ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Buat Suara Google dengan Sound of Text Agar Video Dinarasikan

Cara Buat Suara Google Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Pada saat membuka jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok terkadang kamu menemukan video yang menghadirkan percakapan ala-ala Google Translate.

Tentunya sebagian dari kamu mungkin penasaran bagaimana cara membuatnya karena suara yang dihadirkan oleh Google Translate tidak memiliki tombol Download.

Untuk melakukannya, kamu dapat memanfaatkan situs dari pihak ketiga yang bernama Sound of Text. Dengan kata lain, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dulu karena cukup mengakses halaman web dari Sound of Text melalui browser.

Cara Buat Suara Google dengan Sound of Text

  • Buka situs resmi Sound of Text melalui browser di ponsel atau laptop.
  • Pada halaman utama, masukkan teks yang nantinya akan menjadi pengucapan suara di kolom Text.
    Sound of Text - Isi Teks
  • Pilih suara dari negara yang diinginkan pada kolom Voice, misal Indonesia agar tulisan yang diketik diucapkan oleh suara orang Indonesia.
    Sound of Text - Pilih Voice
  • Apabila semua prosedur di atas telah dilakukan, maka tekan tombol Submit.
    Sound of Text - Submit

Hasil dari teks yang dikonversi menjadi pengucapan suara dapat kamu cari pada bagian Sound yang berada tepat di atas menu About. Kamu dapat menekan tombol Play ketika ingin mendengarkan pengucapan dari teks yang diubah menjadi suara.

Sound of Text - Play

Sementara jika suara yang dilafalkan dirasa sudah benar, maka kamu dapat langsung menekan tombol Download yang berada tepat di sebelah tombol Play agar bisa digunakan atau didengar kembali.

Sound of Text - Download

Proses untuk mengubah teks menjadi suara pun bisa dibilang cepat sehingga mudah untuk membuat beragam suara menarik dengan pelafalan layaknya Google Translate atau Google Voice.

Perlu dicatat bahwa situs Sound of Text membuat file audio berformat .mp3 sehingga mudah diintegrasikan pada beragam video yang sedang dibuat karena menggunakan format mp3.

Akibat menggunakan engine teks dari Google Translate, sangat wajar suara dari ucapannya persis dengan layanan penerjemah Google tersebut.

Menurut pengembangnya, awalnya Sound of Text diciptakan untuk pemakaian pribadi ketika melampirkan flashcards dengan suara untuk dikirimkan ke orang lain. Namun kini banyak orang sudah menggunakan layanan tersebut.

 

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar