settings > About Phone > RAM Expansion.

OPPO A95 HandsOn Diagonal

System Booster

System Booster yang hadir pada OPPO A95 merupakan rangkaian pengoptimalan tingkat sistem yang dirancang untuk memastikan handphone mampu berjalan dengan lancar di berbagai kondisi.

Bahkan OPPO mengklaim beberapa aplikasi dapat berjalan bersamaan secara lancar dan mulus pada OPPO A95. Fitur ini sendiri sudah aktif sejak perangkat diaktifkan untuk pertama kali.

Private Safe

OPPO A95 Private Safe

Fitur ini memungkinkan kamu dapat menyembunyikan video, audio, foto, dokumen, dan file lainnya yang bersifat pribadi pada folder khusus Private Safe di OPPO A95 yang hanya dapat diakses oleh pemilik karena harus dibuka dengan menggunakan password, PIN, atau Pattern yang telah ditentukan.

Untuk mengakses fitur ini, kamu dapat menuju menu Settings > Privacy > Private Safe. Sementara itu kamu juga dapat menyimpan file secara privasi di penyimpanan awan OPPO apabila mengaktifkan layanan HeyTap Cloud pada folder Private Safe.

FlexDrop

OPPO A95 FlexDrop

Kamu dapat melakukan aktivitas multitasking dengan lancar pada OPPO A95 dengan FlexDrop karena dapat membuat jendela aplikasi diubah ukurannya. Aplikasi dapat ditampilkan sebagai layar penuh dengan jendela yang mengambang atau bisa juga diatur dengan jendela mini yang lebih kecil sehingga memudahkan peralihan antara aplikasi yang aktif dengan lebih mudah serta fleksibel.

Secara bawaan, FlexDrop sudah aktif sejak awal. Sementara untuk mengaktifkannya secara manual, kamu dapat masuk menu Recent Apps > akses menu Options berikon titik dua > pilih Mini Windows atau Floating Windows. Sebagai catatan, tidak semua aplikasi dapat mendukung fitur yang satu ini.

All-day AI Eye Care

OPPO A95 Full Screen Diagonal

Untuk memberikan kamu pengalaman visual yang lebih sehat dan nyaman selama menggunakan OPPO A95 pada aktivitas sehari-hari, OPPO sudah menghadirkan fitur All-day AI Eye Care dengan dua fitur utama AI Smart Backlight dan DC Dimming.

AI Smart Backlight mampu secara cerdas menyesuaikan tingkat cahaya latar agar sesuai dengan kenyamanan dengan mempelajari kebiasaan penggunaan setiap harinya ketika menyesuaikan kecerahan secara manual dalam kondisi lingkungan berbeda.

Sementara DC Dimming akan mengubah kecerahan layar dengan menyesuaikan daya sehingga membantu mengurangi kedipan pada layar untuk mencegah ketegangan mata dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

App Cloner

OPPO A95 Display

Fitur yang satu ini memungkinkan kamu dapat menggandakan aplikasi tertentu pada OPPO A95 sehingga dapat memasukkan dua akun sekaligus pada aplikasi media sosial atau chat yang sama dalam satu handphone.

Perlu dicatat bahwa tidak semua aplikasi dapat mendukung fitur App Clone. Untuk mengaktifkannya, kamu dapat mengunjungi menu Settings > App management > App cloner.

Dark Mode

OPPO A95 Dark Mode

Dark Mode memungkinkan latar belakang sistem OPPO A95 menjadi berwarna hitam atau gelap sehingga kamu lebih nyaman ketika menikmati konten di kondisi malam hari atau minim cahaya.

Bahkan ColorOS 11 yang hadir pada handphone ini mengizinkan kemampuan Dark Mode pada beberapa aplikasi pihak ketiga tertentu. Kamu dapat mengakses fitur ini melalui Quick Menu di bagian atas layar handphone > Dark Mode.

Dark Mode hadir dengan tiga pilihan yang terdiri dari Enhanced, Medium, dan Gentle. Untuk Enhanced memiliki warna hitam yang paling gelap, Medium mempunyai warna hitam agak terang, dan Gentle memiliki warna gelap yang hamper mendekati abu-abu. Tentu saja kamu dapat menggunakan salah satu gaya tersebut tergantung kenyamanan penggunaan.

Always-On Display

OPPO A95 Always On Display

Always-On Display hadir pada saat layar sedang istirahat dengan tampilan yang didominasi warna hitam ditambah beberapa informasi seperti jam, tanggal, indikator baterai, dan notifikasi aplikasi.

Tampilan Always-On Display pun terbilang hemat energi karena pada teknologi AMOLED, area layar akan dimatikan ketika sedang berwarna hitam. Fitur ini dapat diaktifkan dengan mengunjungi menu Settings > Home screen, Lock screen & Always-On Display > Always-On Display.

Split Screen

OPPO A95 Split Screen

Meskipun sudah ada di semua handphone Android masa kini, namun fitur Split Screen akan sangat membantu aktivitas multitasking pada OPPO A95 karena memungkinkan dua aplikasi dapat berjalan sekaligus dalam satu layar.

Misalnya saja kamu dapat menonton video Youtube sambil melakukan chat dengan orang lain. Secara bawaan, kamu dapat menyapu atau swipe layar dari bagian bawah ke atas dengan tiga jari yang dirapatkan untuk mengaktifkan fitur Split-Screen di OPPO A95.

Tentunya kamu harus membuka aplikasi pertama terlebih dulu dan dilanjutkan dengan gesture tiga jari untuk mengakses aplikasi kedua sehingga langsung mengaktifkan Split screen. Namun tidak semua aplikasi bisa mendukung fitur ini.

Gesture

OPPO A95 Gesture

Secara bawaan, OPPO telah mengaktifkan fitur gesture pada OPPO A95 untuk memudahkan akses fungsi maupun aplikasi secara cepat dengan cukup menggerakkan isyarat jari tertentu pada layar.

Tidak hanya Split-Screen dan Screenshot saja yang mengandalkan Gesture tiga jari, kamu pun dapat menggunakan fitur Screen-off gestures dengan jari membentuk pola tertentu ketika layar sedang istirahat untuk mengakses aplikasi seperti bentuk V untuk mengaktifkan flashlight, O untuk membuka kamera, dan masih banyak lagi yang dapat disesuaikan untuk bermacam aplikasi.

Fitur ini dapat kamu temukan dengan mengunjungi menu Settings > Convenience tools. Pada halaman tersebut kamu akan melihat beberapa menu Gesture seperti Screenshot, Split screen, dan Gesture & motions.

Dengan hadirnya fitur-fitur menarik ini, OPPO berharap dapat lebih mempermudah kamu ketika menggunakan OPPO A95 untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Perangkat ini sendiri sudah dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 3.999.000.

Tinggalkan Komentar