Smartphone

realme 8i Vs realme 8 – Lebih Murah Tapi Lebih Jago Soal Layar

realme 8i Vs realme 8 Header

Gadgetren – realme 8i kini dapat menjadi alternatif baru ketika kita ingin meminang salah satu handphone menengah.

Perangkat ini soalnya sudah mengemas sejumlah hal menarik untuk memanjakan pengguna dan bahkan mempunyai beberapa aspek yang lebih unggul dibandingkan realme 8 standar. Meskipun sebagai gantinya, ada bagian lain yang harus diturunkan untuk mencapai hal tersebut.

Perlu diingat juga bahwa realme 8i sejatinya hadir sebagai versi yang lebih murah dari versi standar. Oleh karena itu lebih diperuntukkan bagi yang mempunyai dana lebih terbatas, namun membutuhkan aspek penting seperti SoC lebih anyar hingga animasi layar lebih baik.

Kita yang mempunyai dana lebih banyak pun tak ada salahnya mempertimbangkan handphone ini apalagi memang membutuhkan dukungan pada aspek tersebut. Hanya saja jika mempunyai preferensi lain, realme 8 di atas kertas punya spesifikasi yang lebih merata.

Biar lebih pas dengan preferensi yang kita miliki, yuk lihat perbedaan utama kedua perangkat tersebut sebelum membelinya.

Perbedaan realme 8i Vs realme 8

Dilihat secara sekilas pun kita seharusnya sudah bisa membedakan kedua perangkat tersebut. realme 8i meluncur dengan desain sedikit berbeda mulai dari corak warna, motif bodi, hingga aksen bingkai kamera yang tentu bisa dipertimbangkan sesuai selera.

Saya pribadi lebih menyukai desain realme 8 biasa berkat perpaduan antara strip bertuliskan Dare to Leap dengan tema Cyberpunk dalam pilihan cyber silver dan black yang disebut dengan Infinite Bold Design terkesan lebih pas buat anak muda.

Di sisi lain, desain realme 8i sendiri sebenarnya tak kalah menarik. Handphone ini terlihat menyasar pengguna lain melalui bodi elegan dalam pilihan warna space black atau purple pada lapisan gilapnya.

Bagian depan dari realme 8i dan standar bahkan cukup akrab. Kedua handphone tersebut sama-sama menawarkan layar punch hole di sisi kiri untuk memberikan kesan lebih luas meski memang teknologi, ukuran, dan panelnya sedikit berbeda.

realme 8i Vs realme 8 - Desain

realme 8i

Layar realme 8i sedikit lebih unggul pada ukuran dan refresh rate yang disajikan. Handphone ini sudah menggunakan panel Full HD+ berukuran 6,6 inci dengan refresh rate 120Hz sementara realme 8 masih 6,4 inci pada refresh rate standar (60Hz).

Namun sebaliknya, realme 8 mempunyai panel yang lebih menarik karena sudah menggunakan Super AMOLED. Selain menawarkan produksi warna lebih cerah dan tajam, dukungan tersebut memungkinkan handphone ini menggunakan sensor pindai sidik jari tertanam di layar.

Layar realme 8i secara teknis tentu bakal lebih nyaman saat dipakai untuk bermain game karena mampu menghasilkan animasi yang lebih mulus. Kita patut berterima kasih kepada MediaTek Helio G96 yang diusungnya

Helio G96 merupakan versi upgrade dari Helio G95. Meskipun mempunyai CPU dengan konfigurasi serupa, SoC tersebut menawarkan peningkatan pada dukungan refresh rate lebih tinggi dan opsi kamera lebih mumpuni.

Perangkat realme 8i sayangnya belum memanfaatkan SoC tersebut dengan baik. Meski Helio G96 sebenarnya mendukung konfigurasi lensa hingga 108MP, handphone ini hanya mempunyai kamera 50MP yang justru lebih rendah ketimbang realme 8 yang sudah mencapai 64MP.

Dengan dukungan peranti lunak yang sama, kamera realme 8 tentu lebih mumpuni ketimbang realme 8i. Foto yang dihasilkannya bakal mempunyai piksel yang lebih rapat sehingga tidak mudah pecah saat dipaksa dalam ukuran besar.

Tak hanya pada resolusinya, konfigurasi kamera realme 8i juga dikebiri. Handphone ini hanya mengandalkan tiga buah lensa dengan tambahan makro 2MP dan monokrom 2MP saat realme 8 sudah menawarkan dukungan tambahan berupa sudut lebar 8MP.

realme 8i Vs realme 8 - desain realme 8

Downgrade yang ditawarkan oleh realme 8i pun terdapat pada fitur-fitur tambahannya. Saya sendiri cukup menyayangkan hal tersebut, terutama untuk absennya teknologi penting seperti NFC dan pengisian super cepat.

NFC sekarang soalnya menjadi fitur yang banyak digunakan. Sementara absennya teknologi 30W Dart Charge bakal membuat proses pengisian daya realme 8i yang hanya 18W memakan waktu lebih lama ketimbang saudaranya.

Belum lagi, varian realme 8i hanya mempunyai RAM maksimal 6GB. Kemampuan multitasking handphone ini secara teknis tentu akan kalah dibandingkan dengan realme 8 yang sudah mempunyai kapasitas hingga 8GB

Tabel Perbandingan realme 8i Vs realme 8

Aspekrealme 8irealme 8
LayarLCD 6,6 inci Full HD+ 120HzSuper AMOLED 6,4 inci Full HD+ 60Hz
SoCMediaTek Helio G96MediaTek Helio G95
RAM8GB4/6GB
Memori Internal128GB64/128GB
Kamera Utama50MP + makro 2MP + monokrom 2MP64MP + sudut lebar 8MP + makro 2MP + monokrom 2MP
Kamera Depan16MP16MP
FiturUSB Type-C, Wi-Fi, Bluetooth 5.1, Akselerometer, Giroskop, sensor sidik jari di sampingUSB Type-C, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, Akselerometer, Giroskop, sensor sidik jari di layar, NFC
Baterai5.000mAh, 18W Fast Charge5.000mAh, 30W Dart Charge
Sistem Operasirealme UI 2.0 (Android 11)realme UI 2.0 (Android 11)

Tinggalkan Komentar