Smartphone

realme 8i – Layar 120Hz dan Helio G96 Bikin Segalanya Berjalan Mulus

realme 8i - 5

realme 8i siap menggemparkan pasar smartphone Indonesia khususnya pada kelas menengah lewat spesifikasi dan fitur yang ditawarkannya.

Membawa slogan “120Hz. Powerfully Smooth” sebagai jargonnya, realme 8i menjanjikan pengalaman penggunaan yang mulus baik itu untuk aktivitas sehari-hari maupun gaming.

Ini tentu tidak lepas dikarenakan realme 8i menjadi smartphone pertama di bawah harga Rp 3 juta yang sudah dibekali oleh chipset Helio G96 sebagai dapur pacunya serta layar dengan refresh rate 120Hz. Dua komponen yang sangat penting untuk diperhatikan jika ingin punya smartphone dengan kinerja lancar.

Melalui smartphone terbaru ini, realme berupaya menjawab kebutuhan para realme Fans yang menginginkan smartphone bertenaga dengan dukungan pengisian daya cepat agar bisa selalu diandalkan untuk bermain game maupun multitasking sehari-hari.

Hadirnya realme 8i sebelum menutup tahun 2021 pun seperti menjadi hadiah bagi para pengguna yang gemar bermain game karena dibekali chipset gaming terbaru dari MediaTek serta layar dengan refresh rate tinggi yang pastinya akan memberikan pengalaman bermain sangat memukau.

Untuk mengetahui secara pasti seperti apa kemampuan yang dimiliki oleh realme 8i, mari kita telusuri satu per satu fitur yang ditawarkannya.

realme 8i - 9

Layar dengan refresh rate 120Hz tentunya menjadi fitur primadona yang dibawa oleh realme 8i. Pasalnya, teknologi ini akan membuat gerakan animasi maupun transisi layar menjadi terasa jauh lebih mulus ketimbang layar pada umumnya yang hanya 60Hz.

Tidak hanya saat bermain game saja, keunggulan dari layar dengan refresh rate 120Hz akan langsung terasa saat digunakan dalam keseharian mulai dari menavigasikan sistem operasi hingga menggulir halaman media sosial.

Dikombinasikan dengan kecepatan pengambilan sampel sentuh 180Hz, pastinya realme 8i terasa sangat responsif sekali karena setiap sentuhan jari dapat terdeteksi secara cepat.

Oleh karena itu keuntungan layar mutakhir yang dimiliki oleh realme 8i akan dapat dirasakan oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Tak ketinggalan, realme pun membenamkan enam mode kecepatan mulai dari 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, 90Hz, dan 120Hz untuk memitigasi konsumsi daya berlebih agar baterai tetap hemat.

realme 8i - 10

Di samping itu semua, layar berukuran 6,6 inci tersebut akan turut memberikan pengalaman visual yang menawan karena didukung resolusi FHD+ (2312 x 1080 piksel) dengan cakupan warna DCI-P3 10% sehingga gambar terlihat tajam dan cerah.

Layarnya pun memiliki tingkat pengaturan pencahayaan dari 1 nit hingga 600 nits agar tetap nyaman di mata saat digunakan dalam kondisi gelap, namun juga tetap terlihat jelas ketika digunakan di bawah terik matahari.

Untuk bisa memanfaatkan kemampuan layar dengan refresh rate 120Hz secara maksimal, realme membenamkan chipset gaming MediaTek Helio G96 yang memiliki dua inti utama Cortex A75 untuk kinerja berat dan enam inti kecil Cortex A55 untuk kinerja yang lebih ringan.

realme 8i Spesifikasi

Chipset yang sudah diproduksi menggunakan fabrikasi 12nm ini bakal mampu memberikan kinerja yang bertenaga karena memiliki kecepatan maksimal mencapai 2.05GHz pada inti utama, namun dengan konsumsi daya yang tetap optimal berkat adanya inti kecil sebagai penunjang untuk kebutuhan yang lebih ringan.

Smartphone terbaru dari realme ini tersedia dalam dua varian meliputi RAM 4GB + penyimpanan 64GB sebagai versi dasar dan yang lebih tinggi memiliki RAM 6GB + penyimpanan 128GB dengan dukungan Virtual RAM hingga 5GB.

Selain itu, realme 8i yang dijual di Lazada ini sudah menjalankan realme UI 2.0 yang sudah dioptimalkan untuk kebutuhan masa kini mulai dari deretan fitur tambahan hingga kecerdasan buatan agar aplikasi dapat dibuka lebih cepat.

Kinerja tinggi yang dimiliki oleh realme 8i langsung dapat terlihat lewat raihan skor di berbagai aplikasi benchmark. Pada pengujian AnTuTu, realme 8i (varian RAM 4GB) berhasil mencatatkan skor mencapai 291.664 poin. Sementara pada PCMark for Android terlihat mendapatkan skor 7.976 poin.

realme 8i Benchmark

Untuk kinerja Helio G96 sendiri, pengujian menggunakan Geekbench 5 menghasilkan angka 525 poin untuk Single Core dan 1.676 poin untuk Multi Core. Melihat pencapaian tersebut, realme 8i tergolong mempunyai performa yang sangat mumpuni untuk smartphone di kelasnya.

Alhasil penggunaan sehari-hari akan terasa nyaman tanpa adanya kendala sama sekali. Segala aplikasi dapat dibuka secara cepat dan berjalan lancar. Multitasking pun dapat dilakukan dengan mudah yang mana berpindah-pindah aplikasi berlangsung secara mulus.

Namun tentunya kekuatan maksimal dari dapur pacu realme 8i baru akan terasa ketika diajak bermain game yang notabene punya beban kinerja lebih berat. Walaupun begitu, realme 8i dapat melibas judul-judul game populer dengan mudah.

realme 8i Mobile Legends

Mobile Legends Bang misalnya, realme 8i sanggup untuk menjalankannya pada pengaturan grafis High dengan HFR Mode dan HD Mode aktif tanpa masalah. Pertandingan berlangsung lancar bahkan saat sedang bertempur sengit sekalipun.

Kinerja tinggi yang dikombinasikan bersama layar dengan refresh rate 120Hz berhasil memberikan pengalaman bermain yang sangat menyenangkan karena setiap gerakan terasa mulus dan game berjalan dengan lancar.

Untuk menunjang segala kebutuhan tersebut, realme mempercayakan baterai berkapasitas 5.000mAh sebagai sumber daya dari realme 8i. Dengan baterai sebesar itu, pengujian realme Lab mengklaim bahwa realme 8i dapat bertahan hingga 40 jam untuk memutar musik, 11 jam untuk memutar YouTube, atau 8 jam untuk bermain Mobile Legends.

Sementara ketika diuji menggunakan PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar 50%, realme 8i meraih angka 13 jam 59 menit untuk mode layar Standar dengan refresh rate 60Hz dan 12 jam 44 menit untuk mode layar High dengan refresh rate 120Hz.

realme 8i Tes Baterai

Angka yang tergolong sangat kompetitif di kelasnya, terutama pada mode layar High yang tercatat masih mampu menembus angka di atas 10 jam. Maka dari itu, realme 8i bakal mampu menemani aktivitas digital sampai penghujung hari.

Tidak hanya punya baterai berkapasitas besar, realme 8i turut dibekali kemampuan pengisian cepat 18W yang hanya membutuhkan waktu sekitar jam 2 jam 10 menit saja agar baterai terisi dari 20% hingga kembali penuh. Namun saat tengah terburu-buru, baterai realme 8i dapat terisi hingga 50% hanya dalam kurun waktu 36 menit saja.

Walau fokus dalam hal kinerja, untungnya realme tidak lupa memberikan kemampuan kamera yang tetap handal pada realme 8i. Kamera utamanya hadir dalam konfigurasi tiga lensa yang terdiri dari lensa utama 50MP yang didukung PDAF, lensa B&W 2MP, dan lensa Makro. Sementara untuk kebutuhan selfie dan video call tersedia lensa depan 16MP dengan AI Beautification.

realme 8i Kamera Belakang Masjid

realme 8i Kamera Belakang Bunga

realme 8i Kamera Belakang Mobil

realme 8i Kamera Belakang Robot Auto

Auto

realme 8i Kamera Belakang Robot Auto Crop

Auto Crop

realme 8i Kamera Belakang Robot 50MP

50MP

realme 8i Kamera Belakang Robot 50MP Crop

50MP Crop

realme 8i Kamera Belakang Malam

realme 8i Kamera Belakang Makro

realme 8i Kamera Belakang BnW

Kualitas foto yang dihasilkan terbilang sangat memadai untuk mengabadikan momen penting maupun untuk diunggah ke media sosial. Pada kondisi pencahayaan optimal, foto terlihat tajam dengan detail yang tertangkap secara jelas. Sementara untuk kondisi minim cahaya, realme 8i masih mampu menangkap gambar dengan baik berkat adanya Night Mode.

Lensa tambahan yang terdiri dari lensa Makro dan B&W dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto-foto unik yang menarik. Lensa makro dapat secara jelas mengambil foto dengan jarak fokus terhadap obyek hanya 4 cm saja, sedangkan lensa B&W akan memberikan kesan retro dengan kontras yang telah ditingkatkan.

realme 8i Kamera Belakang Depan Auto

Auto

realme 8i Kamera Belakang Depan Portrait

Portrait

realme 8i Kamera Belakang Depan Malam Auto

Auto

realme 8i Kamera Belakang Depan Malam Night Mode

Night Mode

Untuk kebutuhan selfie, kamera depannya sudah sangat mencukupi. Foto yang dihasilkan tergolong jernih sehingga wajah dapat terlihat jelas dengan warna akurat. Mode Portrait pun dapat memberikan efek latar buram dramatis yang membuat foto terlihat lebih menarik.

realme 8i - 2

Seluruh kemampuan tersebut hadir dalam balutan desain indah yang semakin menyempurnakan realme 8i sebagai smartphone unggulan. Tersedia dalam varian warna Space Black dan Space Purple, realme 8i kembali membawa desain trendi yang cocok dengan gaya hidup kaum muda.

Pada varian warna Space Purple, realme 8i memiliki bagian belakang berwarna ungu dengan gradasi perak yang ditambah sentuhan permukaan reflektif sehingga memberikan kesan metalik layaknya perangkat dari film fiksi ilmiah.

realme 8i - 1

Disebut sebagai konsep desain mengalir, permukaan bagian belakang akan berkilau serta muncul garis-garis sinar busur ketika dilihat dari sudut tertentu. Menghiasi bagian belakangnya terdapat logo realme di pojok kiri bawah serta modul kamera dengan empat lensa yang sedikit menonjol.

Bodinya sendiri tergolong cukup ringan dengan bobot 194g dan ketebalan 8,5mm sehingga akan tetap terasa nyaman ketika digunakan dalam waktu lama sekalipun. Sensor pemindai sidik jari pun ditempatkan pada samping kanan yang juga berfungsi sebagai tombol power untuk memberikan akses yang lebih cepat dan mudah.

Selain sudah membawa port USB-C dan tetap memiliki 3,5mm audio jack, realme 8i juga menyediakan tiga slot kartu yang mana dua di antaranya untuk kartu SIM dan satu sisanya untuk micro SD. Dengan begitu tidak perlu khawatir harus memilih salah satu layaknya pada sistem hibrida.

Secara keseluruhan, bodi realme 8i dibangun begitu apik sehingga terasa kokoh dan tetap nyaman di genggaman. Rangka tengah yang menyambungkan antara panel layar dan penutup belakang seakan seamless. Memegang realme 8i berjam-jam rasanya tidak sakit dan meninggalkan bekas di tangan karena tiap lekukan dibuat agak membulat.

realme 8i - 8

Melihat segala kemampuan tersebut, realme 8i yang punya harga terjangkau di bawah Rp 3 juta akan mempopulerkan dan menjadi gerbang banyak orang merasakan kenikmatan layar dengan refresh rate 120Hz.

Ditambah lagi dengan dapur pacu yang ditenagai oleh chipset Helio G96, realme 8i akan memberikan pengalaman penggunaan ke tingkat selanjutnya baik dalam keseharian maupun bermain game.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar