ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Ini Negara-Negara dengan Kecepatan 5G Tercepat

5G

Gadgetren – Dalam laporan terbarunya, OpenSignal telah membuat penelitian menarik yang berkaitan dengan penggunaan jaringan 5G secara global yang bertajuk Benchmarking the Global 5G Experience.

Penelitian ini telah merangkum kecepatan penggunaan 5G di berbagai negara yang dapat memberikan fakta-fakta menarik seputar sejauh mana pelaksanaan 5G dan dampaknya buat para pengguna handphone.

Dalam laporan tersebut, OpenSignal menyebutkan bahwa negara-negara Asia Tenggara dan Timur terwakili dengan baik di peringkat teratas dalam beberapa kategori seperti Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan Filipina.

Negara Korea Selatan uniknya menempati urutan pertama untuk Kecepatan Unduhan 5G rata-rata dengan skor 423,8 Mbps, mengalahkan Norwegia (355,3 Mbps) dan Taiwan (320 Mbps).  Norwegia sendiri berada di posisi pertama dalam Kecepatan Unggah 5G dengan pengguna yang mengalami kecepatan rata-rata 41,9 Mbps. Kemudian Taiwan menyusul di posisi kedua setelah Norwegia.

OpenSignal-5G-Global-Top-15-Speed

Meskipun tidak menduduki posisi teratas, Korea Selatan memiliki Kecepatan Unggah 5G yang berada di urutan kesembilan secara global. Selain itu, pasar 5G di Korea Selatan juga mengantongi skor tertinggi untuk Pengalaman Game 5G sebesar 91,2 pada skala 100 poin dan juga turut menampilkan skor tertinggi untuk Pengalaman Aplikasi Suara 5G sebesar 84,6.

Untuk 5G Video Experience, Singapura dengan skor 80,8 dan Hong Kong dengan skor 80,3 menjadi dua pasar dari luar Eropa yang masuk dalam 15 besar 5G Global. Singapura menyumbang konten tiga besar berupa Pengalaman Game 5G, di peringkat 12 untuk Pengalaman Aplikasi Suara 5G, dan peringkat 14 dalam Pengalaman Video 5G.

OpenSignal-5G-Global-Top-15-Experience

Pencapaian Singapura ini ditanggapi OpenSignal sebagai sebuah prestasi karena diketahui bahwa Singapura mengalami tantangan spektrum 5G dan kapasitas spektrum 5G di sana kabarnya terbatas. Negara lain di Asia Tenggara seperti Filipina juga secara diam-diam memiliki kecepatan unduh rata-rata 5G 9,8 kali lebih cepat dari 4G.

Di Filipina, layanan seperti streaming video seluler berhasil meraih popularitas dengan skor Pengalaman Video 5G yang 34% lebih tinggi daripada yang menggunakan 4G. Tak ketinggalan, negara Thailand menempati peringkat keempat untuk peningkatan kecepatan unduhan 5G 7,5 kali lebih cepat dan peringkat ketiga untuk streaming video 5G sebesar 25% lebih baik.

5G Uplift Opensignal

Sementara itu, di pasar Eropa, Norwegia memiliki rata-rata Kecepatan Unduhan 5G sebesar 355,3 Mbps yang berada di depan Swedia 291,3 Mbps dan Finlandia 208,6 Mbps. Kemudian secara total untuk 12 pasar Eropa berada di 15 besar pada kecepatan unggah rata-rata 5G termasuk pasar peluncuran 5G awal seperti Swiss (ke-4) dan Jerman (ke-14).

Layanan pasar Eropa lebih menonjolkan pengalaman video 5G yang diwakilkan oleh negara Swedia di posisi pertama dengan skor 83. Lima besar pasar 5G Eropa diketahui mencakup Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris. Jerman telah menempati peringkat ke-9 untuk Pengalaman Game 5G.

5G Extent OpenSignal

Temuan OpenSignal juga mengungkapkan bahwa 5G sudah semakin umum secara global. Negara-negara dengan pasar terbesar seperti Arab Saudi menempati posisi ketiga dalam ketersediaan 5G dan jangkauan 5G di posisi kedelapan. Kemudian Amerika Serikat yang menempati posisi ke-6 untuk ketersediaan 5G dan ke-4 untuk jangkauan 5G. Lalu ada Australia menempati posisi keempat belas untuk Jangkauan 5G.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar