Aplikasi Berita

Transaksi Digital dengan DANA Bertumbuh Pesat Selama Harbolnas

UI_UX-DANA-Terbaru-v.2.0-Feature

Gadgetren – DANA merasakan adanya penambahan pengguna baru dompet digitalnya terutama pada perhelatan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) dari tanggal 1-11 November 2021.

Hal ini disampaikan oleh Monita Moerdani selaku Chief Marketing Officer DANA kepada tim Gadgetren dalam diskusi yang bertajuk Tren Transaksi Digital 2021 bersama e-commerce Bukalapak yang tengah menjalin kerjasama untuk mendongkrak penggunaan transaksi digital.

Berkat antusiasme masyarakat ini, DANA pun kabarnya telah meraup sebanyak 90 juta pengguna pada awal November 2021 silam. Sebagai contoh, pertumbuhan ini dirasakan DANA lewat lima fiturnya berdasarkan basis tahunan (year on year) di bulan Oktober 2021.

Yang paling tinggi dampaknya ialah pada fitur transaksi QRIS dimana meningkat 267 persen, kedua di pengiriman uang meningkat 328 persen, pembelian pulsa ponsel meningkat 141 persen, pembayaran tagihan meningkat 159 persen, dan e-commerce meningkat 39,9 persen.

Bila membandingkan dengan Harbolnas tahun 2021 dengan tahun lalu, DANA mencatat jumlah transaksi yang meningkat hingga 269% dengan rata-rata pengguna transaksi harian yang bertambah hingga 233%. Di samping itu, pertumbuhan juga dirasakan pada rata-rata pengguna aplikasi harian yang jumlahnya bertambah hingga 220%.

Selain itu, DANA juga turut mencatat transaksi online merchant yang menggunakan dompet digital DANA semakin digemari pengguna. Sebanyak 49 persen di antaranya adalah kalangan muda dengan usia 21 – 30 tahun yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia mulai dari Jawa Barat hingga Maluku dan Papua.

Sementara itu, transaksi DANA di Bukalapak sepanjang tiga kuartal di tahun 2021 juga mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat pada transaksi QRIS dan peningkatan tiga kali lipat untuk penambahan saldo e-money DANA di mitra Bukalapak.

Pertumbuhan-Dompet-Digital-DANA

Sebagai tambahan informasi, DANA diketahui telah bekerja sama dengan A+ Rewards untuk menghadirkan Pesta Poin 11.11 yang dikemas dalam konsep lelang berhadiah dan dimunculkan lewat video live streaming di aplikasi DANA.

Hasilnya, DANA menemukan fitur-fitur yang paling sering digunakan seperti fitur Kirim Uang, pembayaran Pulsa, pembelanjaan melalui Bukalapak, pembayaran tagihan atau Biller, dan pembelian melalui Google Play.

Hasil-DANA-Pesta-Poin-11.11

Konsep lelang daring diluncurkan perdana dalam aplikasi DANA juga mendapat respon baik dari penggunanya. Dalam rentang waktu sebelas hari lamanya, DANA berhasil mengumpulkan lebih dari 130.062 peserta lelang dan ditonton lebih dari 414.024 orang.

Melihat tren transaksi digital yang meningkat signifikan hampir di setiap tahunnya, DANA dan Bukalapak optimis akan keberlangsungan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, menyambut tahun 2022 mendatang, DANA dan Bukalapak akan melanjutkan kolaborasi dalam mendigitalisasi UMKM serta menciptakan inklusi keuangan digital lewat inovasi dan kolaborasi yang berkelanjutan.

Tinggalkan Komentar